Cara Membuat Video Menggunakan Movie Maker di Windows 7 ( Lengkap )

Di pagi yang cerah ini Kita akan belajar tentang program gratis milik Microsoft yang bernama windows movie maker. Bagi yang pertama kali mengenal aplikasi edit video ini tidak perlu mencari dimana bisa menemukan windows movie maker karena memang pada windows 7 tidak tersedia disana. Aplikasi Movie maker ini sudah dipisah sejak dirilis nya windows 7. Namun untuk mendapatkannya bisa mendownload nya dengan gratis.

Tidak seperti pada windows XP yang sudah build in / nempel didalam program jadi tidak perlu lagi di instal. Di windows 7 ini untuk memiliki  movie maker, sobat harus menginstal terlebih dahulu bisa lewat website official ataupun lewat situs-situs download software gratis yang ada di internet.

Dari pengalaman saya menggunakan program Microsoft ini, saya rasa cocok untuk seorang yang ingin belajar membuat video slideshow dari foto atau bagi siapa saja yang ingin membuat video dengan hasil cepat. Movie maker ini dikenal sebagai aplikasi pembuat dan pengedit video yang simple dan praktis dan mudah di pahami oleh seorang pemula.

Jika ingin mencoba aplikasi ini, sobat bisa download program movie maker ini dengan gratis. berbicara tentang membuat video mungkin sobat bisa menambah wawasan dengan program lain selain windows movie maker yang juga gratis. Berikut adalah panduan nya

Rekomendasi :
Banyak yang bilang kalau program ini sangat mudah kalau saya sendiri suka dengan fitur preview nya karena bisa mengerjakan video lebih memuaskan meskipun masih tergolong simple. Dalam tutorial cara menggunakan movie maker ini kita akan mencoba membuat video  dimana sobat bisa menggunakan foto untuk di jadikan video di combinasi dengan suara dari PC atau merekamnya dengan suara sendiri sebagai suara narasi.

Namun sebelum kita memulainya ada baiknya jika sobat mengetahui sedikit fitur andalan movie maker ini berikut adalah beberapa hal tentang keunggulan program ini

Mengetahui fitur-fitur Windows Movie Maker 

  1. Membuat foto menjadi video slideshow dengan cara menambahkan foto atau video dari komputer 
  2. Fitur Preview / pratinjau dari sebuah efect / animasi yang akan digunakan
  3. Mengatur volume suara musik di video. 
  4. Fit to musik maksudnya adalah penyesuaian secara otomatis antar video dan suara musik. sehingga tidak perlu lagi memotong video karena video secara otomatis berubah sesuai dengan tempo musik. 
  5. Menambahkan animasi seperti transitions, effects, menambah musik, merekam suara, dengan fitur preview ini yang akan membuat pengguna lebih mudah dan cepat mendapatkan hasil yang maksimal
  6. Mengambil / merekam video dari camera webcam 
  7. Memotong video
  8. Split video
  9. Background color
  10. Visual efect adalah fitur movie maker untuk merubah gambar menjadi model posterize, threshold, black and white, edge detection dan masih banyak lagi. 
  11. Share video ke YouTube, Facebook, Windows Live SkyDrive, dan sosial media lainnya
  12. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Setelah mengetahui fitur pada program windows movie maker, kemudian bagaimana cara menggunakan alat-alat yang ada di dalam program tersebut. Berikut bagaimana cara membuat video menggunakan tool tool  yang ada di dalamnya.




Cara membuat video (mengetahui fungsi alat) dengan program Movie Maker windows 7

Tutorial ini ditulis dengan maksud untuk menyempurnakan artikel beberapa hari yang lau tentang cara menggunakan movie maker windows 8 dan sekarang saya ingin berbagi tentang menggunakan movie  maker di windows 7 siapa tahu ada yang masih membutuhkan untuk belajar menggunakannya. walaupun sebenarnya cara nya tidak begitu jauh berbeda antara windows 7 dan windows 8.

Jika sobat ingin membuat ataupun mengedit video dengan  movie maker sebenarnya hal tersebut tidak terlalu sulit. Hal terpenting ketika seseorang ingin mengedit video tentu saja harus mengetahui fungsi dari alat-alat yang ada di dalam program tersebut. Untuk mengetahui fungsi alat-alat yang ada di movie maker sambil latihan membuat video, mari kita coba praktekkan bersama-sama.

  1. Bagi sobat yang belum mempunyai program movie maker silahkan Dowload aplikasi windows movie maker nya lewat Link ini Atau bagi sobat yang menggunakan OS windows 8 silahkan download programnya lewat link  Download Movie Maker Gratis Windows 7 Dan 8 karena cara penggunaan windows 7 dan 8 hampir sama.

  2. Install dahulu programnya
    belajar menggunakan movie maker
     

  3. Berikutnya adalah menjalankan programnya, jika soba tidak menemui di dekstop silahkan jalankan lewat start.
    latihan menggunakan windows movie maker





  4. Jika sobat ingin membuat video daari folder yang ada di komputer, sobat bisa membuka / memasukkan video dari komputer tersebut lewat mengklik "click here to browser for videos and photos" atau sobat juga bisa memasukkan video / foto lewat "add videos and photos"
    cara membuat video menggunakan windows movie maker

  5. Selanjutnya adalah "open"
    cara menggunakan aplikasi movie maker windows 7

  6. Untuk membuat video menjadi lebih unik, sobat bisa menggunakan alat-alat yang sudah di sediakan. Seperti yang sobat lihat pada tampilan movie maker ini. sobat akan melihat jejeran alat-alat yang bisa sobat ujicoba. Pada menu "HOME" ini disana ada beberapa menu penting yang harus sobat ketahui. Silahkan lihat keterangan gambar di bawah ini untuk mengetahui fungsi nya,.


  7. Keterangan gambar Menu home

    1. Copy paste video / gambar
    2. menambahkan video atau gambar ke dalam timeline
    3. Menambah musik / lagu ke dalam video
    4. Mengambil video melalui Webcam video yang ada di PC,  record narration adalah untuk merekam suara sobat sendiri, mengambil gambar yang ada di dalam video,
    5. Theme movie maker
    6. Memutar memiringkan video ke kiri atau ke kanan
    7. Share ke sosial media
    8. Menyimpan video menjadi format populer yang sobat inginkan
    9. Timeline video yang bisa di potong dan di urutkan





  8. Sekarang saatnya melihat bagaimana movie maker ini bekerja coba sobat test beberapa menu yang ada disana misalkan saja fitur yang saya tandai dengan nomer, lihat keterangan gambar di bawah ini. ini adalah fitur "ANIMATION
    belajar movie maker windows 7

  9. Keterangan Gambar Menu Animation

    1. Animasi gambar denga pola Bowtie, cross out, bars, blur, slidedown, dan lain-lain. untuk melihat bagaimana animasi itu seperti apa cukup arahkan saja pointer mouse ke salah satunya.
    2. Klik jika ingin mengaplikasikan fitur animasi yang sama ke semua gambar animasi nomer 1
    3. Posisi Normal tanpa animasi pand and zoom
    4. Kalau nomer 3 ini adalah animasi pan and zoom yaitu animasi seolah gambar bergerak menurut aturan yang di inginkan. bisa ke arah atas ke bawah, bawah ke atas, kanan ke kiri, atau gambar seolah bergerak maju kedepan atau zoom
    5. fungsi nya sama dengan nomer 2
    6. Preview / pratinjau sobat bisa melihat bagaimana animasi itu terlihat
    7. geser ke kanan atau ke kiri untuk mendapatkan ukuran timeline (besar / kecil) yang diinginkan
    8. Berapa menit durasi video yang sedang di buat.
    10. Adalah timeline . baris gambar sobat bisa meletakkan gambar mana yang didahulukan dan gambar mana yang di akhirnya cukup dengan drag dan drop saja menggunakan mouse.
  10. Beriktunya kita berada pada menu "VISUAL EFFECT" disini visual effect masih dalam dosis yang sederhana  untuk menjajal bagaimana fungsinya sobat bisa klik salah satu gambar di time line lalu arahkan mouse  ke salah satu fitur visual effecnya. 
    mengetahui fitur windows movie maker dengan detail

  11. Menginjak pada menu "PROJECT"  
    cara menggunakan fitur windows movie maker

  12. Keterangan Detail gambar project

    1. Ketika sobat memberi musik pada video maka sobat bisa mengatur kecil dan besarnya suara pada video tersebut
    2. Emphasize music artinya adalah menekankan sura narasi (rekaman suara) sehingga suara narasi lebih besar daripada suara video,
    3. Emphasixe video maksudnya adalah menekankan suara video sehingga suara video lebih tinggi daripada suara narasi
    4. Empahsize music adalah meninggikan suara musik lebih besar daripada suara video dan suara narasi
    5. Tidak ada penekanan suara,
    6. Fit to musik adalah menyetel secara otomatis panjang video itu sama dengan panjang durasi musiknya.
    7. Layar penuh
    8. layar ukuran 4x3

  13. Sekanjutnya adalah di menu "EDIT"
    bagaimana cara menggunakan windows movie maker windows 7





  14. Keterangan Gambar Fitur Edit 

    1. Mengatur volume video
    2. Fade in dan Fade out artinya adalah
    3. Fade in artinya adalah membuat di akhir video ketika hampir selesai suara akan akan berlahan menjadi pelan dan sebaliknya Fade out di akhir video suara akan menjadi keras
    4. Speed untuk mengganti kecepatan video, sedangkan duration adalah mengganti durasi video atau panjang video
    5. Split video untuk memotong video satu bagian,
    6. Trim video memotong motong video 2 bagian menggunakan point.
    7. tool untuk menandai ketika awal dan akhir ketika ingin memotong video

  15. Ini adalah cara untuk menyimpan video yang sudah selesai di proses dan di edit
    cara menyimpan format video movie maker

  16. Video sudah selesai dan bisa langsung di play atau di share ke youtube.

Untuk selanjutnya sobat bisa bereksplorasi sendiri, meskipun tutorial cara membuat video menggunakan windows movie maker win 7 ini  belum sempurna, saya harap sobat bisa belajar jauh lagi karena sobat akan bisa membuat video seperti layaknya seorang yang profesional meski hanya dengan program gratis ini. Terima kasih dan selamat belajar dan Selamat pagi.