Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013

Mempelajari Microsoft Office memang kadang membuat pusing kepala, dan memerlukan sedikit perjuangan. salah satunya adalah membuat daftar isi secara otomatis di word office ini. Jika di lihat memang membingungkan namun dengan sedikit usaha saya yakin siapa saja bisa menguasainya.

Dalam upaya membantu sobat yang ingin belajar membuat daftar isi, saya sudah tuliskan artikel ini lengkap dengan gambar dan video sehingga akan lebih mudah dipahami. Bagi sobat bisa memilih metode belajar yang mana yang paling mudah, menggunakan text + gambar atau video.

Lihat juga :
12 Software / Aplikasi Edit Video 100% Gratis Terbaik Terpopuler
Cara Agar Ms Word / Windows Bisa Mengetik Huruf Bahasa Arab

Office yang sekarang sudah pada versi 2016 yang akan lebih perfect jika di sandingkan dengan windows 10. tentunya di antara sobat semua masih banyak yang menggunakan office word 2007, 2010, atau 2013, kebetulan disini saya menggunakan office 2013 sebagai bahan tutorial, jadi office wordnya tidak terlalu kadaluarsa kayaknya hehe..

Ada point penting dalam membuat daftar isi di office, yaitu menjadikan semua kalimat (judul dari paragraf) yang akan di buat daftar isi tersebut menjadi "heading" dan heading ini nantinya akan di atur menjadi daftar isi sesuai dengan jumlah paragraf yang ada.

Maksud heading disini adalah text atau kalimat yang terletak di atas paragraf. Jadi, ketika sobat mengaktifkan fitur table of content maka secara otomatis semua heading 1, heading 2, heading 3 akan di ambil dan di susun secara terstruktur. 

Sedangkan fungsi  dari table of countent ini salah satunya adalah agar pembaca bisa tahu gambaran besar dari sebuah artikel itu sendiri tanpa harus membaca / membuka semua halaman dari artikel tersebut.

Mungkin sobat Juga suka :
Cara Cepat Membuat File PDF Dengan WordOffice dan PDF Editor
Cara Membuat Presentasi Menarik Menggunakan Power Point

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Ms. Word  dan 2013 (Word 2007 2010)

  1. Buka atau ketiklah sebuah artikel dahulu yang akan ditambahkan daftar isi. bagaimana cara membuat daftar isi dengan titik-titik setelahnya ini semua office itu mirip entah itu office 2007, office 2010, ataupu 2013 semua menggunakan metode yang sama yaitu menggunakan heading dan  table of contents disini saya menggunakan office 2013 sebagai contohnya.

  2. Berikutnya.Disini saya sudah membuat sebuah artikel dengan judul cara membuat blog sebagai judul utamanya kemudian saya ingin menambahkan daftar isi artikel tersebut. 

  3. Cara Pertama adalah memilih setiap kalimat yang akan dijadikan daftar isi. sebagai contoh disini saya ingin memberikan kalimat cara membuat blog terbaru sebagai caranya pastikan sobat berada di menu home lalu pilih pada bagian settingan heading dengan pilihan  heading 1 
    cara membuat daftar isi otomatis terbaru
     

  4. Kemudian selanjutnya saya memilih kalimat lain di bawah heading 1 yaitu sebagai Heading 2. pada kalimat dimana saja tempat membuat blog pribadi baru dan gratis itu?

  5. Berikutnya jika memang ada bagian artikel yang masih bisa di jadikan heading 3 sobat bisa memberikan lagi heading 3 yang letakknya biasanya sesudah heading 2.
    bagaimana cara membuat daftar isi ms office 2013
    Lakukan cara seperti nomer 3 sampai pada nomer 5 ke semua bagian artikel, disinilah point terpenting dari pembuatan daftar isi yaitu menjadikan kalimat yang sobat inginkan menjadi  Heading 1, Heading2, Heading 3,  heading 4 dan seterusnya. 

  6. Sampai disini settingan semua heading sudah selesai, berikutnya adalah membuat daftar ini pada halaman yang sobat inginkan bisa di awal makalah atau di akhir makalah. kalau saya memberikan contoh disini adalah daftar isi yang berada di akhir makalah maka saya klik pada bagian akhir artikel menu INSERT lalu PAGE BREAK , akan muncul halaman kosong di bagian akhir.selain pagebreak sobat juga bisa menggunakan ENTER di bagian akhir artikel.
    bagaimana cara membuat daftar isi pada artikel

  7. Setelah itu pastikan sobat memilih bagian REFERENCES kemudian klik pada bagian TABLE OF CONTENT.  table of content ini berfungsi mengumpulkan semua heading yang telah di setting sebelumnya. 
    cara membuat titik daftar isi dengan mudah

  8. Sobat bisa memilih tampilan daftar isinya, setelah muncul kotak pilihan table of contents, disini saya memilih OUTOMATIC TABLE 1
    cara membuat daftar isi di microsoft word 2007
  9. Secara otomatis semua heading yang telah saya buat tadi akan tersusun menjadi sebuah daftar isi berdasarkan urutan yang sudah saya buat, disini adalah contoh hasil daftar urutan daftar isi dengan heading yang telah saya buat. 

  10. Berdasarkan urutan pengelompokan heading yang telah saya buat secara detail akan terlihat seperti gambar daftar isi di bawah ini. sobat bisa melihat bahwa heading 1 lebih menjorok ke kiri daripada heading 2 atau 3 
    cara membuat titik titik pada daftar isi secara  otomatis

  11. Daftar isi tersebut masih bisa sobat edit lagi sesuai keinginan misalkan saja merubah font, merubah kalimat heading, dan merubah settingan heading. Selamat mencoba. 

Tutorial Video Cara membuat Daftar Isi Otomatis di word

Bagi sobat yang ingin melihat tutorial dengan melihat video silahkan lihat video saya bagaimana membuatnya, semoga bisa membantu.


Terima kasih saya harap bisa sedikit memberikan solusi bagi siapa saja yang masih bingung bagaimana caranya membikin daftar isi dengan cepat.  Okey... Semoga berhasil