Tuesday, August 11, 2015

Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable di Flashdisk

Cara Menggunakan Rufus - Dalam tutorial kali ini kita akan membahas salah satu aplikasi pembuat bootable yang menurut saya aplikasi ini adalah aplikasi pembuat bootable yang paling mudah dari yang lainnya dan tentu saja software ini sangat berguna bagi sobat yang ingin menginstall ulang windows dengan menggunakan flashdisk / usb mengingat sekarang banyak orang lebih memilih menginstall menggunakan flashdisk daripada menggunakan DVD. cara ini juga banyak di pakai untuk menginstal ulang windows dikarenakan notebook karena di notebook sendiri tidak ada DVD roomnya. sejak pertama kali mengetahui tentang software rufus ini sejak saat itu Saya sudah jarang sekali menginstall windows dengan CD/DVD mengingat memakai flasdisk lebih savety daripada memakai DVD jadi lebih nyaman menggunakan rufus ini. Dengan software rufus ini biasanya proses penginstalan  100% sukses tanpa ada masalah yang berarti. software ini memang tergolong kecil hanya 800kb namun mempunyai kegunaan yang luar biasa saja dan sobat hanya perlu membuatnya lewat file ISO di folder  meski tidak memiliki CD/DVD installer windows.

Baca yang ini Juga : Cara Membuat Video Di Flashdisk Bisa Di Putar di CD/DVD Player

Membuat bootable dengan flasdisk memang praktis lebih aman dan efectif hanya saja flasdisk lebih mahal harganya ketimbang dengan kepingan DVDRW. tapi yang belum memiliki flashdisk mungkin bisa pinjam teman dahulu ya.. hehe... tapi jangan lupa pindahkan / back up dahulu file yang ada di dalam flashdisk karena flashdisk yang akan di gunakan untuk membuat bootable nanti akan di format ulang oleh rufus ini.

Oke kita akan mengenal nama software yang saya sebut sebut tadi. rufus adalah Live USB systems sebuah software yang di gunakan untuk membuat sistem di dalam perangkat removable seperti flashdisk /usd. dengan bantuan aplikasi portable ini sobat bisa membuat operating system seperti windows XP, windows 7, windows 8, windows 10 menjadi bootable flashdisk. rufus juga banyak sekali digemari meskipun software serupa masih begitu banyak. jika sobat ingin melihatnya silahkan lihat disini di daftar tersebut sobat bisa melihat banyak sekali aplikasi seperti rufus, jika sobat pengguna operating system selain windows seperti Mac OS X, linux, BSD sobat bisa memilih yang sesuai dengan operating sistem yang sobat gunakan.  mengingat program ini sangat mudah maka sobat tidak perlu merasa khawatir akan mengalami kesulitan menggunakannya.. lagian kalao ada yang salah  kan bisa di ulang kembali..itulah kelebihan memakai flashdisk...hehe..

Bagaimana Cara Menggunakan Rufus untuk membuat Bootable Windows dari ISO File Terbaru


Okey.. dibagian ini adalah bagian utama menggunakan rufus ini dan Seperti yang telah di sebutkan di atas untuk persiapan membuat bootable ini sobat harus mempunyai flasdisk yang kosong (data akan hilang jika ada file di dalam flasdisk) sebaiknya sobat pastikan dahulu sebelum memulai, dan persiapkan juga file windows iso nya.

  1. Pertama Download software rufus  terupdate dan terbaru terlebih dahulu lewat link ini, sobat bisa mendownload yang versi portable dan bagi pengguna windows 8 program Rufus nya sebaiknya menggunakan versi terbaru agar aplikasi bisa ini lancar saat di jalankan.
  2. Colokkan flashdisk yang akan digunakan untuk bootable windows
  3. Ketika program ini di jalankan sobat bisa melihat rufus secara otomatis mendeteksi flashdisk (Nomer 1). sedangkan untuk (Nomer2) untuk membuka iso file. 
    cara membuat bootable di flashdisk

  4. Berikutnya adalah membuka file iso caranya  klik pada gambaran nomer 1. sedangkan untuk memilih iso file nya klik seperti pada gambar2.  dan akhiri dengan klik open seperti pada gambar 3.
    cara membuat bootable di flashdisk windows 7

  5. Untuk memulai silahkan klik"start"  
    bagaimana cara membuat bootable di flashdisk

  6. Silahkan tunggu proses yang mungkin akan membutuhkan proses yang lumayan lama. waktu saya menggunakan rufus ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk ukuran windows 8 OIA (all in one pack) sebesar 4 GB. Semakin kecil ukuran iso file nya akan semakin cepat proses yang di butuhkan. demikian juga sebaliknya jadi sabar aja ya.. hehe.. 
    cara menggunakan rufus

  7. Klik "oke" saat sobat mengklik oke flasdisk akan di format dan diproses.
    cara menggunakan rufus dengan mudah
     
  8. Jika sudah tampak seperti gambar seperti di bawah ini, berarti proses sudah selesai, silahkan tekan tombol "close" untuk mengakhiri
    cara menggunakan rufus untuk membuat bootable windows

  9. Untuk membuktikan bahwa flashdisk sudah sukses alias sudah terisi dengan file bootable sobat bisa membuka folder yang ada di flashdisk, kira-kira isi yang ada di dalam folder tersebut terlihat seperti gambar di bawah ini. 
    bagaimana cara menggunakan rufus iso file

Nah.. setelah selesai membuat bootable menggunakan rufus flashdisk akan terisi dengan bootable windows yang sudah langsung bisa digunakan untuk menginstall laptop, dan jangan lupa ganti first boot nya di settingan bios komputer dengan removable disk dan nantinya sistem akan otomatis mendeteksi flashdisk tersebut dan cara penginstalan nya pun sama dengan menginstal menggunakan DVD. terima kasih dan selamat mencoba.


6 comments:

  1. kk bisa gak misalnya kita set boot rufus nya dilaptop saya, tapi buat di install di laptop orang lain flashdisknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sekali agan Jordy, setiap flashdisk yang sudah di set / di jadikan bootable bisa di instalkan ke laptop/PC manapun..

      Delete
  2. apakah fd bisa diganti lagi dari NTFS ke FAT32??, tolong info lengkapnya guys..

    ReplyDelete
  3. Mas bagaimana kalau tidak ada/belum punya file iso ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan bisa download atau membuatnya terlebih dahulu caranya mudah kok..

      Delete
  4. gan, kalo kita mau copy file lain ke flash yg udah kta buat bootable apakah akan terbaca ktka kta boot nanti ?

    ReplyDelete