Cara Instal dan Uninstal Program/Aplikasi di Laptop Termudah Tercepat

Cara instal dan uninstal aplikasi - Adalah Hal yang sering dilakukan dan merupakan sebuah pengetahuan yang mendasar yang harus di ketahui oleh pemilik laptop yang mungkin masih awam dan sebelumnya belum mengetahui bagaimana caranya. Setiap komputer yang baru dibeli sebenarnya masih dalam keadaan kosong, tidak berfungsi sama sekali hingga akhirnya di instal berbagai program yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri maka saat itulah laptop sudah bisa di gunakan. bisa bersuara dan bisa merespon.

Lalu.. bagaimana cara menginstal program di laptop/ pc apakah itu sulit ataukah mudah, Ternyata menginstal program ke komputer itu mudah sekali waktu yang di butuhkan hanya beberapa menit saja bahkan kurang. Menginstal disini berarti menambahkan program ke dalam laptop sedangkan kebalikannya adalah uninstal atau menghapus program dari laptop. cara ini biasanya dilakukan ketika program sudah tidak digunakan oleh pemiliknya. Untuk itu.. pertama kali kita akan membahas bagaimana cara menginstal program ke dalam komputer terlebih dahulu.


Apa yang perlu di persiapkan ketika ingin install aplikasi ke laptop

Ya, tentu saja file installer nya harus di persiapkan terlebih dahulu, jika dalam hal ini kita membahas tentang aplikasi windows, sobat bisa mendownload software secara gratis yang ada di internet melalui situs-situs besar di internet selengkapnya bisa sobat lihat di bawah ini. disana sobat bisa menemukan program-penting yang direkomendasikan untuk menunjang performa laptop seperti program untuk mengedit foto, aplikasi untuk mengedit video, mengedit audio lagu mp3, merubah format video, mendownload video di internet, aplikasi untuk mengakses internet, aplikasi untuk memutar video/ audio, aplikasi game, aplikasi anti virus, aplikasi driver dan lain sebagainya.

Link artikel yang berkaitan :

Cara Instal aplikasi ke laptop dengan Cepat mudah


Bagaimana cara instal aplikasi di komputer ? Jika sobat sudah mendapatkan program yang sobat inginkan berikutnya adalah menerapkan installer tersebut ke dalam program komputer. caranya tinggal buka installer tesebut dan ikuti saja proses instalasinya sampai selesai. sebagai sampel sobat bisa mencoba menginstal program aplikasi facebook namanya adalah messenger untuk laptop / PC silahkan download aplikasinya lewat tautan di sini.  jangan lupa pilih windows. download sampai selesai. jika sudah silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.





  1. Buka file installer yang sobat sudah sobat dapatkan 
  2. Buka file installer yang biasanya program aplikasi windows ini berupa file berextensi .exe misalkan file di bawah ini adalah messengersetup.exe, untuk menginstal ke dalam laptop silahkan klik 2 kali program tersebut. 
    cara instal aplikasi windows komputer

  3. Klik "yes" untuk konfirmasi 
    instal aplikasi di PC

  4. Klik "instal" untuk meneruskan proses
    cara instal aplikasi ke windows laptop

  5. Tunggu proses penginstalan program  
    cara menginstal aplikasi di PC
  6. Klik "finish" dan silahkan jika sobat ingin langsung membuka program ketika proses penginstalan sudah selesai silahkan biarkan tercentang  pada baian "start messenger" atau jika tidak hilangkan centangnya
    cara download dan instal aplikasi baru

  7. Selesai dan buka programnya 
    cara membuka aplikasi


Cara Uninstal / Remove program windows 7 


Caranya sangatlah beragam namun cara yang paling sering di lakukan adalah dengan menggunakan fitur remove program yang sudah tersedia di windows. cara ini bisa di lakukan di semua windows baik itu windows XP, windows 7, 8 dan 10. Untuk mengetahui nama program yang akan sobat hapus / uninstal sobat bisa melihat program icon terlebih dahulu lewat dekstop selaknjutnya sobat bisa menginstal programnya. berikut adalah cara lengkap uninstal program paling mudah dan paling cepat.

  1. Jika disini saya contohkan ingin menghapus dan menghilangkan program messenger  
    cara uninstal program di windows

  2. Klik pada "start" di bagian pojok kiri bawah 
    cara remove program dari komputer





  3. Pilih "Uninstal program"
    cara menghapus aplikasi di windows 7 8 10

  4. Pilih nama program yang sobat inginkan. misalkan saja messenger. klik pada icon tersebut dan ikuti proses nya sampai selesai. 


Cara Menghapus Remove program  dari Komputer 


Adakah cara lain selain cara di atas. ? cara ini bisa sobat lakukan jika cara di atas gagal sobat lakukan. Untuk menghapus program ada banyak cara namun yang paling sering di lakukan oleh pengguna PC adalah melalui fitur control panel yang ada di windows dan melalui aplikasi remove program / uninstall program yang sudah ada di dalam file installer itu sendiri. Jika di atas sudah di bahas menghapus program lewat control panel sekarang sobat bisa melakukan dengan cara lain yaitu lewat file yang ada di dalam directory / folder program itu sendiri. berikut selengkapnya.

  1. Klik kanan pada icon program di dekstop lalu pilih "properties
    cara uninstal program lewat directoy folder installer

  2. Klik "open file location
    cara remove aplikasi dengan cepat

  3. JIka disana ada file uninstall silahkan klik 2 kali program tersebut  
    bagaimana cara uninstal software di komputer dengan mudah

  4. Program sudah selesai di hilangkan dari komputer dengan cepat.



Semoga bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan..