Saturday, April 23, 2016

Cara Merubah Ukuran Video Menggunakan Format Factory

Cara merubah ukuran video menggunakan format factory - Sebuah panduan dasar sangat diperlukan bagi siapa saja yang ingin mengetahui sebuah program komputer. seperti program converter yang satu ini yang mungkin masih banyak yang masih belum mengetahui fitur-fiturnya dengan lebih detail. format factory sebagai program terbaik untuk mengubah format video ini sampai saat ini masih menjadi pilihan bagi pengguna komputer alasannya adalah karena program ini 100% gratis, mudah di gunakan dan pastinya sangat powerful. Beberapa fitur dari format factory yang masih belum banyak pengguna komputer ketahui ini seperti format factory itu bisa memutar / merotate video yang di convert, bisa melakukan X dan Y Mirror, memasukkan sudbtitle ke video, watermark dan lain sebagainya.

Artikel ini mungkin juga sobat butuhkan :
Cara Mengubah Format Video Menjadi Format Apa Saja Sesuai keinginan

Mungkin ini terdengar sepele bagi orang yang sudah terbiasa dengan megubah format video, namun lain hal nya dengan seseorang yang baru mencoba tentu bingung bagaimana cara melakukannya. Artikel yang singkat ini akan lebih fokus pada fitur-fitur yang ada di converter jadi sobat bisa bisa bereksplorasi lebih jauh dengan program format factory ini. Disini kita akan menggunakan sebuah program yang sudah populer untuk mengubah format video, ukuran video atau video size, audio bit rate, dan lain sebagainya.

lihat juga : Download Video Converter Format Factory Full Terbaru 2016

Selain ingin meng" compatible"kan video dengan peralatan (Komputer, DVD, Hanphone/smartphone ttablet dan lain-lain) yang dipakai, Salah satu alasan mengapa video harus di rubah adalah karena mereka ingin menjadikan video menjadi lebih kecil/ringan sehingga tempat penyimpan data bisa di muati jumlah video lebih banyak. contohnya adalah Disini saya mempunyai ukuran video dengan 720p x 960p dengan ukuran 3M MB dan saya ingin mengubah ukuran video menjadi ukuran yang lebih kecil misalkan menjadi 360p x 340p maka ukuran video bisa berubah menjadi 7 MB saja. hanya saja kualitas video menjadi lebih berkurang dari sebelumnya jika di zoom nanti. demikian juga sebaliknya sobat juga bisa memperbesar ukuran video yang semula kecil menjadi lebih besar sizenya.


Baca juga :  11 Software / Aplikasi Edit Video PC 100% Gratis Terpopuler

Cara Lebih Detail Bagaimana Mengubah ukuran video Menggunakan Format Factory


Sebelum memulai ada baiknya sobat lihat dulu beberapa artikel terkait berikut ini, artikel di bawah ini adalah tahap dasar mendownload dan menggunakan format factory :

  1. Silahkan buka format factory milik sobat yang sudah sobat instal kemudian masukkan video dengan cara memilih format video yang sobat inginkan 
    cara menggunakan format factory

  2. Pilih "Add File" untuk memasukkan video file ke format factory
    cara merubah ukuran video menggunakan format factory
     

  3. Output setting ini adalah aturan yang bisa sobat pilih sendiri menurut keinginan. lebih detail tentang output setting pada format factory ini ada pada nomer setelah ini (nomer 4).
    cara mengganti video berukuran besar menjadi lebih kecil dengan format factory

  4. Silahkan sobat pilih berdasarkan profil terlebih dahulu kemudian sobat juga bisa menrubah settingan yang sudah ada berdasarkan kebutuhan sobat. jika sobat masih bingung dengan aturan aturan di bawah ini sebaiknya sobat biarkan saja sesuai default nya. lihat bagian ukuran video pada nomer 1  di gambar di bawah ukuran nya adalah 720p jika ingin merubah ukuran menjadi lebih kecil sobat bisa mengganti profilnya lebih kecil misalkan 360p, 320p dan lain sebagainya.
    cara detail menggunakan program video converter format factory

    Keterangan gambar
    1. Pilihan ini adalah "profil" dari format yang telah sobat pilih dimana setiap profil nantinya ada beberapa pilihan kualitas video ataupun ukuran video yang bisa sobat pilih lagi. untuk menjadikan dan mengubah ukuran / size video lebih kecil sobat bisa mengatur settingan misal dengan format ukuran video yang lebih kecil dari sebelumnya. (video Size)
    2. Sobat bisa memberi nama format video yang telah sobat pilih misalkan sobat sudah memilih setting dan value maka sobat bisa menyimpan settingan tersebut agar sobat bisa lebih mudah menggunakan settingan tersebut di proses convert selanjutnya tanpa harus mensetting kembali
    3. Ini adalah settingan "video encode" maksudnya adalah format video yang akan dirubah, misalkan saja jika sobat menggunakan format MP4 maka ada tiga tipe format yang bisa sobat pilih MPEG4(DivX, MPEG4 XVid dan AVC H264. demikian juga sebaliknya jika sobat memilih format video lain misalkan saja AVI ada beberapa format video yang bisa sobat pilih disana seperti, MPEG4(DivX, MPEG4 XVid dan AVC H264, WMV2, FLV1, MJPEG dan lainnya. VIDEO SIZE : kalau yang ini adalah ukuran video maksudnya adalah panjang x lebar video seperti yang sobat lihat di dalam format factory ada banyak pilihan ukuran video seperti 320x240, 400x240, 480x320, 480x272, 720x480 dan masih banyak lagi yang bisa sobat pilih. Bitrate KB/s adalah jumlah data yang diolah dalam jumlah waktu tertentu semakin besar jumlah data semakin bagus kualitas video. FPS atau Fram Per Second adalah Jumlah bingkai gambar yang ditunjukkan dalam satu detik untuk gambar bergerak. Aspec Ration adalah perbandingan proporsi antara lebar dan tinggi. Biasanya ditulis menggunakan bentuk perbandingan misal 16:9 atau 4:3 dan lain sebagainya. 
    4. Jika nomer 3 tadi adalah pilihan untuk video encode sekarang di nomer 4 ini adalah audio encode, audio encode ini sendiri adalah adalah macam-macam format audio seperti MP3, WAV, MP2, MP3-VBR dan lain sebagainya. untuk kualitas paling bagus umumnya menggunakan audio encode MP3. berikutnya adalah sample rate maksudnya adalah banyaknya suara yang direkam dalam 1 detik. Semakin banyak sample suara yang direkam maka semakin halus suaranya, kira-kira seperti itu maksudnya. Kalau Bitrate adalah banyaknya data (dlm bit bukan byte) setiap detiknya semakin besar nilainya akan semakin bagus biasanya file audio Mp3 menggunakan bitrate dengan nilai 128Kb, Audio channel pada format factory ini adalah suara yang ada di kanan atau kiri Jika sobat pilih angka 2. Disable Audio adalah settingan untuk menghilangkan audio sehingga video nanti berubah menjadi tak bersuara. 
    5. Additional subtitle adalah fitur format factory untuk menambah subtitle video. watermark adalah fitur untuk menambah watermark. advance adalah fitur yang mungkin belum banyak yang mengetahui ini yaitu sobat bisa memutar (rotate) ke kiri atau ke kanan video sobat. 
    6. Pilihan dari settingan nomer 3. aturan tersebut sudah standart. 
    7. Pilihan settingan dari nomer 4.
    8. Ok jika sudah selesai. 

  5. Jika settingan sudah di atur selanjutnya adalah klik "Start" untuk memulai menconvert video" dan jika sudah selesai lihat hasil video yang sudah di convert di "output folder" 
    cara menggunakan software  format factory dengan benar
Semoga turorial di atas bisa membuat yang masih bingun bisa sedikit memahami bagaimana cara menggunakan format factory. selamat mencoba...


0 comments:

Post a Comment