Cara Instal Dan Uninstal Font di WIndows 7/10 Dg Mudah & Cepat

Cara menginstal font sedikit berbeda dengan menginstal software pada umumnya. Menginstal font bahkan bisa sobat lakukan hanya dengan mengcopy paste font ke dalam folder sistem windows. Biasanya yang membutuhkan banyak font ini adalah seorang designer entah itu untuk keperluan mengedit foto ataupun edit video. Dengan jumlah font yang banyak akan membuat pengguna pc semakin bebas memilih model font yang mereka inginkan.


Dimulai dengan Windows 7 dan berlanjut ke Windows 10, proses untuk mengelola font di Windows telah menjadi jauh lebih mudah digunakan. Jika sobat adalah seorang profesional yang perlu memasang banyak font untuk pekerjaan sobat atau seseorang yang ingin menghapus font yang tidak digunakan.  Windows bisa dengan mudah melakukan semua itu.

Lihat juga : 
Download 722 Koleksi Font Bahasa Arab
Download Koleksi Font Keren Dan Bagaimana Cara Menginstall Font

Cara instal Font di windows dengan mudah

Setelah sobat mendownload file font sobat, silakan buka folder tempat font sobat disimpan. Sekarang klik dua kali pada file font.

Sebuah jendela akan muncul di mana sobat akan bisa melihat pratinjau semua angka dan huruf untuk font itu. Ini juga akan menunjukkan contoh kalimat dalam ukuran font yang berbeda. Untuk memasang font pada sistem sobat, klik tombol Install di bagian atas.

cara instal font di windows 7



Font sobat sekarang telah terinstal! Jika sobat membuka program seperti Word, sobat akan melihatnya sekarang ada dalam daftar font. sobat bisa memilihnya dan mulai mengetik dengan font baru.


Cara Menghapus Font di Windows 7

Menghapus font hampir sama mudahnya. Pertama, buka Control Panel dan klik pada folder Fonts . Jika sobat berada dalam tampilan Kategori , maju dan beralih ke tampilan Ikon .
Pilih font yang ingin sobat hapus lalu klik tombol Delete di bagian atas jendela

.
cara menghapus font di windows  7


Jika semua berjalan lancar, font sobat harus dihapus dari sistem sobat. Sekarang ada beberapa situasi di mana sobat mungkin mengalami masalah. Pertama, sobat mungkin mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa font tidak dapat dihapus karena sudah digunakan.

Jika sobat mengalami masalah ini, pertama-tama sobat harus menutup semua program dan mencoba lagi. Jika itu tidak berhasil, cobalah me-restart komputer sobat dan kemudian menghapus fontnya. Sebagai upaya terakhir, sobat bisa restart di Safe Mode dan kemudian mencoba untuk menghapusnya.


Cara delete font lewat Registry Windows

Cara lain untuk menghapus font adalah melalui registry Windows. Sebelum sobat mengedit apapun, pastikan untuk mencadangkan registri . Sekarang klik Start dan ketik regedit . Arahkan ke kunci registri berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Fonts

Cara uninstal font lewat registry


Temukan font dalam daftar di sebelah kanan, lalu klik kanan dan pilih Delete . sobat akan bisa menghapus file font bahkan jika sobat mendapatkan pesan in-use tadi. Perhatikan bahwa jika sobat menginstal Windows 64-bit, sobat juga perlu membuka kunci registri ini dan menghapus font dari sini juga:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Wow6432Node \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Fonts


Setelah sobat menghapus kunci dari kedua lokasi tersebut, lanjutkan dan mulai ulang komputer agar perubahan tersebut mulai berlaku. Font sekarang harus hilang dari semua program.
Metode ini juga bisa digunakan untuk menghapus font font sistem yang dilindungi. Sebagai contoh, katakanlah sobat ingin menghapus Times New Roman. Jika sobat mencoba melalui Control Panel, sobat akan mendapatkan pesan kesalahan.
Cara uninstal font lewat registry

sobat bisa masuk ke registry dan menyingkirkan font yang ada di sana. Pastikan untuk me-restart komputer sobat setelah menghapus entri dari registri. Sebenarnya tidak ada alasan bagus untuk menghapus font sistem yang dilindungi, jadi saya tidak akan merekomendasikannya.

Akhirnya, sobat juga bisa membuat font sobat sendiri dan kemudian menginstalnya menggunakan panduan ini! Jika sobat memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar.
Semoga Bermanfaat.