Cara Memindahkan Aplikasi dari Memory Hp ke Kartu SD di Hp Android

Banyaknya aplikasi yang di instal di hp android akan membuat memory hp cepat penuh. Aplikasi yang sobat instal secara default akan tersimpan di memory hp / penyimpanan internal sehingga tanpa kita sadari tiba-tiba memory hp (internal) menjadi penuh. Memindahkan aplikasi ke SD card adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi hp yang lemot khususnya bagi sobat yang memiliki ruang memory hp yang "pas pasan".

Memindahkan aplikasi-aplikasi dari internal memory ke external atau dari memory hanphone ke memory SD itu sama halnya memindahkan semua file / folder aplikasi ke SD card. Seperti halnya sobat memindahkan lagu / mp3 dari internal storage ke external storage. Nah ketika ruang di penyimpanan hp berkurang hal itu juga akan membuat kinerja smartphone bertambah.

Baca juga 
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus di Hp
Cara Cepat Mengatasi Lupa Pola Sandi Pengunci Layar HP Android

Karena aplikasi memerlukan RAM lebih besar daripada file lainnya seperti foto / video oleh karena itu ketika sobat memindahkan banyak aplikasi ke memory SD smartphone akan menjadi lebih ringan dari sebelumnya. Ibarat sebuah truk yang asalnya bermuatan penuh kemudian muatan tersebut di kurangi tentu saja truknya akan berjalan lebih gesit dari sebelumnya.. hehe

Cara ini saya coba pada hp android merek Samsung. untuk sobat yang menggunakan merek lainnya silahkan ikuti saja. toh caranya hampir sama.


Cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke Kartu SD 



  1. Silahkan pergi ke "setting" / pengaturan
    cara memindah aplikasi ke SD card

  2. Silahkan cari aplikasi yang ingin sobat pindahkan. contoh disni saya ingin memindahkan aplikasi Facebook messenger dari memory Handphone ke SD card. Silahkan sentuh aplikasi yang di inginkan.  
    cara memindahkan aplikasi ke external memory hp

  3. Pada tampilan hanphone lain akan berbeda namun pada tampilan hp samsung sentuh "storage" / "PENYIMPANAN"
    cara memindah aplikasi dari memory hp ke memory SD di hp android

  4. Sentuh "Change"/ ubah"
    cara agar aplikasi berpindah ke SD card smartphone android

  5. Pilih "SD card" sobat
    cara pindah aplikasi hp ke SD card dg mudah

  6. "Move"  / pindah
    cara memindahkan aplikasi dari internal ke external memory di hp android

  7. Tunggu proses pemindahan beberapa saat dan sobat bisa melihat bahwa status aplikasi tersebut sudah berada di external storage / kartu SD.
    cara memindahkan aplikasi ke kartu sd samsung
  8. Selesai

Terima kasih dan selamat mencoba.