Cara Saya Instal Ulang Windows 7 di Laptop/Komputer Via Flashdisk

Cara Install ulang Windows di Laptop adalah salah satu bagian dari belajar komputer dimana hal ini merupakan sebuah solusi ketika windows mengalami kerusakan. Instalasi ulang ini akan menghapus semua sistem lama dan mengisi nya kembali dengan sistem baru. Ini adalah sekedar tulisan pengalaman saya saat menginstal laptop saya dengan windows 7. Semoga sobat bisa memahami tulisan ini dengan baik.

Biasanya orang akan menginstal windows ini karena beberapa alasan seperti windows terkena virus parah, ingin mengupgrade / downgrade windows, windows sudah tidak berjalan seperti biasanya, windows corrupt, missing file, habis membeli laptop baru / second dan lain sebagainya. Alasan apapun itu, menginstal windows di laptop / komputer kadang sangat penting khususnya bagi seorang pengguna yang bekerja menggunakan laptop / PC.

Ada banyak versi windows dan yang paling populer di gunakan di dunia khususnya di indonesia adalah windows XP, windows 7, windows 8 dan windows 10. Sedangkan tidak ada perbedaan cara penginstalan untuk 32bit atau 64bit. Sedanfkan untuk setiap versi windows sobat akan melihat ada sedikit perbedaan pada setiap versi windows namun intinya tetaplah sama.

Lihat ini juga : 
Cara Install ulang Windows 10 Pro di Laptop Dengan Flashdisk
Cara Melihat dan Memahami Spesifikasi Laptop / komputer Dg Mudah

Ada beberapa metode yang digunakan untuk menginstal Windows di laptop / komputer. Namun umumnya sekarang orang lebih suka menggunakan flashdisk ketimbang DVD dengan alasan  flashdisk lebih efektif karena terhindar dari masalah seperti file corrupt/ missing file,  dan lain sebagainya. Selain itu jika sobat tidak mempunyai flashdisk, sobat bisa meminjam teman sobat .. tapi jangan lupa kalau sudah selesai di kembalikan lagi.. beserta file di dalamnya ya..  hehe

Persiapan Sebelum Menginstal Ulang windows 7 di Laptop / PC

Sebelum menginstal ulang windows tentunya sobat persiapkan terlebih dahulu Media / bahan installer nya. Nah.. disini sobat bisa memilih menggunakan media flashdisk atau menggunakan media CD/DVD. Jika sobat sekarang memilih flashdisk ada panduan  di bawah ini khusus buat sobat yang mungkin masih bingung bagaimana cara membuat installer windows di flashdsik. khusus bagi sobat yang menggunakan CD/DVD pastikan sobat sudah memiliki CD/DVD installer nya.


Baca artikel ini dahulu : Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable di Flashdisk 


Jika flashdisk bootable sudah selesai dibuat. selanjutnya pastikan sobat mensetting pengaturan BIOS first boot nya di removable devices, biasanya jika sobat menggunakan flashdisk sobat bisa melihat mereknya di sana. seperti gambar di bawah ini (lihat pada langkah nomer2 di bawah). disitu saya menggunakan flashdisk Toshiba 8GB.

Mungkin hal yang perlu sobat ketahui adalah bahwa semua cara install ulang windows di laptop / notebook entah itu laptop asusacer, dell, lenovo, toshiba, hp dan lain sebagainya semua caranya itu kurang lebih sama. sebagai contoh disini saya menginstal windows 7 di laptop merek lenovo. bagi sobat yang menggunakan netbook / laptop merek lain saya yakin pasti bisa mengikuti.

Finally... Mari kita mulai belajar tutorial bagaimana tips mengintal windows 7.

Panduan Lengkap Cara Instal Ulang windows 7 di Laptop 


Khusus untuk sobat yang masih bingung menentukan partisi mana yang nanti akan di format dan di instal. Seperti saya pertama kali dulu takut salah menghapus partisi, saya akali dengan mengambil gambar / memotret dengan smartphone pada Disk management fungsinya agar saya tahu jumlah capasitya nya.. tentu saja cara ini khusus untuk sobat yang baru mencoba instal laptop/ komputer pertama kali saja.. hehe

Jika sobat masih bisa masuk ke windows, 

Jika windows masih berfungsi dengan baik untuk menentukan partisi mana yang akan di format (local disk C) akan jauh lebih mudah, sobat bisa melihat semua partisi berapa jumlah capasity dan free space nya. Caranya melihat partisi ini bisa dengan Klik tombol start windows - Klik kanan pada Computer  lalu pilih Manage - Lalu pilih Disk Management. Disini sobat bisa memotret  Disk management tersebut dengan Smartphone sobat kemudian nanti pada langkah instalasi (lihat pada langkah nomer 10 di bawah ) / menghapus partisi, sobat bisa melihat lagi disk management yang sudah sobat potret  agar tidak salah menghapus partisi.




Namun jika sobat sudah tidak bisa masuk ke windows 

Sobat bisa perhatikan bahwa hardisk yang sudah di jadikan menjadi beberapa partisi akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Drive 0 partition 1  = Hardisk 1 Lokal disk C (Biasanya untuk Sistem)
Drive 0 Partition 2 = Hardisk 1 Lokal Disk D (Biasanya untuk menyimpan Data)
Dan seterusnya..

Jika hardisk lebih dari satu maka

Drive 1 partition 1  = Hardisk 2 Lokal disk C (Biasanya untuk Sistem)
Drive 1Partition 2 = Hardisk 2 Lokal Disk D (Biasanya untuk menyimpan Data)
Dan seterusnya..

cara menentukan partisi mana yang akan di format dan di instal windows


  1. Ketika pertama kali menghidupkan laptop/komputer saat booting F2 ( laptop, notebook) atau kalau di PC tekan DELET (PC/Dekstop) ada beberapa merek laptop ketika ingin memunculkan BIOS dengan menekan FN + F2 secara bersamaan tergantung manufacturer laptop /PC pada motherboard dan yang nantinya akan muncuk tampilan BIOS
    cara instal ulang windows
     

  2. Pertama pastikan sobat sudah mengatur  first boot nya di removable disk (jika sobat menginstal menggunakan flashdisk) dan pilih CDroom (jika sobat menginstall mengunakan CD/DVD), jika di laptop lenovo sobat bisa memilihnya d bagian startup kemudian pilih primary boot sequence / first boot.  seperti yang terlihat gambar di bawah flashdisk toshiba transmemory terdekteksi sebagai first boot (boot pertama). 
    Cara instal ulang windows di laptop

  3. Tekan "F10" pada keyboard laptop / PC untuk keluar dan menyimpan semua yang sudah di setting di BIOS tadi. eksekusi dengan klik "ENTER
    Cara instal ulang windows 7 di laptop
     
     

  4. Jika settingan BIOS sudah benar booting pertama akan mendeteksi keberadaan windows yang ada di flashdisk. saat muncul "press any key to boot from USB" nah saat itu juga sobat tekan tombol apa saja untuk masuk ke boot windows USB. 
    cara setting bios untuk instal ulang windows 7 di laptop dan komputer
      

  5. Berikut nya akan muncul tampilan windows 7 tinggal klik "NEXT" saja. 
    cara instal ulang windows 7

  6. Saatnya memulai untuk "Install Windows
    cara menginstal windows di notebook


  7. Klik "I accept the licence terms" lalu klik "NEXT"
    tutorial cara install  laptop lengkap

  8. Disini ada dua pilihan sobat bisa memilih "Custome (advance)" di bagian bawah untuk melanjutkan proses penginstalan
    cara install ulang windows di laptop lenovo

  9. Dibagian ini jangan sampai sobat salah memilih partisi. seperti yang disebutkan sebelumnya sobat harus mengetahui partisi mana yang akan di install karena partisi ini akan di format dan di jadikan sistem windows baru. biasanya partisi ini akan menjadi partisi (C). 
    panduan cara instal windows7

  10. Pada langkah ini partisi C tadi akan diformat NTFS sehingga partisi tersebut ( C ) akan terhapus totoal, klik "FORMAT"untuk memulai.
    menginstall laptop
     

  11. Pilih "OK"

  12. Partisi sudah di format, selanjutnya adalah "NEXT
    bagaimana cara instal ulang notebook

  13. berikutnya adalah menunggu proses installing windows sampai semua tahap selesai, proses ini membutuhkan waktu beberapa menit.  
    cara instal windos 7
     

  14. Tampilan seperti ini bagi sebagian laptop kadang muncul kadang tidak, sobat biarkan saja sampai prosesnya selesai dengan sendiri proses ini membutuhkan waktu beberapa menit saja. jika PC sobat tidak muncul seperti gambar di bawah ini silahkan lanjutkan seperti pada nomer 15
    cara instal ulang laptop dengan windows 7

  15. Pada tahap ini Laptop / komputer merestrat dan melalukan finshing instalasi ketika komputer merestart dan sebelum booting silahkan masuk ke BIOS lagi dan kembalikan settingan BIOS ke settingan semula. maksudnya ubah first Boot ke hardisk lagi bukan di flasdisk removable caranya sama dengan cara pada nomer 2 dan 3 di atas. dari pengalaman saya ada beberapa laptop yang secara otomatis mereruskan ke finishing namun ada beberapa yang selalu mengulang-ngulang instal mulai dari awal lagi jika first boot nya tidak di ubah. 
    bagaimana cara menginstall ulang win 7
     

  16. Ketika booting akan tampil mirip ketika pertama kali sobat menginstall namun kali ini sobat biarkan saja.
    cara instal laptop atau komputer baru

  17. Tulis nama sobat (bagian atas) dan Nama komputer (bagian bawah)
     

  18. Di sini saya tidak mengisi password saya biarkan kosong. langsung klik "NEXT"

  19. Untuk mempercepat proses instalasi windows klik "SKIP" saja 
    menginstal ulang laptop dengan flashdisk

  20. Klik "Ask Me Later"
    cara instal windows 7
      

  21. Pilih zona waktu "Bangkok, Hanoi, Jakarta"  
    langkah-langkah install windows 7

  22. Proses instalasi windows sudah berakhir.  
    cara instal PC baru

  23. Tampilan windows 7 yang baru untuk pertama kalinya.
    tutorial lengkap  instal komputer

Bagi sobat yang sudah berhasil menginstall ulang tentu windows masih kosong, Nah untuk memperkaya performa laptop sobat bisa melirik artikel tentang aplikasi aplikasi yang penting untuk laptop. lihat selengkapnya di link di bawah ini.

Rekomendasi : Puluhan Aplikasi Laptop / PC Terbaru yg Buat Windows Makin Keren


Nah.. Bagi sobat yang ingin belajar menginstal windows tak perlu khawatir karena menginstal windows tidak sesulit yang di bayangkan. memang masih ada beberapa tahap yang akan sobat kerjakan setelah menginstall windows  seperti mengisntal program2 penting di PC (anti virus, media player, CD/DVD tools, browser, foto editor, video editor converter, Office dan lain-lain), menginstal driver dan lainnya namun setidaknya sobat sudah sukses di tahap pertama.

Baca juga :  11 Software / Aplikasi Edit Video PC 100% Gratis Terpopuler

Terima kasih dan selamat mencoba semoga sukses dengan mudah dan cepat.