Cara membuat SLow Motion (Gerak Lambat) Video dengan Movie Maker

Pernah melihat film the matrix yang populer dengan Slow motion nya. gimana kesan sobat dengan film tersebut terlihat keren khan. Efek slow motion dalam tehnik video editing adalah mengatur kecepatan pada menit / gambar tertentu agar gerakan yang asalnya cepat / normal bisa menjadi lebih lambat artinya kita ubah durasi waktu video tersebut menjadi lebih lama. efek slow motion ini akan jadi lebih sempurna jika di dukung dengan gerakan yang bagus juga.

Dengan slow motion Kita menginginkan penonton video agar fokus pada menit2 / detik2 tertentu. tujuan sudah jelas selain agar penonton bisa melihat / mengikuti gerakan dengan lebih detail slow motion akan membuat video menjadi lebih punya kekuatan "art" atau seni sehingga akan terlihat lebih memukau.

Lihat juga :  Cara Mengedit Memotong Dan Menggabungkan Video paling Mudah

Untuk membuat video bergerak sangat lambat di perlukan program yang saya rasa sobat bisa menemukan banyak sekali program video editor yang punya tool untuk mengerjakan tugas tersebut. Dan bagi sobat yang pernah mengedit video sebelumnya cara ini sangat mudah bahkan sobat bisa mengerjakannya dalam beberapa menit saja. saya juga menyertakan tutorial video agar siapapun bisa dengan mudah memahaminya.

Baca artikel ini juga :  Cara Membuat Video Slideshow dari Foto dengan Musik Hanya Dalam 5 Menit

Program yang akan kita pakai adalah Movie maker yang bisa sobat download dengan gratis. Windows movie maker ini sudah di lengkapi dengan tool mengatur waktu, split, durasi, trim, mengubah volume video dan lain sebagainya. kecepatan video ini bisa sobat atur sesuai keinginan. di dalam tutorial ini sobat cukup menggunakan tool split dan speed untuk membuat slow motion namun jika sobat ingin menambahkan dengan efek lainnya silahkan saja tidak ada yang melarang kok.. hehe..

Artikel terkait tentang windows maker :
Cara Detail Membuat Video Menggunakan Windows Movie Maker Windows 7
Cara Memberi Tulisan Text / Subtitle pada Video Dengan Movie Maker

Lalu bagaimana cara mengedit video slow motion dan bagaimana mengganti kecepatan video pada menit / detik-detik tertentu saja. Selengkapnya mari kita belajar bersama.


Cara Edit Video Slow Motion pada menit tertentu menggunakan Windows Movie Maker 


Seperti yang sudah dijelaskan di atas Untuk membuat efek slow motion ini cukup dengan program gratis  / freeware saja. Windows movie maker ini selain populer cara operasionalnya pun tergolong mudah. namun jika sobat ingin belajar sendiri menggunakan program lain ada beberapa rekomendasi software untuk mengedit video yang bisa sobat baca di artikel di bawah ini.

Lihat juga : 11 Software / Aplikasi Edit Video PC 100% Gratis Terpopuler

okey lets start.. 
  1. Jika di Komputer / PC / laptop sobat belum ada aplikasi windows movie maker nya sobat bisa download gratis dan instal program tersebut seperti biasanya sobat menginstal. untuk mendownload program movie maker sobat bisa menuju ke direk link ini atau lewat artikel di bawah ini.   

  2. Direct Link : Download windows movie maker offline installer Windows 7 8 10

    Baca juga  : Download Movie Maker Gratis Windows 7 Dan 8

  3. Setelah program windows movie terinstal silahkan Drag & Drop video yang akan di jadikan slow motion ke program windows movie maker. 
    cara membuat slow motion

  4. Pertama kali sobat bisa mencari bagian video mana yang akan sobat beri efek slow motion, sobat bisa mencari nya dengan menggeser garis warna hitam yang ada di timeline video ke arah kiri atau kanan atau ke bawah. usahakan pengambilan posisi gerakan pada posisi yang tepat.
    cara mengedit video slow motion

  5. Jika sudah ketemu posisi awal video yang akan di slow motion selanjutnya adalah di split / di pisahkan caranya dengan klik "edit" lalu pilih "Split"
    cara membuat video bergerak lambat dan pelan

  6. Setelah di split sobat Sobat bisa melihat video yang sudah di pisah tersebut seperti gambar di bawah ini, seperti yang terlihat pada gambar di bawah yang saya beri garis kotak itu adalah bagian awal video / gambar yang akan di berikan efek slow motion. berikutnya nanti adalah menentukan dimana akhir slow motion nya.
    cara membuat slow motion pada menit tertentu dengan mudah

  7. Nah.. Berikutnya sama dengan cara pada nomer 3 silakan tentukan posisi akhir slow motionnya, Jika sudah ketemu silahkan split lagi dengan memilih pada menu "edit" lalu "Split".  
    cara membuat slow motion dengan windows movie maker PC

  8. Seperti yang sobat lihat pada gambar di bawah ini video sudah di split menjadi tiga bagian. sobat bisa select / klik pada bagian tengah lalu tentukan kecepatan video. pilih speed disana sobat bisa mengatur pada angka yang sudah ada. atau sobat bisa mengisi kecepatan sesuai dengan keinginan sobat sendiri.

  9. Selanjutnya adalah menyimpan hasil video slow motion tadi. misalkan saya disini saya ingin menyimpan  video dengan ukuran ala youtube.
    cara mengedit video agar bergerak menjadi lambat

  10. Terakhir adalah "save"
    tips membuat video slow motion



Video Cara membuat slow motion video dengan movie maker


Jika sobat kesulitan untuk memahami tutorial membuat slow motion menggunakan text sobat mungkin bisa mengikuti panduan membuat slow motion menggunakan video di bawah ini.



Terima kasih dan selamat mencoba. semoga berhasil ..