Cara Membuat Artikel Terkait Simple Di Bawah Artikel Blog

Sobat tentu nya sudah mendengar dengan istilah Tentang Related post dan tentang SEO friendly related post adalah link yang di buat untuk maksud memberikan saran bagi pembaca tentang artikel yang masih berkaitan dengan artikel yang di baca pengunjung, dengan kata lain related post ini di di buat agar pembaca blog lebih betah untuk tetap berada di blog sobat.

Related post ini atau akan muncul secara random dan masih berhubungan dengan postingan yang sedang di baca oleh pengunjung. Sehingga ketika pengunjung melihat related post tersebut kemungkinan untuk mengunjungi postingan pada realted post tersebut akan lebih besar.

Relared post sebenarnya bisa di rubah dengan nama sesuka hati yang terpenting adalah pengunjung mengerti dengan maksudnya misalkan saja bisa sobat ganti dengan Artikel Menarik lainnya, Artikel Selain (judul post), baca artikle Yang terkait, jangan lupa membaca artikel tentang (judul post) lainnya. Artikel terkait, dan lain sebagainya. nah disini saya tawarkan kepada sobat related post yang simple dan mudah cara membuatnya.

Baca juga :
Cara Membuat / Daftar Blog Baru di Blogger Fresh Update 2017
Cara Membuat Dan Mengganti Cursor Sendiri di Blog

Gambar related post / artikel terkait 
gambar related post di bawah postingan

Cara Memasang Artikel  Simple Di Bawah Postingan Blog

  1. Masuk ke blogger sobat 
  2. Pilih Template dan klik Edit Template
    Cara Membuat Related Post blog Simple




  3. Silahkan cari kode </head> disana , setelah ketemu dengan kode itu silahkan copy kode warna biru di bawah ini dan pastekan di atas kode </head>  tadi, jangan lupa untuk megganti angka 500px dengan angka sesuai lebar template milik sobat.

     <style> #related-posts { float : left; width : 500px; margin-top:20px; margin-left : 0px; margin-bottom:20px; font : 11px Verdana; margin-bottom:10px; } #related-posts .widget { list-style-type : none; margin : 5px 0 5px 0; padding : 0; } #related-posts .widget h2, #related-posts h2 { font-size : 20px; font-weight : normal; margin : 5px 7px 0; padding : 0 0 5px; } #related-posts a { text-decoration : none; } #related-posts a:hover { text-decoration : none; } #related-posts ul { border : medium none; margin : 10px; padding : 0; } #related-posts ul li { display : block; background : url(&quot;http://lh3.ggpht.com/_cNpXRtRph18/S76dASm3WGI/AAAAAAAAEJg/AVmw4HhRdsk/rss.png&quot;) no-repeat 0 0; margin : 0; padding-top : 0; padding-right : 0; padding-bottom : 1px; padding-left : 21px; margin-bottom : 5px; line-height : 2em; border-bottom:1px dotted #cccccc; } </style> <script src='https://my-sanah-project.googlecode.com/svn/branches-satu' type='text/javascript'/>

  4. Kemudian yang terakhir adalah cari kode <data:post.body/> dan silahkan copy dan patekan kode di warna biru bawah ini tepat di bawah kode <data:post.body/> tadi, biasanya setiap template mempunyai kode <data:post.body/> lebih dari dua sobat bisa mencobanya mulai dari yang paling bawah atau yang terakhir.

  5. <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <div id='related-posts'>
      <font face='Arial' size='3'><b><h3 style='font-size:13px'>Artikel Terkait Selain  <data:post.title/></h3> : </b></font><font color='#FFFFFF'><b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>,</b:if><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=10&quot;' type='text/javascript'/></b:if></b:loop> </font>
    <script type='text/javascript'> removeRelatedDuplicates(); printRelatedLabels();
    </script>
    </div></b:if>
    >/tbody>
Perhatikan kode yang berwarna hitam di atas itu adalah kode yag bisa sobat ganti sendiri sesuai dengan template milik sobat misalkan kode  FFFFF adalah warna huruf sedangkan angka 10 adalah jumlah. sedangkan kata Artikel Terkait selain itu bisa sobat rubah sesuai dengan kata yang menurut sobat lbih pas di hati.







  • Setelah Selesai simpan Template sobat. 

  • Semoga dengan memasang artikel menarik lainnya atau artikel terkait bisa menambah wawasan untuk sobat sekalian, semoga berhasil . selamat mencoba