Cara Membuat Tulisan Air & Tetesan Air Hujan di Photoshop Keren Seperti Nyata

Banyak sekali efek-efek menakjubkan buatan aplikasi edit foto yang bernama photoshop ini. Dengan kreatifitas, sobat akan menemukan banyak hal yang bisa di gali lewat software edit foto terbaik ini. Pada postingan kali ini saya mencoba membuat tutorial / trik photoshop yaitu membuat efek tetes air hujan dimana efek ini di buat oleh fitur lanjutan di kotak dialog Layer Styles. Efek yang terlihat mirip tetes air hujan ini bisa sobat aplikasi pada gambar apa saja sehingga "penyatuan" tersebut akan membuat gambar menjadi kaya akan seni.

Hal tersebut tentu sangat menyenangkan jika bisa sobat aplikasikan pada objek yang lain sehingga membuat gambar lebih hidup dan lebih keren.Sedangkan Kelebihan efek “air” ini adalah, bisa diaplikasikan hanya pada satu layer.


Jadi setelah menciptakan efek ini, sobat bisa menyimpan menggabungkannya pada gambar apapun yang memiliki tepian yang tegas. Ini juga berarti sobat bisa melukis layer gambar yang diberi efek style dan hasilnya akan terlihat “hidup”.

cara membuat efek air tetes hujan di photoshop


Penting :
perhatikan spesifikasi berikut ini untuk menghasilkan efek yang lebih maksimal.  Spesifikasi image : 1117 x 865 pixels dengan 266 dpi, RGB color . spesifikasi font : Present, Regular, 60 point .

Lihat tutorial photoshop lainnya : 
Cara Membuat Efek Pandangan Menembus Gelas (kaca) Di Photoshop
Cara Membuat Tool Efek Brush (jadi ) Asap Di Photoshop Dengan Mudah
Cara Membuat Efek Cermin Ajaib di Photoshop Dengan Mudah dan Cepat


Tutorial photoshop cara Membuat Efek Tulisan Air Dan Tetesan Air Hujan di Photoshop


Disini sobat akan membuat kombinasi yang sempurna antara tulisan yang mirip seperti tulisan air dan tetesan yang mirip dengan air hujan. Sobat bisa bereksplorasi sendiri dengan ide-ide kreatifitas sobat sendiri. Seperti yang sobat lihat disana tetes air hujan seolah membasahi area tulisan sehingga kombinasi ini akan menciptakan sebuah karya yang keren dengan penampakan seperti nyata. Okey.. lets start.. 

Baca juga : 
Cara Menggabungkan Foto/Gambar Jadi Satu di Photoshop Seperti Nyata

  1. Tambahkan Layer Baru.

    cara membuat tetes hujan di photoshop
    Tambahkan layer Baru di atas layer yang ingin sobat beri efek “basah” dan lukis satu bentuk titik hujan.

    Pilih Menu Layer > New > Layer, klik OK, atau klik ikon Create a New Layer dibagian bawah Layers palette. Ini akan menciptakan Layer 1.


    Tekan (D) untuk menetapkan warna default, sehingga hitam menjadi warna foreground.

    Aktifkan Brush tool (B) dan di Options Bar di atas, setel pada angka 19 pixel, hard edged brush, Normal, Opacity 100%. Sekarang, lukis setitik warna hitam pada Layer 1.

    Ini akan menjadi bentuk yang akan kita gunakan untuk membangun layer style Aktifkan Zoom tool (Z) dan klik pada lukisan titik sobat untuk melihatnya lebih dekat. 


  2. Tata Layer Style dengan mengurangi Fill Opacity.

    Dobel klik thumbnail Layer 1 di Layers palette untuk membuka kotak dialog Layer Style.
    Lanjutkan pada  Blending section dan rubah Fill Opacity menjadi 3%. Ini akan mengurangi opacity untuk fill pixels namun  tidak merubah bentuk titik pada layer.
    Catatan : Langkah ini akan menjadikan gambar titik pada Layer 1 hampir hilang. 


  3. Tambahkan Bayangan Pada Titik Hujan.

    membuat bayangan pada titik air hujan di photoshop
    Klik Drop Shadow (bukan bagian check box), pada daftar efek disebelah kiri kotak dialog. Pada Drop Shadow di bagian kanan, setel Opacity  100%, rubah jaraknya menjadi 1 px dan ukurannya mmenjadi 1 px.

    Pada bagian Quality, klik panah kecil disebelah kanan kurva thumbnail Contour.  Pilih Gaussian curve. Inilah tampilannya. 


  4. Tambahkan Soft Interior Shadow.

    interior shadow untuk membuat tetes mirip air hujan di photoshop
    Klik Inner Shadow di sebelah kiri kotak dialog. Pada bagian Structure seteal Blend Mode ke Color Burn, Opacity 43%, dan Size to 10 px. 

  5. Beri Tambahan Interior Shadow Disekitar Tepi Titik Air.

    Tambahkan Interior Shadow Disekitar Tepi Titik Air di photoshop
    Klik Inner Glow dibagian kiri kotak Dialog. dibagian Structure setel Blend Mode menjadi Overlay, Opacity 30%, dan kotak warna menjadi hitam.

    Untuk merubah kotak warna menjadi hitam, klik kotak tersebut dan buka Color Picker, drag kursor ke warna hitam dan klik OK. 


  6. Tambahkan Highlight Dan Interior Glow Pada Titik Hujan.

    Highlight Dan Interior Glow Pada Titik Hujan photoshop
    klik Bevel and Emboss dibagian kiri kotak dialog. Dibagian Structure setel the Technique menjadi  Chisel Hard, Depth 250%, Size 15 px, dan Soften 10 px. Dibagian Shading, setel Angle  90, Altitude to 30 dan Highlight Mode Opacity 100%.

    Lalu  setel Shadow Mode ke Color Dodge, kotak warna putih dan  Opacity 37%. Lengkap sudah Layer Style, namun jangan klik OK dulu.


  7. Simpan Layer Style Ini Untuk Penggunaan Lebih Lanjut.

    Klik tombol New Style di sisi kanan kota dialog Layer Style dialog. Ini akan membuka kotak dialog dimana sobat bisa memberi nama. Lalu klok OK untuk menyimpannya.

    Catatan :
    Setelah disimpan, maka sobat akan bisa menemukannya di bawah Window, Show Styles, di posisi thumbnail terakhir.
    Nah, sekarang klik Ok untuk menutup kotak dialog Layer Style.

    Di Layers palette, klik panah disebelah ikon Layer Style untuk menyembunyikan style.sobat bisa menambahkan titik hujan lagi pada Layer 1.
    Aktiifkan brush tool (B) dan lukis di manapun yang sobat inginkan. sobat juga bisa mengunakan Eraser untuk mengedit atau menghapus gambar titik hujan yang sudah ada.

  8. Tambahkan Layer Teks Pada Dokumen Aktifkan Type Tool (T).

    Pada options bar dibagian atas, klik tombol Palettes untuk membuka Character palette. Pada Character palette pilihlah font.

    Setel warnanya sebagai hitam. Lalu klik pada Paragraph tab dan klik tombol Center Text di sebelah atas kiri palette. Sekarang klik di tengah dokumen dan ketik teks “Rain Drops”.

    Untuk merubah posisi tulisan, gerakkan kursor diluar teks sampai kursor berubah menjadi move icon, lalu klik drag. Untuk menerapkan teks, klik tanda centang di sebelah kanan atas atau tekan Ctrl-Enter.

    Ini akan menghasilkan layer teks, Rain Drops.


  9. Tambahkan Layer Putih Baru Dibawah Layer Teks Dan Merger Layer Teks

    Merger Layer Teks  tulisan seperti air di photoshop
    Aktifkan layer teks “Rain Drops”, kkemudian buatlah layer baru dibawahnya dengan menekan tombol Ctrl+klik ikon New Layer disisi bawah Layers palette.

    Ini akan menciptakan Layer 2. Isi Layer 2 dengan warna putih dengan menekan tombol (D) untuk mengeluarkan warna default.

    Kemudian pilih menu Edit> Fill> Background Color atau tekan Ctrl+Backspace untuk mengisinya dengan warna Background. Aktifkan layer teks Rain Drops. Pilih menu Layer> Merge Down atau Ctrl+E. Ini akan menyatukan layer teks dengan Layer 2. 


  10. Roughen the edge.

    Roughen the edge untuk membuat teks seperti air di photoshop
    Dengan Layer 2 masih aktif, pilih menu Filter> Pixelate> Crystallize.Setel nilai Cell Size menjadi 10 dan klik OK.


  11. Buramkan Teks Tersebut

    membuat tulisan seperti air bening di photoshop
    Tetap dengan Layer 2 masih aktif,

    pilih menu Filter> Blur> Gaussian Blur. Pada dialog, setel Radius menjadi 5.0 pixels lalu klik OK.


  12. Perhalus teks dan pertegas tepinya dengan menambah kontras

    cara membuat tulisan seperti air di photoshop
    Masih tetap aktifkan Layer 2 pilih Image > Adjust > Levels. Pada dialog Levels, setel Input Levels to 160, 1.00, 190 dan klik OK


  13. Buat Selection Dari Text Dan Hapus Area Yang Putih.

    Untuk menmuat selection dari Layer 2 tekan Ctrl+Alt+~ (Windows). Cara lainnya dengan mengklik Channels tab, lalu klik ikon Load Channel as Selection icon disisi bawah palette.
    Pilih area berwarna putih dan tekan Backspace  untuk menghapus area di sekitar teks tersebut. Sekarang  hilangkan selection dengn Ctrl+D


  14. Terapkan Layer Style Yang Disimpan Ke layer Teks 

    Masih Layer 2 yang aktif. Buka menu Window> Show Styles untuk menampilkan Styles palette.
    Letakkan style Rain Drops  yang sobat simpan di thumbnail akhir dari list. Lalu terapkan pada layer 2.
 Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Labels: Trik Foto, Tutorial Photoshop

Thanks for reading Cara Membuat Tulisan Air & Tetesan Air Hujan di Photoshop Keren Seperti Nyata. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Membuat Tulisan Air & Tetesan Air Hujan di Photoshop Keren Seperti Nyata"