Tips Trik Menggunakan Mouse di Excel yang Masih Jarang di Ketahui

Kata sebagian orang, Excel adalah salah satu program yang paling "membosankan". Namun sebagian dari mereka justru berpikir sebaliknya. Excel merupakan program yang menyenangkan untuk di pelajari. Program Microsoft Office Excel ini bisa di perdalam dan banyak hal yang menarik yang akan sobat temukan disana.

Salah satu hal yang di angkat disini adalah tentang bagaimana menggunakan  mouse yang bertujuan untuk mempercepat waktu atau proses pekerjaan sobat dalam membuat tugas sobat. Dan barangkali di antara sobat masih banyak yang belum mengetahuinya.

tips trik bagaimana menggunakan mouse pada program microsoft Office Excel


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa di Office Excel terdapat banyak sekali rumus-rumus yang harus di ketahui. Excel tak hanya program yang berguna untuk membuat kolom dan garis namun Excel sudah di lengkapi dengan sistem yang canggih untuk menghitung dengan sangat cepat.

Jika sobat bisa menguasai program ini sobat bisa menghitung berbagai macam penghitungan dengan cepat. Nah bagi sobat yang ingin mempelajari beberapa trik mouse yang bisa sobat lakukan saat menggunakan Axcel berikut ada beberapa trik yang bisa sobat lakukan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Tips trik lainnya : 
Cara Mengunci / Memberi Password di Word / Excel Dengan Mudah
Puluhan Aplikasi Laptop / Komputer Terbaru Bikin (windows) Naik Level
Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013

Tips Trik Menggunakan mouse di program Excel untuk mempercepat tugas


Sobat harus mempelajari beberapa trik keren dalam aplikasi MS. Office Excel, agar semakin efisien dalam produktifitas kerja Sobat. Tip-tip berikut ini akan sedikit menghemat waktu  kerja, namun Sobat mungkin akan kagum atas efisiensi yang bisa Sobat dapatkan ketika bekerja dalam waktu yang lama.

Trik 1 : Dobel Klik untuk “Rename” Worksheet.


Untuk mengganti nama worksheet, sobat tidak perlu klik kanan dan memilih “Rename Sheet”. Cukup dobel klik nama worksheet dan gantilah ! simpel bukan ?

Mungkin hal ini hanya sedikit menghemat waktu, namun jika sobat bekerja dengan banyak worksheet, maka tips ini akan sangat berguna.



Trik 2. Klik Kanan Mouse untuk melihat list Worksheet


Klik Kanan Mouse untuk melihat list Worksheet di excel
Klik tombol kanan mouse di mana saja pada ikon panah yang berada di sebelah kiri bawah workbook. Maka akan tampil daftar worksheet dari workbook Sobat, dan silakan pergi ke worksheet yang Sobat inginkan. Jika worksheet Sobat cukup, maka tips in akan sangat berguna. Sobat tidak perlu repot menggeser satu persatu setiap worksheet.

Apabila worksheet Sobat lebih dari 16,  maka Excel akan menampilkan opsi menu untuk melihat sisa worksheet dengan pilihan “View More”
Tips ini juga berguna untuk aplikasi MS Office lain seperti MS Office Word.

Trik 3 : Memilih Worksheet yang tidak bersebelahan


Untuk memilih beberapa worksheet yang tidak bersebelahan, Sobat bisa menekan tombol Ctrl + Klik Kiri.
Pertama, klik nama worksheet yang Sobat inginkan, lalu terus  tekan tombol Ctrl dan klik pada worksheet lain yang Sobat inginkan, bisa worksheet 3, 5 atau 7 dan seterusnya.
Sheet pertama tetap akan aktif dipilih, sedangkan sheet lain bisa kita batalkan untuk dipilih dengan mengkliknya sekali lagi.

memilih Worksheet yang berurutan dan bersebelahan

Untuk memilih Worksheet yang berurutan dan bersebelahan, Sobat bisa menggunakan trik di atas, namun yang perlu digunakan adalah tombol Shift. Lakukan langkah sebagaimana dijelaskan di atas. Dengan menekan tombol Shift+Klik Kiri.

Trik 4 : Mengedit cell range dalam suatu Formula


Mengedit cell range dalam suatu Formula  di excel dengan mouse
Gunakan mouse untuk mengedit cell range dalam sebuah rumus setelah menekan F2 untuk mengedit rumus yang sudah Sobat buat.

  1. Klik di sel dengan menggunakan rumus yang Sobat inginkan.
  2. Tekan F2 untuk edit rumus.
  3. Excel akan menampilkan border berwarna disekitar masing-masing range pada rumus. Kamu dapat dengan mudah memilih sebuah range dengan mengklik tepinya, kemudian kamu dapat mulai menyeret dan merubah ukurannya.
  4. Tekan Enter untuk terima perubahan-perubahan, atau Esc untuk batal


Trik 5 : Melompat pada baris atau kolom terjauh

Melompat pada baris atau kolom terjauh di excel dengan mouse

Klik pada tepi sebelah kiri cell untuk melompat pada baris paling awal dan sebelah kanan untuk melompat pada baris terakhir. Klik pada tepi atas cell untuk melompat pada kolom paling awal dan klik pada tepi bawah cell untuk melompat pada kolom paling bawah.

cara melompat pada kolom paling bawah di excel dengan mouse

Sobat bisa mengkombinasikannya dengan menekan tombol Shift untuk memilih range mulai dari cell yang diklik sampai awal atau ujung kolom atau baris
Semoga bermanfaat. Terima kasih.