Cara Cek (mengetahui) Jumlah Pajak Kendaraan dg Aplikasi Android

Apakah sobat bingung dimana bisa mendapatkan informasi berapa banyak uang yang akan sobat bayarkan untuk membayar pajak atau berapa jumlah rupiah yang harus sobat bayarkan untuk memperpanjang STNK atau ganti plat nomer kendaraan. Ternyata semua informasi pajak itu bisa sobat dapatkan dengan mudah lewat smartphone android.

Salah satu aplikasi yang berfungsi untuk mendapatkan beragam informasi seputar administrasi kendaraan pajak ini adalah berfungsi untuk mempermudah kita untuk mendapatkan informasi seputar kendaraan kita seperti berapa jumlah pajak dan sanksi /denda. Dan aplikasi gratis ini bisa sobat download lewat plyatore.

Untuk membayar pajak sebenarnya bisa kita lakukan lewat aplikasi android. Namun saat ini masyarakat lebih memilih membayar pajak mereka lewat samsat langsung. Dan tentu saja Informasi pajak kendaraan ini akan membantu sobat untuk "mempersiapkan dana" dahulu berapa jumlah uang yang harus anda bawa ketika sobat hendak menuju ke samsat terdekat.

Beginilah cara mengecek jumlah pajak kendaraan sobat dengan menggunakan aplikasi android di smartphone sobat.

Baca juga : 
Cara Terbaru Reset Password akun Internet Banking (ibank) BNI
Cara Terbaru Membuat / Daftar Akun Mandiri Online di Hp Android

Sebelum sobat mengecek pajak kendaraan sobat silahkan persiapkan terlebih dahulu E-KTP dan STNK sobat. Selanjutnya silahkan lihat langkah berikut ini.


Cara Cek pajak kendaraan sepeda motor / mobil dan lain sebagainya di wilayah provinsi jateng


Kebetulan di sini yang saya cek adalah kendaraan provinsi jawa tengah, maka saya menggunakan aplikasi cek kendaraan khusus jawa tengah. Jika sobat memiliki kendaraan atau ingin mengetahui pajak kendaraan untuk wilayah provinsi jawa tengah, ada aplikasi yang bisa sobat gunakan khusus untuk wilayah tersebut yaitu SAKPOLE.

Sebenarnya aplikasi cek kendaraan untuk hp android tidak sedikit sobat bisa mencari aplikasi sejenisnya. Dan bagi sobat yang kebetulan tinggal di provinsi lain, sobat bisa mencari aplikasi di playstore android dengan kata kunci misalkan "samsat jawa timur" atau "cek kendaraan jawa timur, cek pajak sepeda motor, cek pajak mobil dan lain sebagainya. Dan caranya pun kurang lebih sama dengan apa yang saya lakukan di bawah ini.





Slengkapnya berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi yang saya maksud. Informasi yang sobat dapatkan meliputi jumlah sanksi / denda yang harus di bayarkan.
  1. Silahkan download aplikasi cek kendaraan berdasarkan provinsi sobat. Disini saya menggunakan cek kendaraan untuk wilayah jawatengah dengan aplikasi SAKPOLE lewat playstore di hp android sobat.

  2. Download sakpole Google play

  3. Setelah sobat instal aplikasi SAKPOLE ini, silahkan buka dan silahkan menuju ke menu "PENDAFTARAN"

  4. Silahkan isi kolom tersebut. dengan nomer kendaraan, nomer NIK, dan 5 angka terakhir nomer kode mesin kendaraan sobat. kemudian klik "DAFTAR". 
    cara cek pajak kendaraan dengan aplikasi android





  5. Selanjutnya sobat akan mengetahui informasi kendaraan yang akan sobat cek seperti gambar berikut ini. informasi kendaraan tersebut meliputi Nama pemilik, alamat, Merk, jenis, tipe, isi silinder, warna dan lain sebagainya.Silahkan pilih "LANJUT"
    cara mengetahui berapa jumlah pajak sepeda motor
     

  6. Berikut adalah jumlah pajak yang harus di bayarkan ke Samsat. Sebenarnya sobat juga bisa melanjutkan untuk membayar dan mengambil kode bayar. Namun banyak yang memilih untuk membayar langsung lewat samsat.
    jumlah pajak kendaraan di aplikasi sakpole jateng

Gimana, mudah bukan.. selamat mencoba ..