Cara Edit / Membuat Video Green Screen di Filmora untuk Pemula

Masih tentang aplikasi edit video terbaik Filmora. Setelah beberapa hari yang lalu menulis tentang cara edit/membuat video dengan filmora, sekarang kita akan mencoba mengupas fitur yang ada di dalamnya. Yaitu green screen. Filmora selain di kenal sebagai aplikasi yang memiliki efek berlimpah ternyata juga sudah di lengkapi dengan fitur green screen.

Ya.. Green screen dimana sobat bisa menghapus video dengan latar belakang warna hijau ini ketika sobat letakkan pada video lain. jadi, video green screen ini seolah menyatu menjadi obyek yang ada di dalam video lainnya padahal sebenarnya obyek tersebut berasal dari video green screen.

Mungkin sobat pernah menemukan video-video di youtube tentang cara pembuatan film atau istilah kerennya adalah behind the movie. Disana sobat sering melihat sebuah adegan dimana sang aktor berakting di depan layar yang berwarna hijau atau biru.

tutorial cara edit video green screen


Ya.. ternyata menempatkan background berwarna hijau pada setiap adegan dalam film ini tentu bukan tanpa alasan. Green screen yang sobat lihat tersebut merupakan perlangkapan dalam dunia perfilman yang berfungsi untuk menhidupkan setiap karakter dimanapun mereka "ditempatkan".

Apakah sobat juga bisa melakukan itu?
Tentu saja, Dengan fitur green screen ini sobat bisa menempatkan objek / karakter entah itu object berupa manusia ataupun animasi pada video yang sobat inginkan. Green screen ini nantinya akan di hapus background nya sehingga membuat seolah-olah setiap karakter yang sobat tempatkan benar-benar berada nyata dalam satu ruangan.

Sejak munculnya greenscreen, industri perfilman mengalami banyak perubahan. Greenscreen sendiri saat ini bisa di lakukan oleh banyak aplikasi edit video gratis maupun program video editor pro salah satunya adalah Filmora. Meskipun untuk "memaksimalkan" green screen pada Filmora ini masih sederhana jika di bandingkan Adobe premiere. Namun dengan Filmora sobat bisa mengedit Greenscreen jauh lebih mudah.

Menggunakan teknik greenscreening pada filmora berbeda dengan cara menggunakan greenscreen di premiere. untuk seorang pemula yang baru belajar tentang green screen, saya rasa filmora ini adalah pilihan terbaik. Karena dengan program filmora ini, sobat bisa membuat efek greenscreen dengan sangat mudah dan cepat. Mari kita coba praktekkan..

Bacaan terkait : 
Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula
Cara Membuat Video Slideshow Dari Foto Dengan Musik Hanya Dalam 5 Menit


Cara edit atau membuat video Green Screen dengan Filmora


Sebelum sobat mulai praktek bagaimana green screen bekerja. sobat membutuhkan setidaknya 2 video yang akan sobat gabungkan. video yang pertama adalah video green screen efek  dan yang kedua adalah video background / latar belakang. Sebagai contoh disini saya ingin membuat pesawat yang jatuh di jalan persawahan.

Maka video yang saya butuhkan adalah video sebagai latar belakang jalan-jalan persawahan. Dan video yang kedua adalah video greenscreen berupa pesawat yang jatuh. keduanya akan di gabungkan menjadi satu. Kemudian background greenscreen akan di hapus.

Bagi sobat yang mungkin masih pemula dalam mengedit video, ada baiknya sobat lihat dan pelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat dan mengedit video dengan filmora.

Tutorial Cara Edit (Membuat) Video Dengan Filmora di PC untuk Pemula

Okey, sebagai bahan latian membuat efek video greenscreen, sobat bisa mencari video efek greenscreen di youtube, atau sobat bisa membuat video sendiri dengan kamera handphone sobat. kemudian sobat bisa membuat video greenscreen nya dengan kain warna hijau sebagai background.

Atau sobat bisa belajar membuat video greenscreen dengan video yang saya buat sebagai tutorial di bawah ini, silahkan download videonya pada link yang ada di bawah ini.


  1. Download bahan video background sawah
  2. Download bahan 3 greenscreen effect


Setelah sobat download semua bahan video tersebut, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini.




  1. Silahkan buka program edit video filmora, kemudian lakukan drag dan drop bahan video yang telah sobat persiapkan ke (media) program filmora. Video yang pertama adalah video background berupa sawah yang sobat gunakan sebagai background atau latar belakang ini letakkan di atas video greenscreen effect sedangkan semua video green screen efek ini letakkan di timeline bagian bawah. Jadi video bakcground di atas sedangkan greenscreen di bawah. Lihat gambar di bawah ini.
    drag dan drop video greenscreen  filmora


  2. Arahkan mouse pada video green screen, kemudian klik kanan lalu pilih "green screen"
    klik kanan dan pilih greenscreen effect


  3. Pada tab menu "effect" ini silahkan centang  "make parts of the clip transparent" silahkan atur intensity lalu klik "ok"
    mengatur greenscreen efek video
     






  4. Jika disini sobat memiliki 3 buah green screen effect maka lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya. silahkan atur posisi masing-masing video green screen dengan cara mengeser ke arah kiri atau ke kanan sehingga mendapatkan posisi green screen yang menurut sobat paling bagus.
    mengatur letak greenscreen di timeline filmora


  5. Sobat juga bisa mengatur ukuran (besar, kecil)  / posisi (kanan-kiri atas bawah) video green screen. Caranya silahkan klik video green screen effect yang ada di timeline akan di rubah ukurannya  kemudian letakkan garis putih hingga berada pada posisi seperti gambar di bawah ini. Kemudian rubah ukuran dan posisi video yang ada pada video preview. Sobat bisa menggeser atau mengatur ukuran effect green screen sesuai yang sobat inginkan.
    mengatur posisi yang tepat di video greenscreen effect


  6. Jika sudah selesai mengatur green screen, silahkan simpan video dengan mengklik "eksport" 
    cara menyimpan video di filmora


  7. Silahkan tentukan format video yang sobat inginkan. di sana banyak sekali format video yang bisa sobat pilih. Seperti contoh di sini saya  memilih ukuran video untuk smartphone. klik eksport.
    cara menentukan format video di filmora
     
  8. Video sudah selesai di buat. Dan hasil video yang sudah saya buat dari tutorial di atas akan tampak seperti video di bawah ini. 
Bagaimana, ternyata mudah bukan membuat video dengan efek green screen itu, selamat mencoba semoga berhasil deh...