Cara Upload File Apa saja (Foto,Video,Document) ke Google Drive Android

Sebenarnya banyak sekali situs ataupun aplikasi penyimpan data gratis di internet yang bisa sobat gunakan untuk berbagai macam backup file, salah satunya adalah dropbox, solidfiles, onedrive, box dan lain sebagainya. Untuk layanan penyimpan data yang gratis sendiri masih di batasi pada space terentu. Dalam hal ini Google drive yang free hanya memberikan ruang sebesar 15GB.

Menyimpan file entah itu foto ataupun video di smartphone saat ini sudah menjadi hal yang biasa di sehari-hari. Jika ingin koleksi foto, video atau file apa saja tetap aman meskipun smartphone maupun memoy SD hilang atau rusak, sobat bisa menyimpan semua file tersebut ke  internet. Dan Google drive adalah salah satu layanan penyimpan data gratis untuk semua macam jenis file seperti foto, video, document, program/aplikasi dan lain sebagainya.

Cara upload file berupa foto ataupun video ini adalah salah satu cara menyimpan data secara online. File tersebut akan berada di internet selama pengguna tidak melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan yang berlaku. Mirip di sosial media facebook, selamat sobat tidak melakukan hal yang melanggar, akun facebook tersebut akan tetap aman.

GoogleDrive sendiri adalah aplikasi built in di setiap smartphone android. Sobat pastinya sudah banyak yang mengetahui tentang layanan gratis yang di berikan google ketika kita mendaftarkan akun disana. Layanan-layanan gratis google yang paling populer salah satunya adalah sebagai berikut :

  1. Gmail
  2. Youtube
  3. Drive
  4. Blogger
  5. Google map
  6. Google bisnisku
  7. Google Adsense
  8. Gtalk
  9. Google Translate
  10. Dan lain sebagainya.


Setiap layanan di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dan Google drive sendiri adalah layanan google untuk menyimpan file untuk siapa saja secara gratis.  Setiap pengguna android yang memiliki akun google di berikan ruang sebesar 15GB secara gratis. Akun google tersebut juga bisa di akses di google drive dengan menggunakan akun gmail yang ada di smartphone sobat. Kapasitas sebesar 15 GB tersebut bisa sobat isi dengan file apa saja selama file tidak melebihi kapasitas. 
Sebelum sobat melakukan upload di google drive pastikan di hp android sobat sudah terintegrasi dengan akun google, jika smartphone sobat belum terkoneksi dengan akun google, silahkan daftar akun google terlebih dahulu di hp android sobat. Cara membuat akun di google ini sama dengan cara membuat email di gmail. Kemudian tinggal login dan gunakan akun gmail tersebut agar sobat bisa menggunakan google drive.

Selanjutnya silahkan lakukan up date google drive versi terbaru yang bisa sobat download lewat playstore. Selanjutnya lakukan langkah berikut ini.





  1. Pertama kali adalah membuka aplikasi layanan google drive yang ada di hp android sobat. Kemudian silahkan sentuh tombol + yang ada di bagian bawah sebelah kanan.
    cara upload foto ke google drive
  2. Pilih icon upload  
    cara upload video ke google via android
  3. Pilih image (gambar) / video yang ada di memory internal. atau yang ada di external storage.  
    cara unggah file ke drive di hp android
     
  4. Jika file foto / video sudah di selesai / sukses di upload sobat bisa melihat tanggal upload di bawah gambar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Proses uploading tergantung besar dan kecilnya file yang sobat upload dan kecepatan koneksi internet sobat.
    cara agar file bisa di upload ke internet google
Mudah bukan.. selamat mencoba..