Cara Cropping Video di Adobe Premiere secara Keseluruhan

Kali ini kita akan membahas lagi tentang tips trik komputer pada adobe premiere pro. Adobe premiere pro adalah salah satu aplikasi edit video terbaik dengan fitur yang melimpah. Bahkan aplikasi ini sering di gunakan untuk membuat film-film sekelas box office dunia.

Ada fitur dasar yang biasanya ada pada program editing video yaitu cut dan crop dimana alat ini di gunakan untuk mengubah ukuran video.

Sebenarnya agak sedikit bingung bagaimana menjelaskan antara cut dan crop. Kedua istilah tersebut adalah memiliki arti yang sama yaitu memotong video. Namun kedua istilah tersebut memiliki metode proses memotong yang berbeda.

Jika cropping adalah memotong / mengubah ukuran panjang atau tinggi pada video sedangkan cutting adalah memotong atau menghilangkan bagian-bagian video yang mungkin ingin di hilangkan.

Lihat juga :
Cara Menggabungkan Foto/Gambar Jadi Satu di Photoshop Seperti Nyata
Cara Membuat Video Slideshow dari Foto dengan Musik Hanya Dalam 5 Menit


Bagi sobat yang baru belajar software ini mungkin akan mengalami banyak kebingungan bagaimana memahami setiap alat yang ada di premiere ini. Dan mungkin salah satunya adalah bagaimana cara croping.

Pada teknik croping editing video di premiere ini ada 2 macam yang pertama mengcroping video pada bagian tertentu saja. yang berikutnya adalah mengcropping video hanya pada bagian tertentu saja.

Disini adalah bagaimana cara mengcropping video di premiere secara keseluruhan. Jadi ukuran panjang dan tinggi video di atur mulai dari awal video sampai akhir dengan panjang dan tinggi yang sama secara otomatis saat proses exporting.

Cara Cropping / memotong video di Adobe Premiere secara Keseluruhan



  1. Buka adobe premiere di komputer dan laptop sobat
  2. Kemudian lakukan seperti biasa sobat menexkport video menjadi format yang di inginkan. File - media - Export






  3. Ini adalah ketika sobat hendak memilih format dan ukuran yang ingin sobat pilih. Pada sebelah kiri pastikan sobat memilih tab "source" kemudian tanpa "cropping" kemudian sobat bisa menyesuaikan ukuran lebar dan tinggi video yang sobat inginkan. Jika dirasa ukuran sudah sesuai keinginan, silahkan export.


  4. Tunggu proses rendering tergantung besarnya ukuran berapa MB /GB video tersebut. 
Okey, ternyata sangat mudah dan cepat bukan..

Selamat mencoba..