Settingan Eksport Video Terbaik Youtube 2021 di Premiere Pro

Selamat datang kembali di blog ini dengan postingan tentang settingan video youtube terbaru 2021 atau settingan ukuran video terbaik yang di rekomendasikan youtube untuk memperolah hasil yang maksimal.

Dalam hal ini adalah tentang bagaimana cara export video menggunakan program terbaik yang biasa sobat sebut dengan Adobe  premiere pro ciptaan Adobe. pada settingan export di tahun 2021 ini, bagaimana caranya.

Sobat mungkin masih bingung bagaimana cara mengatur settingan export / output video manakala video sudah selesai di proses di premiere pro. Format video apa yang paling bagus ketika sobat ingin membuat video yang akan sobat upload ke channel youtube sobat menggunakan program premiere pro.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa premiere pro menyediakan banyak sekali format video dan  dalam setiap format memiliki banyak sekali pilihan settingan seperti presets, video, audio, multiplekster, ftp dan lain sebagainya. Nah, pada hal ini kita akan fokus pada settingan format, bitrate dan frame rate yang di rekomendasikan oleh youtube.

Jika sobat membuat video menggunakan software edit video premiere pro untuk kemudian di upload ke youtube tentunya ada format video terbaik dengan ukuran dan beberapa settingan yang di rekomendasikan oleh pihak youtube.

Kemudian settingan eksport video youtube terbaik itu yang seperti apa?






Bagaimana Setting Eksport Video Terbaik Youtube di Premiere Pro


Pertama dan terpenting, perlu disebutkan bahwa tidak masalah versi Adobe Premiere Pro yang saat ini sobat gunakan selama sobat memiliki Adobe Premiere Pro CS6 atau versi terbaru setelahnya karena settingan eksport versi CS6 dan setelahnya tidak ada perubahan yang signifikan khususnya dalam hal pengaturan ekspor video.

Ketika sobat sudah selesai mengedit video, tentunya sobat harus mengeksport video yang biasanya dengan cara menavigasikan program premiere pada file > ekspor > media. Di panel pengaturan ekspor di bawah format pilih H. 264 yang merupakan codec video yang didukung secara resmi oleh YouTube.

export media premiere pro


Untuk mendapatkan kualitas maksimal dari pengeditan video, sobat perlu men-tweak pengaturan bitrate lebih lanjut yang memang bagian paling sulit dari proses di mana kebanyakan orang menjadi bingung. karena settingan tersebut di pilih berdasarkan video dengan ukuran dan kualitas tertentu.

Lihat juga : 
Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula
9 Software / Aplikasi Pemutar Video PC Gratis Terbaik Terbaru 2020

Menurut rekomendasi YouTube resmi, bitrate tipikal video HD harus disetel ke 8 Mbps. Perlu disebutkan bahwa tidak ada batas bitrate yang diperlukan, meskipun, YouTube menawarkan beberapa bit rate yang direkomendasikan untuk referensi yang dapat sobat temukan di bawah ini.

Pada gambar di bawah ini sobat bisa melihat aturan bitrate yang bisa sobat jadikan patokan. Misalkan sobat  mengupload video tipe 4K di youtube, maka sobat harus mengatur bitrate antara 35 dan 68 Mbps tergantung pada frame rate dari Footage sobat.

bitrate video youtube yang di rekomendasikan


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya Misalkan sobat hendak mengedit video HD, video target bitrate harus diatur ke 8 Mbps. Umumnya, tingkat target di Premiere Pro CC adalah pengaturan yang menentukan ukuran sebenarnya dari file yang diberikan; itu bukan bitrate maksimum. Sobat bisa mengubah sebanyak yang sobat inginkan dan biasanya hal tersebut tidak mengubah ukuran video secara signifikan.






Namun, jika ada bagian dari rekaman sobat yang berisi beberapa grafis berkualitas tinggi atau video gerak tinggi, algoritme Premiere Pro akan memampatkan bagian ini menggunakan bitrate maksimum, sehingga mempertahankan kualitas optimal di seluruh video tanpa mempengaruhi ukuran filenya.

Sangat penting untuk dicatat bahwa metode ini akan bekerja hanya jika sobat memilih salah satu 1 Pass atau 2 Pass bitrate encoding. Sebagai aturan praktis, 2 encoding Pass bitrate adalah pilihan yang lebih baik karena memberikan kualitas gambar yang tertinggi. Perlu diingat meskipun bahwa pilihan ini akan memperpanjang waktu rendering, tetapi sobat akan mendapatkan kualitas terbaik dari editing video sobat.

bitrate VBR, 1 pass youtube video


Saya biasanya menetapkan target bitrate untuk 8 Mbps dan bitrate maksimum untuk 16Mbps ketika saya sedang mengekspor video 24p atau 25p HD menggunakan 2 Pass bitrate encoding. Jikapun sobat masih tidak senang dengan hasil akhir, sobat masih dapat men-tweak bitrate maksimum lebih lanjut, tapi dari pengalaman saya sendiri, pengaturan di atas akan lebih dari cukup dalam sebagian besar waktu memberikan keseimbangan optimal antara kualitas gambar dan ukuran file video sobat.