Cara Menggunakan Rufus 2020 untuk Membuat Bootable di Flashdisk

Cara Menggunakan Rufus -  Meskipun sobat bisa membuka intsaller windows yang berformat ISO yang ada di laptop sobat menggunakan winrar/ alat pembuka file ISO, sobat tidak bisa mengcopy isi file ISO tersebut secara langsung ke dalam flasdisk untuk di jadikan alat untuk menginstal laptop. Ada cara tersendiri sehingga flasdisk tersebut bisa berfungsi layaknya CD/DVD installer windows.

Rufus ini adalah salah satu alat yang bisa membuat file windows berformat ISO tersebut bekerja seperti installer windows menggunakan media flashdisk. Rufus seperti alat untuk mengcopy iso file ke flashdisk yang bisa di atue sesuai target system windows yang kita inginkan.

Namun sayangnya, Proses dalam pembuatan instalaller windows menggunakan rufus ini masih membutuhkan waktu yang relatif lama khususnya untuk laptop yang memiliki spek yang rendah. Jadi jika laptop / sobat memiliki spek rendah memang harus sedikit bersabar.. hehe..

Pada fitur Rufus, Untuk windows sendiri terdapat dua skema yang bisa sobat pilih. Jika sobat memiliki laptop versi terbaru dengan hardisk berkapasitas besar skema partisi GPT ini akan lebih cocok untuk laptop sobat. Demikian sebaliknya jika sobat menggunakan laptop keluaran lama partisi MBR ini saya rasa sudah cukup bagus untuk skema partisi di hardisk sobat.

Baca yang ini Juga :
Cara Membuat Dan Membuka (Mount) File Iso Dengan Power Iso
Cara Membuat Video Di Flashdisk Bisa Di Putar di CD/DVD Player


Rufus ini banyak digemari meskipun software banyak program yang serupa. jika sobat ingin mencoba program yang memiliki fungsi serupa dengan rufus, sobat melihatnya  disini disitu terdapat daftar nama-nama life USB system yang bisa  jadikan sebagai alat untuk membuat bootable sesuai Operating sistem yang sobat inginkan seperti  Mac OS X, linux, BSD.

Cara menggunakan rufus ini sangat mudah, maka sobat tidak perlu merasa khawatir akan  jika mengalami eror saat proses pemmbuatan bootable di flashdisk sobat. Sebab kalau ada eror di tengah jalan kan bisa di ulang lagi .itulah kelebihan memakai flashdisk...hehe..

Bagaimana Cara Menggunakan Rufus terbaru untuk membuat Bootable Windows dari ISO File Terbaru


Okey.. dibagian ini adalah bagian utama menggunakan rufus ini dan Seperti yang telah di sebutkan di atas untuk persiapan membuat bootable ini sobat harus mempunyai flasdisk yang kosong (data akan hilang jika ada file di dalam flasdisk) sebaiknya sobat pastikan dahulu sebelum memulai, dan persiapkan juga file windows iso nya.

  1. Pertama Download software rufus  terupdate dan terbaru terlebih dahulu lewat link ini, sobat bisa mendownload yang versi portable dan bagi pengguna windows 8 program Rufus nya sebaiknya menggunakan versi terbaru agar aplikasi bisa ini lancar saat di jalankan.
  2. Colokkan flashdisk yang akan digunakan untuk bootable windows. 
  3. Ketika program ini di jalankan sobat bisa melihat rufus secara otomatis mendeteksi flashdisk (Nomer 1). sedangkan untuk (Nomer2) untuk membuka iso file yang ada di komputer sobat. Sedangkan pada bagian MBR pasangan dengan BIOS ini biasanya di gunakan pada laptop versi lama untuk hardisk dengan ukuran yang lebih kecil. Sedangkan GPT pasangan dengan UEFI biasanya di pakai untuk hardisk dengan ukuran yang lebih besar. Saya sendiri karena laptop yang saya instal awal mulanya berpartisi MBR saya pilih partisinya dengan MBR. 
    cara menggunakan rufus 2020
     

  4. Berikutnya adalah membuka file iso caranya  klik pada gambaran select. sedangkan untuk memilih iso file (operating windows bisa windows 7, 8 dan 10 silahkan  nya klik Open
    cara membuat bootable windows menggunakan rufus

  5. Untuk memulai silahkan klik"start" dan oke untuk memulai proses.
    cara pakai rufus terbaru
      

  6. Silahkan tunggu proses yang mungkin akan membutuhkan proses yang lumayan lama. waktu saya menggunakan rufus ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk ukuran windows 8 OIA (all in one pack) sebesar 4 GB. Semakin kecil ukuran iso file nya akan semakin cepat proses yang di butuhkan. Dan proses ini juga tergantung dari spek pc ataupun laptop yang sobat miliki. Untuk sobat yang memiliki spek biasa tentu akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, jadi sabar saja.. hehe.. 


  7. Jika proses pengcopyan sudah selesai, silahkan tekan tombol "close", 

  8. Untuk membuktikan bahwa flashdisk sudah sukses alias sudah terisi dengan file bootable sobat bisa membuka folder yang ada di flashdisk, kira-kira isi yang ada di dalam folder tersebut terlihat seperti gambar di bawah ini. 
    bagaimana cara menggunakan rufus iso file

Nah.. setelah selesai membuat bootable menggunakan rufus flashdisk akan terisi dengan bootable windows yang sudah langsung bisa digunakan untuk menginstall laptop, dan jangan lupa ganti first boot nya di settingan bios komputer dengan removable disk dan nantinya sistem akan otomatis mendeteksi flashdisk tersebut dan cara penginstalan nya pun sama dengan menginstal menggunakan DVD. terima kasih dan selamat mencoba.