Cara Memutar / Menonton Video DVD/ VCD di HP Android

Sobat tentunya pernah membeli sebuah kaset DVD/VCD entah itu DVD yang berisi Video film, video clip, Video tutorial dan lainnya dari Toko-toko kaset atau di pasar-pasar. Kadang ada keinginan untuk mengcopy dan memutar video tersebut di dalam HP kita.

Nah.. pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar file tersebut bisa di buka lewat Hp Android jika file berformat yang tidak familiar untuk Hp khususnya OS Android. Atau dalam istilah yang lebih mudah di mengerti adalah video pada DVD itu kan VOB / MPEG apakah bisa di putar di HP yang biasanya hanya bisa memutar format 3GP, MP4, MPG, Avi. Kemudian bagaimana cara memutar video tersebut. Jika sobat sekarang ini mempunyai pertanyaan itu, saya harap artikel ini akan membantu sobat semua.

Jika kemaren saya membahas tentang bagaimana cara membuat video bisa di putar di DVD/VCD kalau sekarang sebaliknya yaitu memainkan video DVD agar bisa di tonton di Smatphone.

Baca juga : Cara Membuat Video Di Flashdisk Bisa Di Putar di CD/DVD Player


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa DVD mempunyai format tersendiri dibandingkan dengan HP maupun perangkat eletronik lainnya. Untuk membuat agar format video bisa support di HP android ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan.

Pertama Video DVD yang biasanya berformat VOB itu bisa diputar di HP dengan menginstal aplikasi pemutar video Android dan yang kedua adalah bisa juga dengan mengubah format video menjadi format yang bisa di putar di HP.

Lihat juga : Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Video Sekaligus Memutarnya ke DVD Player

Cara Agar Video DVD Bisa di putar di HP Android  Dengan Aplikasi Video Player



Untuk melakukan trik ini cukup mudah sobat bisa mendownload berbagai aplikasi video player gratis yang sobat inginkan. kemudian buka file video tersebut menggunakan aplikasi tersebut. Ada banyak sekali aplikasi video player yang bisa melakukan semua itu sobat bisa mendownload nya dengan gratis lewat situs google play store. Seperti


  1. MX player
  2. VLC player
  3. Video Player for Android
  4. DVD player
  5. 321 Media Player
  6. Power Media Player
  7. Dan lain-lain
Hampir semua HP Android merek apa saja bisa di instal aplikasi tersebut dan bisa memutar video DVD/VCD. Sebagai contoh video player disini saya menggunakan VLC player yang juga bisa sobat download lewat link di bawah ini.

Download VLC gratis terbaru 2017 via google play
Download VLC gratis terbaru 2017 via offline installer

Artikel terkait : 11 Aplikasi Pemutar Format Video Apa Saja di Android Terbaik Terbaru Gratis

Okey selanjutnya, Bagaimana cara membuka file video DVD menggunakan aplikasi Android. Silahkan copy file DVD ke HP sobat. lalu putar videonya menggunakan aplikasi pemutar video seperti VLC yang ada di bawah ini.

  1. Pertama, setelah sobat download dan menginstal aplikasi video plauer VLC sentuh pada menu atas pojok sebelah kiri seperti pada gambar berikut ini.
    cara memutar video DVD ke HP android

  2. Berikutnya adalah menuju ke folder letak file DVD sobat. pilih Directories untuk mencari letak file videonya.
    cara memainkan video kaset DVD ke Smartphone





  3. Ini Internal memory dimana setiap file bisa berbeda lokasi nya
    cara agar video DVD bisa di mainkan di HP

  4. Setelah ketemu file video DVD nya pilih video tersebut.
    cara memutar file VOB DVD di HP dengan aplikasi video player

  5. Video sudah berhasil di putar di HP Android sobat.
    cara membuka video DVD dengan aplikasi video player


Jika cara di atas belum berhasil / atau sobat memilih cara kedua ini sobat bisa mengganti format semua file yang ada di dalam DVD tersebut menjadi format lainnya yaitu format yang support di Android seperti format Mp4, 3GP, AVI, cara ini memang memakan waktu lebih banyak daripada cara pertama.






Cara agar video DVD bisa di mainkan di Hp Android dengan mengubah format video


Cara membuka file video DVD dengan mengubah format video menjadi format lain. cara ini memang agak panjang dan sedikit rumit dibanding cara sebelumnya. karena disini kita akan menggunakan file converter sebagai alat untuk mengubah format video DVD nya. silahkan download software video converter lewat link yang ada di bawah ini.

Download HD video converter factory gratis terbaru

Selain video converter HD video converter factory di atas tentu saja masih banyak lagi program lainnya. sobat bisa melihat artikel tentang software / program video converter gratis terbaik di bawah ini.

Lihat artikel ini juga :   Download 7 Video Converter Terbaru Terbaik Dan Gratis

Sebagai contoh disini saya menggunakan HD video converter factory. okey kita mulai..


  1. Silahka copy file video yang ada di DVD sobat ke Laptop / komputer tersebut kemudian
    cara agar video kaset DVD VCD bisa di putar di HP

  2. Menuju ke format video
    bagaimana cara memainkan video yang ada di DVD di Hp android

  3. Disana ada banyak sekali format video berdasarkan HP yang sobat miliki, seperti Samsung, Sony Xperia, LG, Lenovo, HTC, Google, Huawei dengan berbagai merek dan lain sebagainya. Namun jika disana tidak ada merek handphone milik sobat sobat bisa memilih "video (Di atas Web)" lalu pilih "3GP / Mp4"
    cara membuat file DVD VCD bisa dimainkan di Hp android

  4. Setelah itu ada bagian yang mungkin ingin sobat ketahui yaitu settingan pada video seperti encode, bitrate, aspec ration, resolution, frame rate dan lain sebagainya. jika masih bingung dengan settingan tersebut sobat bisa lewati langkah ini. langsung klik pada nomer 3 yaitu "Run"
    trik agar file vob DVD player di putar di hp

  5. Setelah selesai klik "open"
    program untuk membuat video DVD bisa di mainkan ke HP nokia samsung sony

  6. Setelah file video DVD di rubah / convert, copy file tersebut ke Hp sobat kemudian putar video tersebut dengan aplikasi video player yang ada di Hp tersebut. 

terima kasih dan selamat mencoba...