Monday, December 11, 2017

Cara Mengganti Font di Hp Android Yang Belum di Root / Sudah di Root


Di hampir semua kasus, font default pada ada pada ponsel atau tablet Android sudahlah cukup. Tampilan huruf terlihat menyenangkan dan biasanya dengan ukuran yang tepat untuk kenyamanan. Tapi, akan selalu ada pengguna Android yang lebih memilih jenis huruf lainnya. Mungkin mereka ingin tampilan yang berbeda. Dan selalu ada jalan untuk melakukannya.

Android adalah sistem operasi seluler yang mengagumkan. Android bisa sobat sesuaikan dengan banyak pilihan yang menyenangkan termasuk adalah memilih font dengan font apa saja yang paling sobat inginkan.

cara mengganti font di android


Dalam panduan ini, Sobat bisa memilih bagaimana cara mengubah font di Android. Dua jenis metode yang dibahas disini adalah  Cara mengganti font dengan root, dan mengganti font android tanpa root.

Lihat juga :
Cara Mengatur Settingan Hp Baru Android Pertama Kali (Dinyalakan)
Cara Simpan (Download) Video/Foto Instagram dengan / tanpa Aplikasi
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)

Cara mengubah font di Hp android yang Belum di Root


Beberapa smartphone sudah memiliki fitur font secara bawaan!
Sementara stok Android tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan font sistem tersebut, banyak produsen telah menyesuaikan perangkat lunak mereka untuk mendukung fitur yang sangat diminta ini, yang memungkinkan sobat mengubah font untuk Android dengan mudah. Ini termasuk perusahaan penting seperti Samsung, HTC dan LG.


Prosesnya mungkin berbeda tergantung pada handset spesifik sobat, namun sobat selalu dapat menemukan opsi ini di setelan. Biasanya di bawah bagian Tampilan. Dari situ sobat bisa mengganti font yang sebenarnya, begitu pula dengan ukuran huruf.

Misalnya, beberapa perangkat Android Samsung memperkenankan sobat mengubah gaya font. Samsung telah menginstal beberapa font tambahan selain default, namun sobat bisa mendapat lebih melalui Google Play Store.

Menempatkan font baru hanya membutuhkan perjalanan singkat ke Settings> Display> Font Style . Cukup ketuk nama font yang sobat inginkan, dan konfirmasikan bahwa sobat ingin mengaturnya sebagai font sistem. Penggantian huruf adalah seketika. Tidak perlu reboot. Font yang dipilih akan ditampilkan di seluruh antarmuka perangkat sobat seperti waktu pada status bar, menu sistem, dan bahkan pada pesan teks sobat.

Mengubah Font dengan Launcher

Adakah cara lainnya ? Jangan khawatir Salah satu cara non-root untuk mengubah font adalah melalui aplikasi peluncur tambahan. Beberapa peluncur kustom mengintegrasikan fungsi pengubah font, sementara sebagian besar lainnya memerlukan sobat untuk menginstal tema.


Salah satu peluncur kustom yang cukup terkenal yang menyediakan cara untuk mengubah font adalah GO Launcher . Silahkan sobat download terlebih dahulu GO Launcher, Sedangkan bagaimana cara mengubah font dengan launcher tersebut silahkan lakukan hal berikut:


  1. Salin file font TTF sobat ke telepon.
  2. Buka GO Launcher.
  3. Temukan aplikasi Alat dan buka.
  4. Ketuk ikon Preferensi .
  5. Gulir ke bawah ke Personalisasi dan pilih.
  6. Ketuk pada Font .
  7. Ketuk Select Font dan ketuk font yang ingin sobat gunakan.


Perubahan akan segera terlihat. Tidak perlu reboot. Jika sobat menginginkan lebih banyak font untuk digunakan dengan GO Launcher EX, download dan instal GO Launcher Fonts .

Mengubah Font Android dengan iFont

Aplikasi iFont juga dapat digunakan untuk mengubah font untuk Android. Satu-satunya masalah adalah bahwa dulu agak terbatas dan terbiasa bekerja hanya dengan perangkat Samsung. Tapi pengembang sekarang telah memperbaharuinya dengan mendukung banyak mereka smartphone seperti Xiaomi Meizu dan Huawei. Serta handset HTC, Sony dan Motorola yang di root.

Pada perangkat yang tanpa root , gunakan tab Online iFont untuk mencari font yang tersedia. Untuk menggunakan font pada daftar, lakukan hal berikut:


  1. Aktifkan pemasangan aplikasi dari "Sumber Tak Dikenal". Opsi ini biasanya dapat ditemukan di Setelan> Keamanan .
  2. Luncurkan iFont Buka tab Online .
  3. Ketuk nama font yang ingin sobat pasang.
  4. Ketuk tombol Download .
  5. Ketuk tombol Set . Atau masuk ke Settings> Display> Font Style . Font yang baru sobat pasang akan muncul pada daftar.
  6. Ketuk font baru untuk menggunakannya sebagai font sistem.
  7. Font diaplikasikan segera. Tidak perlu reboot.


Sobat juga dapat menyalin font TrueType (TTF) dari PC ke direktori / sdcard / ifont / custom ; font tersebut akan muncul di tab Custom . Tapi, untuk bisa memasang dan menggunakan font, sobat memerlukan perangkat root.
iFont gratis dan tidak menampilkan iklan. Ini bekerja cukup baik pada beberapa perangkat (termasuk ponsel non-Samsung).

Baca juga :
3 Cara Reset / Menghapus Data Semua Hp Android (Menu-Dial Number-Tombol)
Cara meNonaktifkan Pola Pengunci Layar Untuk Semua Hp Android


Cara Mengganti Font hp Android yang sudah Root


Jika sobat melakukan root pada ponsel atau tablet sobat, sobat tentu bisa mengubah file sistem dan, dalam proses melakukannya, sobat dapat membuat perangkat sobat tidak berguna. Untuk sobat yang ingin meneruskan bagaimana cara mengganti font pada smartphone yang sudah di root silahkan baca catatan di bawah ini terlebih dahulu.


  • Informasi dalam panduan ini disediakan untuk tujuan pembelajaran dan edukasi saja. Tidak ada jaminan bahwa petunjuk ini akan bekerja sesuai dengan keadaan spesifik dan unik sobat.
  • Gunakan petunjuk ini dengan risiko sobat sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi pada sobat atau perangkat sobat yang timbul dari penggunaan info di panduan ini.
  • Baca dan pahami keseluruhan panduan terlebih dahulu, sebelum benar-benar melakukan instruksi.
  • Lakukan penelitian sobat sendiri.




Ada banyak aplikasi di Play Store

Cara mudah untuk mengubah font pada perangkat Android Root adalah dengan menggunakan aplikasi font changer yang mendukung perangkat. Ada beberapa aplikasi semacam itu di Google Play Store. Kebanyakan dari mereka juga menawarkan fungsi preview yang memungkinkan sobat melihat bagaimana font terlihat seperti.

Dalam subagian ini, tahu lebih banyak tentang dua aplikasi font changer yang patut dicoba: Penginstal Font dan iFont.

Penginstal font
Untuk ponsel root, Font In2staller adalah aplikasi gratis yang hebat untuk mengubah font sistem. Ini memiliki fitur pratinjau font bawaan, jadi saat menggulir ke atas dan ke bawah daftar font bawaan, sobat tahu persis bagaimana tampilannya saat diaktifkan di perangkat.

Ini adalah aplikasi yang didukung iklan. Iklan muncul di bagian bawah. Hapus iklan dengan membeli lisensi.

Untuk memasang file font TTF yang telah sobat simpan ke perangkat sobat:

  1. Salin file font TTF yang ingin sobat gunakan ke perangkat sobat, sebaiknya ke direktori / sdcard .
  2. Luncurkan penginstal font
  3. Sebelum merusak font sistem sobat, diskusikan dulu font default sobat. Ketuk pada tombol Menu (tiga titik) dan pilih Backup / Restore . Pilih Cadangan . Jika Superuser atau SuperSU meminta izin, berikan!.
  4. Ketuk tab Local untuk membuka explorer direktori. Cari file TTF sobat
  5. Ketuk pada file TTF yang ingin sobat gunakan. Dari dialog popup, ketuk Install untuk mengaturnya sebagai font sistem default. (Jika sobat ingin melihat pratinjau font terlebih dahulu, ketuk Preview .)
  6. Jika Superuser atau SuperSU meminta izin, berikan itu.
  7. Font Installer akan meminta sobat untuk me-reboot perangkat sobat. Ketuk Ya .


Untuk memasang font baru dari koleksi font online Font Installer:


  1. Buka tab Server di aplikasi Font Installer untuk melihat katalog font.
  2. Ketuk nama font yang sobat sukai.
  3. Dari dialog popup, ketuk Preview jika sobat ingin melihat contoh teks yang diberikan pada font yang dipilih; atau, ketuk Install jika sobat ingin mendownload font dan mengaturnya sebagai font sistem sobat.
  4. Jika peringatan / pemberitahuan cadangan muncul, pastikan sobat membiarkan aplikasi membackup file font sobat. Ini seharusnya tidak memakan waktu lama.
  5. Izinkan apl melakukan boot ulang perangkat sobat.


iFont

Tidak seperti Font Installer, aplikasi iFont dapat bekerja pada sebagian besar perangkat Samsung (dan beberapa lainnya) meskipun tidak diroot. Tapi, agar memperluas cakrawala sobat menggunakan handset lain, sobat memerlukan akses root. (Ya, sobat juga dapat menggunakannya pada perangkat Samsung Root.)

Untuk mendownload, menginstal, dan menggunakan font khusus menggunakan tab Online:


  1. Ketuk pada font yang ingin sobat pasang.
  2. Ketuk tombol Download .
  3. Ketuk tombol Set .
  4. Jika sobat mendapat konfirmasi tentang menyetel mode ke System Mode , cukup tekan tombol OK .
  5. Perangkat sobat akan melakukan booting ulang untuk menerapkan font baru.


Jika sobat ingin menggunakan file TrueType (TTF) lokal, cukup salin file TTF ke direktori / sdcard / ifont / custom pada perangkat sobat. Kemudian, lakukan hal berikut:


  1. Pada layar utama iFont, ketuk tombol Menu (tiga titik di pojok kanan atas).
  2. Ketuk pada Settings> Change Font Mode . Jika sobat menggunakan perangkat Root non-Samsung, pilih System Mode. Jika menggunakan perangkat Samsung Root, pilih Samsung Mode .
  3. Buka tab Khusus di aplikasi iFont.
  4. Ketuk font yang ingin sobat gunakan.
  5. Ketuk tombol Set .
  6. Jika diminta apakah akan mengubah font, tekan OK .
  7. Jika sobat mendapat konfirmasi tentang menyetel mode ke System Mode, cukup tekan tombol OK .
  8. Perangkat sobat akan segera menerapkan font baru atau reboot untuk menerapkan font baru.


Geeking beraksi

Sejauh ini, saya telah memberi tahu sobat tentang cara-cara yang tidak menyakitkan, bebas keringat, dan mudah untuk mengubah font pada handset Android sobat. Tapi, jika sobat memiliki hati seorang geek, atau sobat hanya menyukai sensasi melakukan hal-hal secara manual, maka sobat akan merasa sangat senang dengan mengubah font secara manual di perangkat Android sobat.

Metode manual ini memerlukan root karena sobat akan merusak direktori sistem yang dilindungi, khususnya direktori / system / fonts , di mana file font yang digunakan oleh perangkat sobat berada. Ada dua metode manual untuk mengubah font - melalui Android Debug Bridge dan melalui aplikasi pengelola file tingkat root. Sebelum saya membicarakan keduanya, mari kita bahas tentang font sistem terlebih dahulu.

Font sistem

Jika sobat cukup berani untuk mengubah font secara manual di Android sobat, file font yang akan sangat sobat minati adalah sebagai berikut:


  • Roboto-Regular.ttf - File font ini adalah sistem yang paling banyak digunakan. Saya melihatnya hampir di mana saja - dari label aplikasi hingga teks menu.
  • Roboto-Bold.ttf - Ini adalah varian dari Roboto. Berbeda dengan tipe huruf biasa, yang satu ini tidak seperti yang sering terlihat. Ada teks tebal di beberapa area pada perangkat sobat, dan wajah font ini kemungkinan besar digunakan.
  • Roboto-Italic.ttf - Ini adalah varian miring dari Roboto.
  • Roboto-BoldItalic.ttf - Ini adalah huruf tebal dan varian miring dari Roboto.



Semua font ini ada di dalam direktori / system / fonts . Sebagai permulaan, sobat mungkin ingin bermain-main dengan file Roboto-Regular.ttf , karena ini adalah sistem yang paling sering digunakan.

Keseluruhan ide umum adalah mengganti file font sistem dengan file font baru yang memiliki nama file yang sama persis seperti aslinya namun berisi tipografi baru yang ingin sobat gunakan.

Misalnya, jika sobat ingin menggunakan file font TTF bernama Times_New_Roman.ttf menggantikan Roboto-Regular.ttf , sobat harus mengganti nama file Times_New_Roman.ttf menjadi Roboto-Regular.ttf dan menyalin file berganti nama (faux) ke direktori / system / fonts .

SANGAT PENTING: Selalu buat salinan cadangan dari file font yang akan sobat ganti sehingga jika terjadi kesalahan, sobat akan memiliki salinan untuk dipulihkan. Misalnya mengganti nama file aslinya menjadi sesuatu dengan ekstensi * .bak , atau dengan "bak" di dalam nama file (misalnya, Roboto-Regular.ttf menjadi Roboto-Regular.ttf.bak atau Roboto-Regular-bak.ttf ). Dengan cara ini, file asli tetap berada dalam direktori yang sama namun dengan nama file yang berbeda.

Juga merupakan ide bijak untuk membuat salinan cadangan pada hard drive PC sobat dan di direktori lain di perangkat Android sobat.


Menggunakan ADB

Sobat dapat menggunakan Android Debug Bridge (ADB) untuk mengubah font di Android. Untuk metode ini, sobat memerlukan yang berikut ini:


  • Perangkat Android Root - akses Root diperlukan agar sobat dapat merusak file sistem yang berada dalam direktori yang dibatasi.
  • Komputer dengan Kit Pengembangan Perangkat Lunak Android (SDK) terpasang dan disiapkan dengan benar
  • Jika menggunakan Windows, driver USB perangkat sobat harus sudah terpasang.
  • ADB harus dapat mendeteksi perangkat sobat.
  • Kabel USB perangkat sobat
  • File font TrueType yang ingin sobat gunakan



Pada langkah-langkahnya, file font bernama Times_New_Roman.ttf digunakan untuk mengganti file font sistem bernama Roboto-Regular.ttf .

1. Di PC sobat, ganti nama Times_New_Roman.ttf ke Roboto-Regular.ttf .
2. Dengan menggunakan metode apa pun yang sobat ketahui, salin kopian Roboto-Regular.ttf ke direktori perangkat / sdcard sobat .
3. Buka terminal atau command prompt pada PC sobat.
4. Jalankan remote shell secara interaktif pada perangkat sobat dengan perintah berikut di terminal atau prompt:
o adb shell
5. Jalankan perintah berikut:
o su
o mount -o remount,rw /system
6. Cadangan file font asli ( Roboto-Regular.ttf , dalam kasus ini) menjadi sesuatu yang lain dengan mengganti namanya:
o cd /system/fonts
o mv Roboto-Regular.ttf Roboto-Regular.ttf.bak
7. Salin file font kopian dari direktori / sdcard ke dalam direktori font:
o cp /sdcard/Roboto-Regular.ttf /system/fonts
8. Pastikan file yang disalin dapat dibaca (baik 644 atau 666). Ini sangat penting. Jika sistem tidak bisa membaca file, sistem sobat akan bootloop:
o chmod 644 Roboto-Regular.ttf
9. Keluar dari shell interaktif:
o exit
10. Reboot perangkat sobat dan periksa apakah font baru telah diterapkan.


Mengganti Font dengan aplikasi pengelola file


Metode alternatif ini sama persis dengan metode ADB, tapi yang ini lebih mudah karena tidak memerlukan perintah mengetik di terminal atau command prompt.
Untuk metode ini, sobat memerlukan:


  • Perangkat root Android - akses Root diperlukan agar sobat dapat merusak file sistem yang berada dalam direktori yang dibatasi.
  • Aplikasi file manager / explorer yang mampu menavigasi ke direktori root (misalnya, ES File Explorer)
  • Membaca dan menulis perizinan untuk direktori / sistem (jika ini di-mount sebagai read-only, prosedur mungkin tidak berfungsi atau sobat bisa merusak perangkat sobat)
  • File font TrueType (dengan ekstensi * .ttf) disalin ke direktori / sdcard atau lokasi lain yang sesuai dengan pilihan sobat



Langkah-langkah berikut menggambarkan proses perubahan font secara manual di Android dengan bantuan aplikasi pengelola file. Langkah-langkah ini menggunakan ES File Explorer; Jika sobat menggunakan aplikasi pengelola file yang berbeda, langkahnya mungkin sedikit berbeda. Sama seperti dalam metode ADB, metode ini menggunakan Times_New_Roman.ttf sebagai contoh file pengganti.


  1. Dengan menggunakan metode yang paling mudah, salin / simpan / unduh file Times_New_Roman.ttf ke direktori yang mudah digunakan di perangkat Android sobat (sebaiknya direktori / sdcard ).
  2. Jalankan ES File Explorer di perangkat sobat.
  3. Ketuk pada tombol Menu , lalu ketuk Settings> Root Settings . Hidupkan "Root Explorer" dan "Up to Root". Jika Superuser atau SuperSU meminta sobat meminta izin, berikan itu. Juga aktifkan opsi "Mount File System".
  4. Arahkan ke direktori / system / fonts . Carilah Roboto-Regular.ttf , tekan lama di atasnya, tekan Rename pada menu, ketik nama baru untuk file tersebut, lalu tekan tombol OK . File berganti nama berfungsi sebagai salinan cadangan Roboto-Regular.ttf asli sobat , kalau-kalau sobat ingin mengembalikannya nanti.
  5. Arahkan ke tempat sobat menyimpan file font yang ingin sobat terapkan sebagai font sistem default (misalnya, Times_New_Roman.ttf dalam contoh ini).
  6. Ganti nama Times_New_Roman.ttf ke Roboto-Regular.ttf dengan mengetuk lama file, pilih Rename , ketik nama file baru, dan ketuk tombol OK .
  7. Ketuk lama file yang baru diganti namanya. Pilih Copy To dari menu popup. Pilih / sistem / font dari browser direktori popup. Ketuk tombol OK untuk menyalin file ke direktori yang dipilih.
  8. Arahkan ke direktori / system / fonts .
  9. Tekan lama file Roboto-Regular.ttf yang baru saja disalin. Pilih Properties dari menu.
  10. Pada jendela dialog Properties , tekan tombol Change . Pastikan bahwa ada tsobat centang untuk izin "Baca" untuk Pengguna, Grup, dan Lainnya. Kemudian, pastikan bahwa ada tsobat centang untuk izin "Tulis" untuk Pengguna. Ketuk tombol OK untuk menyimpan perizinan baru.
  11. Reboot perangkat sobat untuk menerapkan font baru.


Kesimpulan

Mengubah font di Android bukanlah tugas sehari-hari yang kebanyakan orang lakukan di ponsel atau tablet mereka. Tetapi di antara mereka yang perlu mengubah tipografi pada perangkat mereka, sangat menghangat untuk mengetahui bahwa (1) adalah mungkin untuk melakukannya dan (2) ada beberapa cara untuk melakukannya.

Font apa yang termuat di seluruh UI perangkat Android sobat hari ini? Apakah sobat pernah mengubahnya menjadi sesuatu yang lain? Jika demikian, apakah sobat menggunakan salah satu metode yang dibahas dalam panduan ini? Jika tidak, bagaimana sobat mengubah font sistem sobat? Ceritakan kisahmu

0 comments:

Post a Comment