(Tutorial Photoshop) Cara Kontrol Total Contrast Menggunakan 2 Gambar

Photoshop yang sudah lama menyandang sebagai salah satu aplikasi edit foto pc terbaik ini rasanya tidak ada matinya. Selalu muncul trik-trik baru yang bisa membuat mata ini takjub melihatnya. Kali ini kita akan coba trik photoshop mengontrol contral secara total dengan menggunakan 2 buah gambar.

Setelah kemaren kita mencoba trik photoshop tentang membuat tetesan hujan keren, kemudian membuat efek pandangan seolah menembus kaca, cara membuat efek asap dari brush tool dan lain sebagainya. Sekarang kita akan coba membuat turorial tentang total contrast menggunakan 2 gambar.

Kontras adalah permasalahan teknis yang tertinggi didalam fotografi. Di dalam cetak tradisional fotografi, komponen yang paling terbatas adalh cakupan kertas, atau detail         5 f/stops dari highlight ke bayang-bayang. Itulah alasan ditemukannya Sistem Zona yang berguna untuk memanipulasi paparan cahanya dan pengembangan dari  negatif film untuk dicocokkan dengan hasil cetak.

Di dalam darkroom juga ada perbedaan nilai kontras dari kertas foto atau perbedaan variabel filter kontras untuk digunakan dalam penyesuaian kontras.

Dalam Photoshop, saya mencoba menggunakan tehnik berikut ini untuk koreksi dan melakukan penyesuaian keseluruhan kontras dari foto digital. Teknik menggunakan 2 file digital dari kamera digital yang diletakkan pada tripod, salah satu gambar diambil untuk highlight dan gambar yang lain  digunakan  untuk shadow.

Lihat juga : 
Cara Menggabungkan Dua atau Banyak Foto / Gambar Jadi Satu
Cara Edit Menghilangkan Background Foto Dengan Photoshop
Cara Menggabungkan Foto/Gambar Jadi Satu di Photoshop Seperti Nyata

2 image tersebut dikombinasikan bersama-sama dalam layer menggunakan Layer Mask dan Curves menjadi satu image yang berisi highlight dari satu image dan shadow dari image lain dan peppaduan yang baik dari nilai-nilai midtone.

cara Kontrol Total Contrast Menggunakan 2 gambar

Tutorial photoshop cara kontrol total contrast menggunakan 2 Gambar / image


  1. Gabungkan 2 gambar / image dan Crop
    Buka kedua image tadi di dalam photoshop.  Klik Dan drag (menggunakan Move Tool sembari menekan tombol Shift) . image 1 (gambar kurang terang) diletakkan di atas image 2 (gambar lebih terang).

    Hal Ini menjadikan image 1 berada di atas layer image 2 sekaligus menjadikannya sebagai background. Di Layers palette, pilih layer 1 dan aturlah Blending Modee menjadi Difference dan sejajarkan 2 image tadi dengan Move Tool, jika perlu. 

    Crop lah image di sini ( langkah awal Cropping image di sini menjadikan 2 images tetap lurus apabila sobat sudah memindahkannya meskipun hanya sedikit. Simpan image (File> Save As] berilah nama “Combo”. Tutuplah 2 image original tanpa menyimpannya. Kembali ke Normal Blending Mode.
    total kontras dengan Gabungkan 2 gambar
      


  2. Buat Layer Mask dan Paste Layer Background ke dalamnya.   

    Pada file Combo, buatlah layer Mask (Layer > Add Layer Mask > Reveal All) untuk layer 1. Pilih layer background (Select > All) dan Copy (Edit > Copy).

    Tekan tombol Alt+klik Layer Mask, dokumen window akan berubah menjadi putih. Paste layer background (Edit > Paste)  ke Layer Mask. Layer tersebut akan di paste sebagai Black &White Mask
    Buat Layer Mask dan Paste Layer Background ke dalamnya
     


  3. Buat Jendela Baru 
    Pilih menu Window > Arrange > New Window untuk file  Combo.psd  agar bisa melihat efek-efek pada Mask. Sobat akan bisa melihat gambar aktual, karena Sobat akan bekerja pada Mask. Inilah alasan membuat Jendela baru.  


  4. Blur Mask 
    Klik Layer Mask dan  pilih Gaussian Blur (Filter > Blur > Gaussian Blur) dengan radius 5–50 pixel. Sesuaikan blur hingga cukup untuk menghilangkan semua tekstur dan detail. 
     


  5. Sesuaikan kontras Mask dengan Kurva.
    Pilih menu  Image > Adjustments > Curves, sesuaikan contrast dan brightness dari Mask sampai image tampak tepat di jendela baru.  Jangan menggunakan Curves Adjustment Layer di sini karena sobat masih mengerjakan Layer Mask. 
    cara Sesuaikan kontras Mask dengan Kurva
     

    Tutup Jendela Baru sesudah Curves disesuaikan. 


  6. Flatten Image.
    Deselect dan Flatten Image (Layer > Flatten Image
    cara Flatten Image (Layer Flatten Image)
     


  7. Kesimpulan.

    Hal yang hebat dari Photoshop adalah bahwa kita mempunyai lebih banyak kontrol dalam menyesuaikan semua kontras daripada dalam fotografi tradisional. Karena kita bisa menggunakan kedua warna (Black & White) dan warna berbagai image.  Tehnik ini membuat fotografi sobat terasa bebas dan memungkinkan sobat untuk menangkap situasi apapun dalam pencahayaan yang ekstrim dengan mudah.

Semoga bermanfaat. Terima Kasih.


Labels: Trik Foto, Tutorial Photoshop

Thanks for reading (Tutorial Photoshop) Cara Kontrol Total Contrast Menggunakan 2 Gambar. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "(Tutorial Photoshop) Cara Kontrol Total Contrast Menggunakan 2 Gambar"