Cara Saya Melakukan Root Hp Samsung J2 Prime Sampai Sukses

Samsung Galaxy tipe J2 prime ini sepertinya menjadi salah satu tipe favorit di kalangan tertentu . Teman saya sendiri menggunakan hp samsung ini karena selain harga nya yang relatif murah Hp samsung J2 prime ini juga memiliki fitur lumayan asik. Salah satunya dari fitur andalannya adalah Dual SIM GSM dan adanya Flash kamera depan beresolusi 5px.

Berbicara tentang cara root Samsung J2 prime ini, tentu saja setiap pengguna memiliki alasan masing-masing. Saya sendiri mengroot smartphone model ini karena beberapa alasan salah satunya adalah Hp ini memiliki kekurangan pada sisi ruang ekternal yaitu 8GB.

Dan sebenarnya 8 Gb ini bukanlah jumlah yang kita dapatkan secara utuh, ukuran 8GB tersebut sudah di pakai sistem sehingga kita hanya kebagian sisa kurang lebih hanya 3GB saja. Dengan hp yang sudah di root kita bisa menghapus aplikasi apapun atau meindahkan aplikasi yang kita inginkan ke SD card sehingga memory internal masih bisa diselamatkan.

Selain alasan di atas, tentu saja masih ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin melakukan proses root di hp android. Salah satunya adalah :
  1. Ingin mengcustom tampilan aplikasi seperti aplikasi BBM, whatsapp dan lain sebagainya
  2. Mengembalikan file yang sudah di hapus secara menyeluruh
  3. Bisa mengcustom ROM
  4. Sobat bisa mengontrol Kernel dan CPU
  5. Dan lain sebagainya. 
Baca juga : 
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)
3 Cara Reset / Menghapus Data Semua Hp Android (Menu-Dial Number-Tombol)

Hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan rooting Hp android. 

  1. Backup aplikasi / file : Silahkan pindahkan semua file / data penting yang ada di internal memory ke memory lain. Backup disini bisa berupa membackup aplikasi Misalkan aplikasi whatsapp sobat bisa membackup terlebih dahulu whatsapp milik sobat. Jika ingin membackup SMS sobat bisa membackup sms tersebut dengan sms backup. dan lain sebagainya. 

  2. Siap dengan kegagalan dan berani mencoba lagi.. untuk seorang yang belum pernah melakukan rooting proses ini tidaklah mudah, oleh karena itu, sobat harus siap dengan kegagalan dan bahkan jika terjadi eror sistem pada smartphone android milik sobat. 

  3. Cari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyak konsekuensi apa saja yang akan di dapatkan ketika smartphone sudah diroot. Beberapa di antaranya adalah garansi hilang / tidak berlaku.  

  4. Beberapa aplikasi (seperti Bank online ) tidak bisa di gunakan lagi. Dan untuk menggunakan aplikasi tersebut membutuhkan trik khusus lagi.

  5. Dan lain sebagainya. 
Jika sobat sudah siap, mari kita coba memulai bagaimana melakukan rooting menggunakan pc / laptop.

Lihat juga : 
9 Penyebab & Cara Tercepat Mengatasi HP Android yang Lemot

Cara saya melakukan root hp samsung j2 Prime menggunakan PC / laptop


Pada artikel ini saya tulis lumayan lengkap dan mendetail mulai dari awal sampai akhir. Dan ditulis khusus untuk pemula. Semoga saja apa yang saya tulis ini bisa memberikan jalan keluar bagi siapapun yang masih kesulitan melakukan proses root di Hp samsung mereka. Okey.. mari kita mulai..

Persiapan sebelum root pada smartphone j2 prime adalah dengan menyetting terlebih dahulu smartphone J2 prime menjadi developer mode. Dan pastikan baterai cukup untuk melakukan proses rooting. Sedangkan untuk mengubah android pada mode developer options adalah sebagai berikut.




  1. Masuk ke Pengaturan - About Device - Software info -  sentuh build number sebanyak 7 kali hingga muncul "developer mode has ben enable" atau dalam bahasa indonesia " Opsi Pengembang sudah aktif"

  2. Jika sobat sudah melakukan cara di atas sobat akan melihat menu baru yang biasanya ada di bawah menu about device yaitu "developer options" . yang sobat laukan adalah mengaktifkan semua OEM unlock dan USB debugging seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Jika muncul notifikasi sentuh "Allow" / perbolehkan atau  "Ok"


Jika Cara Aktifkan OEM Lock Dan USB Debugging Samsung  di atas sudah di lakukan, selanjutnya adalah menuju ke langkah selanjutnya sebagai berikut :

  1. Pertama kali, ada beberapa file yang harus sobat download terlebih dahulu yaitu sebagai berikut : 

    1. Download USB samsung 
    2. Download TWRP + ODIN
    3. Download SuperSU

  2. Buat folder khusus, kemudian Extract file TWRP+ODIN yang sudah sobat download ke dalam folder yang sudah sobat buat tadi. Sebagai contoh saja, disini saya membuat folder dengan nama SAMSUNG. 
     

  3. Instal USB samsung terlebih dahulu, fungsi USB samsung ini agar PC / laptop bisa mendeteksi smartphone samsung milik sobat ketika smartphone dan PC saling terkoneksi.

  4. Copy kan file SuperSU.zip yang sobat download tadi ke SD card hp sobat. Pastikan sobat tahu dimana letak file superSu itu berada. Saya sendiri meletakkan file superSu ini di luar folder yang ada di SD card saya. 
    menyimpan superSU di SD card hp

  5. Matikan / Power Off hp sobat. 

  6. Nyalakan hp sobat kembali, namun kali ini silahkan nyalakan hp dengan cara menekan dan tahan tombol Home + Power + Volume bawah secara bersamaan. 
     

  7. Setelah smartphone menyala seperti pada gambar 2, tekan tombol volume atas hingga smatphone sudah pada posisi download mode (gambar3).

  8. Jalankan file Odin.exe nya. Odin ini adalah program portable sehingga sobat cukup menjalankan saja tanpa harus menginstal. 

  9. Setelah program Odin dijalankan, Berikutnya Colokkan kabel USB Ssmartphone ke PC / laptop  hingga Odin mendeteksi smartphone seperti gambar di bawah ini. pada bagian log terlihat ada notifikasi <... > Added!!.
    Odin mendeteksi smartphone samsung
     

  10. Pada posisi options. Silahkan hilangkan semua ceklist nya kecuali "F. Reset time

  11. Pilih AP. 
    memilih TWRP lewat tombol AP odin
     

  12. Kemudian Pilih TWRP yang berada pada folder yang sudah sobat download dan extract tadi. Kemudian "open". Setelah itu Klik "start


  13. Jika proses Odin tidak ada kendala, sobat bisa melihat tanda "PASS" berwarna hijau pada kotak bagian sebelah kiri.

  14. Silahkan cabut kabel USB dari smartphone. Anggap saja pekerjaan PC/ laptop sudah selesai. 
  15. Sekarang ini, posisi smartphone masih dalam keadaan downloading mode. yang sobat lakukan adalah mencabut betere smartphone. agar smartphone tersebut mati/power off. 

  16. Ini hanya catatan saja.  Saya kira banyak yang gagal pada langkah ini, karena jika Odin di set auto reboot maka sobat hanya memiliki sepersekian detik saja untuk menghidupkan smartphone dengan menggunakan tombol Home + Power + volume atas. Namun disini (lihat pada langkah nomer 10) sobat tidak perlu menyetting auto reboot, jadi sobat masih punya banyak waktu untuk menghidupkan android dengan (home + power + volume Up).  


  17. Nah, selanjutnya pastikan Hp masih dalam keadaan off. Silahkan pasang kembali baterenya. Kemudian untuk menghidupkan silahkan tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Atas secara bersamaan. Nantinya akan muncul seperti gambar pada langkah nomer berikutnya (nomer 18)

  18. Usap ke arah kanan untuk "allow modification" lalu sentuh "instal
    cara menginstal superSU di hp android

  19. Pilih storage kemudian "Micro SD card"  sentuh "superSu" yang tadi sudah sobat letakkan di SD card di smartphone sobat.
    cara menginstal superSU di memory card hp android

  20. Cecklist "Reboot after installatin is complete" dan tunggu proses instalasi superSU hingga merestart dengan sendirinya.   
    cara root hp android dengan superSU

  21. Jika proses Root berhasil sobat akan melihat icon SUperSU tampil di smartphone sobat. Pada tahap ini proses root sudah selesai.  

  22. Untuk menguji apakah proses root benar-benar berhasil sobat bisa mendownload aplikasi root checker lewat googleplay, Jika berhasil disana terlihat notifikasi warna hijau "congratulation! root acces is properly installer on this device
    cara cek status root berhasil atau tidak

Note : 
Ketika sobat tidak bisa menggunakan aplikasi tertentu di smartphone sobat karena hp sudah di root, sobat bisa menonaktifkan status root untuk sementara. Caranya bisa masuk ke aplikasi SuperSU lalu hilangkan ceklist pada Enable superuser, jangan lupa restart Handphone nya.


cara mengembalikan root android
Selamat mencoba tutorial cara root hp samsung j2 prime, semoga berhasil..