Cara Mengubah Ukuran PDF Tanpa / Dengan Software

Dalam mengcompres file PDF tidak hanya mengubah format PDF ke Word, namun adakalanya mengubah ukuran file PDF itu sendiri dari PDF yang memiliki file besar menjadi file dengan ukuran yang lebih kecil dan sebaliknya yaitu dari PDF dengan size kecil menjadi besar.

Memperkecil ukuran file PDF ini bisa sobat lakukan tanpa software ataupun dengan menggunakan software. Jika sobat ingin melakukan proses pengubahan ukuran dokumen dengan format PDF sebenarnya sangatlah mudah tidak memerlukan waktu yang lama juga tidak memerlukan editing seperti mengedit bagian-bagian teks / gambar pada file PDF tersebut.

Jadi, hanya tinggal upload / memilih file nya kemudian mengkompressnya.

Lihat juga :
Download 11 Software / Aplikasi PDF Gratis Terbaik Terbaru 2017
Cara Edit Text Data Gambar di Dalam FIle PDF Dengan Software Gratis


Untuk mengubah file pdf tanpa software sendiri ditbutuhkan koneksi internet atau online. Jadi memang jika sobat memiliki file dengan ukuran yang besar membutuhkan waktu yang lebih lama selain itu metode mengkompress PDF online ini sebaiknya dilakukan dengan koneksi internet yang bagus agar proses converting bisa berjalan dengan baik.

Cara mengubah ukuran PDF tanpa software / online

Ya.. Untuk mengkompres file PDF tanpa sofwate ini, PC sobat harus terkoneksi dengan internet. Sobat bisa menggunakan situs compress pdf terbaik. Dan ternyata ada banyak sekali situs-situs yang bisa sobat manfaatkan untuk mengkompres file pdf, di antaranya adalah sebagai berikut :

Situs PDF converter terbaik gratis


  1. https://smallpdf.com/compress-pdf
  2. https://www.ilovepdf.com/compress_pdf
  3. https://pdfcompressor.com
  4. https://pdfcandy.com/compress-pdf.html
  5. https://www.hipdf.com/compress-pdf
  6. dan lain sebagainya.

Sebagai contoh disini saya mengubah ukuran file PDF lewat situs smallpdf.com. Cara mengkompres file pdf ini kurang lebih sama. sobat tinggal upload file pdf kemudian mendownload nya kembali dengan ukuran yang berbeda. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut :
  1. Silahkan berkunjung ke situs https://smallpdf.com/compress-pdf
  2. upload file PDF, dengan cara klik letakkan PDF di sini, atau dengan drag dan drop file PDF yang ada di PC/ laptop sobat ke area tersebut. 
    cara mengurangi ukuran pdf
  3. Secara otomatis file akan di convert. sobat tinggal mencownload file PDF tersebut dengan mengklik "icon dowload"
    upload file pdf online
     
  4. Selesai. Dari metode ini saya bisa mengkompres PDF milik saya hingga 47%. yang semua berukuran 1,3MB menjadi 730kb 

Bagaimana cara mengubah ukuran file PDF dengan software


Berbeda dengan cara mengubah file pdf tanpa software, mengubah file pdf dengan cara offline ini tentu saja membutuhkan software atau aplikasi yang harus di instal di pc  terlebih dahulu.  Ada beberapa software yang bisa sobat download.  Salah satu aplikasi PDF converter gratis adalah sebagai berikut :


  1. SODA PDF download link official atau Solidfiles 
  2. PDFMate PDF Converter Free download link official atau SOlidfiles
  3. PDF Maker download link official atau solidfiles
  4. Dopdf Download link official atau solidfiles
  5. Freepdfcompressor Download link official atau solidfiles
  6. Dan lain sebagainya. 
Sedangkan sebagai contoh saja disini saya menggunakan salah satu aplikasi pengubah ukuran file PDF dengan freepdfcompressor. berikut adalah selengkapnya. 
  1. Silahkan download salah satu aplikasi convert pdf gratis di atas. dalam hal ini saya menggunakan FreePDFCompressor. Silahkan instal di laptop atau pc sobat.
  2. Setelah di instal, jalankan program pdf compressor tersebut. Disini sobat bisa memilih file pdf yang akan sobat convert dengan mengklik "browse"


    Browse :  file pdf yang akan di convert
    Save as : lokasi folder file pdf yang sudah selesai di convert
    Screen - low resolution.... adalah opsi untuk hasil paling rendah. 

  3. Selanjutnya adalah klik "compress" dan tunggu proses converting. Proses pengkompresan biasanya tergantung dari besar kecilnya pdf. Semakin besar file pdf akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada file pdf dengan ukuran yang lebih kecil.
    cara mengubah ukuran pdf dengan aplikasi convert pdf gratis
  4. Lihat hasilnya dengan membuka folder "save as" yang sudah sobat atur tadi.
Terima kasih, semoga bisa membantu sobat semuanya..