Belajar Cara Cetak/ngeprint Document / Foto di Komputer untuk Pemula

Jika sobat mendengar istilah ngeprint mungkin banyak dari sobat berpikir bahwa ngeprint itu pekerjaan sulit di lakukan. Hal itu bisa jadi benar karena sebalum sobat ngeprint document atau foto sobat harus mengetahui aturan-aturan tertentu pada setiap program yang sobat gunakan. Namun hal itu juga bisa jadi salah karena sobat belum terbiasa melakukannya.

Ya, sebenarnya kalau urusan ngeprint di warnet kita bisa tinggal meminta penjaga warnet untuk mengeprint foto ataupun dokument milik kita. Kebanyakan penjaga warnet melayani jasa printing untuk semua file seperti foto, dokumen dan lain sebagainya. lha.. trus.. kenapa kita musti repot-repot belajar cara ngeprint segala.

Kita tentu tidak selalu menemukan warnet  dan tidak selalu meminta bantuan teman bukan..jadi, mau nggak mau sobat harus bisa cara ngeprint sendiri. Cara ngeprint di pc itu nggak sulit-sulit amat kok  hehe.

Jika sekarang sobat baru saja membeli printer baru tentunya harus bisa melakukannya sendiri. Dalam setiap program visual desain pada komputer / laptop entah itu program edit foto, program edit video, program pengolah document, program browser dan lain sebagainya biasanya sudah di bekali alat untuk mencetak. Kita tinggal mengunakan alat / tool print tersebut langsung dari program tersebut.

Baca juga : 
Cara Membuat Video Slideshow Dari Foto Dengan Musik Hanya Dalam 5 Menit
Cara membuat Format Label di Undangan (Amplop) di Office Word 2013

Namun untuk mencetak sebuah dokument tentu kita harus mengetahui settingan printing agar sesuai dengan kebutuhan kita. Misakan saja ukuran kertas yang kita pakai, kualitas printing, jumlah kertas yang ingin kita cetak, warna atau hitam putih yang kita gunakan dan lain sebagainya.

Jika sobat seorang pemula dan sebelumnya belum pernah ngeprint, disini saya memberi 3 contoh yaitu ngeprint document lewat microsoft word office, ngeprint foto lewat windows photo viewer dan ngeprint document / foto lewat browser di situs web di internet. ketiga contoh hal tersebut saya rasa cara ngeprint yang paling banyak di lakukan oleh kebanyakan pengguna komputer.

okey mari kita coba..

Cara ngeprint document di komputer lewat Word office

Jika sobat ingin mencetak document berupa PDF, DOCX dan lain sebagainya yang ada di komputer sobat, sobat bisa mencetak document tersebut lewat program office word dimana program ini sudah tersedia alat untuk mencetak document berbagai macam format.




Cara ngeprint document di pc lewat word office

  1. Buka document word milik sobat.

  2. Setelah document terbuka di mircrosft word, klik File atau sobat bisa menggunakan shotrcut keyboard dengan menekan CTRL + P untuk memunculkan jendela print
    cara ngeprint di dokumen di komputer

  3. Selanjutnya pilih pada tab Print , pada bagian menu print ini sobat bisa melihat beberapa pengaturan yang bisa sobat atur berdasarkan kebutuhan sobat. Untuk keterangan gambar di bawah ini silahkan lihat pada bagian bawah gambar.


    Keterangan gambar cetak document

    1. Copies adalah jumlah halaman yang akan sobat cetak misalkan saja sobat isikan dengan angka 5 berarti sobat nanti akan mendapatkan 5 buah halaman yang sama. jika sobat isikan dengan 1 berarti sobat hanya mencetak halaman 1 saja. 

    2. Ketika semua settingan sudah di atur klik tombol "print" ini untuk memulai proses pencetakan ducument

    3. Status merek / nama printer yang sudah terhubung dan sudah siap  "ready" Jika sobat memiliki printer lebih dari satu pastikan sobat memilih printer yang sobat inginkan. Misalkan saja sobat memiliki printer canon dan epson dan sobat ingin memilih printer canon maka pastikan printer disitu terlihat printer canon dan status nya adalah ready. 

    4. Printer properties adalah pengaturan yang ada pada driver printer. settingan printer ini muncul sesuai dengan pada nomer 3 di atas. Selengkapnya sobat bisa melihat pada gambar step 4 dan ke 5 di bawah.

    5. Printer defaultnya adalah print all page  adalah mencetak secara keseluran document jika sobat mencetak document dengan halaman sebanyak 10 halaman maka semua halaman tersebut akan di cetak.

    6. Isikan pada kolom ini dengan halaman yang sobat inginkan jika sobat hanya ingin mencetak document hanya pada halaman tertentu saja. Misalkan saja sobat memiliki document dengan halaman sebanyak 100 halaman maka jika ingin mencetak halaman 20 saja maka sobat isikan dengan angka 20.

      Sedangkan jika ingin mencetak halaman ke 20 sampai halaman ke 30 maka sobat isikan dengan 20-30. Namun jika sobat ingin mencetak (banyak) halaman tertentu sekaligus sobat bisa membagi semua perintah tersebut dengan tanda koma seperti
      contoh 1-5, 15, 20,30, 33-41, 60 dan lain sebagainya. Arti dari perintah tersebut yaitu sobat ingin mencetak halam 1 sampai 5 kemudian halaman 15, halaman 20 sampai 30, halaman 33 sampai halaman 41 dan terakhir halaman 60, semua halaman tersebut akan di cetak langsung tanpa ada jeda.

    7. Ukuran kertas yang ingin sobat cetak. Ukuran kertas ini bisa beranekaragam namun biasanya ukuran kertas untuk mencetak ini adalah Legal dan A4. 

    8. Preview halaman yang akan di cetak. pastikan disana tidak ada yang kurang seperti kata/kalimat yang terpotong, margin yang tidak sesuai dan lain sebagainya. 


  4. Ini adalah tahap pada settingan printer. Disini sobat bisa mencetak dokument dengan berbagai macam pilihan seperti pada nomer 1 adalah main yang berisi nomer 2 adalah kualitas printing / tinta high adalah kualitas terbaik - sedangkan standart dan  fast adalah tingkat kualitas di bawahnya high. Biasanya semakin baik kualitas nya akan membutuhkan proses printing yang semakin lama. Nomer 3 grayscale printing (jika di ceklis) maka ngeprint hanya warna hitam putih saja. 
    cara setting printer sebelum mencetak document

  5. Sedangkan pada bagian page setup adalah menu dimana sobat bisa (nomer2) mengatur ukuran kertas, (nomer3) adalah model portrait / kertas tegak dan lanscape / kertas miring. Ok jika settingan sudah di atur sesuai keinginan.

  6. Ini adalah proses printing. proses printing ini akan di mulai ketika sobat mengklik tombol "print" seperti keterangan gambar pada langkah 3 keterangan gambar nomer 2
    proses perinting sedang berjalan

Cara cetak foto di komputer / laptop lewat windows photo viewer


Untuk mencetak foto, sobat bisa melakukan lewat program bawaan windows seperti paint, windows photo viewer sebagai contoh disini saya menggunakan window 7 dan mencoba mencetak foto menggunakan windows photo viewer.

Karena windows photo viewer ini adalah program bawaan (built in) windows, jadi sobat tidak perlu download dan instal berbeda halnya dengan program lain seperti adobe photoshop, corel draw dan lain sebagainya.





  1. Pastikan printer sobat menyala dan tersambung pada pc/laptop dengan baik
  2. Silahkan buka folder dimana foto/gambar yang akan di print itu berada. Klik dua kali pada gambar yang ingin cetak. Atau sobat juga bisa menggunakan cara membuka foto dengan mengklik kanan pada salah satu gambar / foto sobat kemudian pilih Open with - Window photo viewer.
    cara mencetak foto di pc atau laptop

  3. Pada tahap ini sobat bisa menggunakan shotcut keyboard CTRL + P atau dengan cara klik print dan pilih menu print
    cara mencetak gambar sendiri di laptop dan pc

  4. Tahap ini adalah pilihan dimana sobat bisa memilih berbagai macam pilihan atau sobat bisa mengcustom sendiri atturan printing yang sobat inginkan.
    keterangan cara cetak foto di komputer


    Keterangan gambar cetak gambar

    1. Pilihan printer yang ingin sobat gunakan
    2. Ukuran kertas yang ingin sobat cetak
    3. Kualitas tinta 
    4. Paper tyle pada defaultnya adalah plain paper adalah mencetak dengan kertas biasa. 
    5. Model ukuran gambar yang akan di cetak. 
    6. Berapa banyak foto akan di cetak
    7. Fit picture to frame adalah mencetak ukuran foto secara penuh dengan menghilangkan ruang kosong pada kertas.
    8. Option adalah pilihan untuk menyetting driver printer properties. (lihat gambar cara ngeprint document di word office pada step ke 4 dan 5) 
    9. Print untuk memulai proses pencetakan.

  5. Proses printing foto sedang berlangsung 
    proses printing foto sedang berlangsung

  6. Proses cetak foto di komputer sedang berlangsung. Jika saat proses sedang berlangsung ada kesalaman cetak atau kesalahan lainya sobat bisa membatalkan proses printing dengan mengklik "cancel printing"
     


Cara cetak foto / document pada website internet lewat browser 

Mencetak document / foto ataupun gambar yang ada di internet biasanya dilakukan ketika sobat ingin langsung mencetak tanpa harus mengedit-edit lagi. Pada semua browser sudah di sediakan alat untuk mencetak foto apa saja. 

Jika sobat menemukan artikel ataupun foto yang menarik yang ada di internet dan sobat ingin mencetaknya caranya sangalah mudah dan cepat. cara ini bisa sobat lakukan hampir di semua aplikasi browser terpopuler seperti Chrome, Mozilla, Opera, Safari, UCbrowser dan lain sebagainya.

Cara mencetak setiap artikel atau foto yang sobat temukan di website atau blog silahkan kunjungi halaman website tersebut kemudian tekan CTRL + P seperti program pada umumnya. kemudian lihat keterangan gambar di bawah ini. 


cara cetak document dan foto di browser internet

Keterangan gambar print document di bowser internet.

  1. Tombol print untuk memulai proses printing dan cancel untuk membatalkan / kembali ke halaman website lagi.
  2. Memilih Printer yang ingin di gunakan untuk mencetak.
  3. Page / Halaman All (default)
  4. Berapa jumlah halaman yang ingin di cetak.
  5. Portrait (kertas tegak) dan Lanscape (kertas miring)
  6. Color / jika sobat ingin mencetak foto berwarna sedangkan black white adalah mencetak foto hanya berwarna hitam dan putih.
  7. Preview halaman yang akan di print.
Itu tadi postingan tentang cara ngeprint dokument dan foto semoga bisa memberi manfaat. Terima kasih dan selamat mencoba..Goodluck..