Cara Mengetahui Judul Lagu Beserta Liriknya dan Langsung Bisa Nyanyi

Sewaktu kita sedang asik-asik jalan-jalan atau sedang menikmati hidangan di sebuah warung ataupun sedang bersantai di sebuah tempat sambil membuka youtube kerap kita mendengarkan sebuah lagu-lagu baru yang terdengar begitu indah mengalun entah itu dari sebuah radio, televisi, dan media electronik lainnya hingga membuat kita enggan beranjak. Kita merasa ingin menikmati lagu itu hingga akhirnya rasa penasaran muncul ingin juga mengetahui judul lagu dan siapa yang menyanyikannya. Baper trus kepo.. hehe

Mungkin ada di antara sobat yang ingin ikut bernyanyi lagu apa saja yang sedang sobat dengar tanpa salah mengucapkan liriknya. Namun, bagaimana caranya kita bisa tahu dan hafal liriknya sedangkan lagu tersebut baru saja kita dengar.

Ada beberapa cara mengetahui judul dan penyanyi dari musik apapun yang kita dengar. Yang pertama adalah lewat mesin pencari google, dan yang ke dua sobat bisa menggunakan aplikasi khusus pencari suara musik yang sudah di desain sedemikian rupa sehingga sobat bisa langsung berinteraksi dengan suara musik yang sedang sobat dengarkan.

Banyak dari mereka yang berpendapat bahwa di antara kedua metode tersebut, menggunakan aplikasi khusus akan lebih menyenangkan. Dengan menggunakan aplikasi pencari judul beserta lirik lagu ini sobat bisa menyanyikan lagu apapun.

Baca juga :
12 Aplikasi Pemutar Musik Hp Android Terbaik Terbaru Yg Lagi Hits
11 Aplikasi Download Lagu /Musik Android Gratis Terbaik Terlengkap

Aplikasi ini bisa dengan mudah bekerja dengan hanya memperdengarkan (merekam melalui) smartphone pada suara yang ada di sekitar sobat. Kemudian aplikasi tersebut akan mengidentifikasi suara tersebut lalu memunculkan judul lagu beserta liriknya.

Dengan kata lain, aplikasi ini adalah aplikasi pendekteksi suara musik dimana cara menggunakannya dengan mengenali suara musik yang ada di sekitar yang kemudian suara tersebut di proses untuk di munculkan nama penyanyi judul lagu beserta liriknya.

Semua aplikasi ini bekerja dengan online mengingat aplikasi ini harus menyimpan ruang yang besar untuk memproses pengenalan jutaan lagu mulai dari lagu lokal hingga mancanegara. Oleh karena itu koneksi internet yang bagus adalah sebuah keharusan. Bahkan sobat bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari judul lagu campursari hingga lagu india.

Lalu, Bagaimana cara kerja kedua metode yang disebutkan di atas. Berikut selengkapnya...

Cara mengetahui judul lagu (lewat potongan lirik) dan liriknya dengan mesin pencari (Google) di internet




  1. Seperti yang kita ketahui bahwa google adalah mesin pencari terbesar di dunia. Google telah mengindeks milyaran halaman website yang memposting tentang larik lagu dari berbagai macam bahasa di dunia. Kita bisa menggunakan mesin pencari google untuk mengetahui sebuah judul lagu. Namun untuk menggunakan cara ini, setidaknya sobat harus mengetahui beberapa lirik lagu tersebut. karena dengan sedikit lirik itulah tersebut kita bisa mencari data tentang lagu tersebut dengan lebih lengkap

    Bahkan untuk lagu-lagu terpopuler google akan memberikan keyword suggestion (saran kata kunci) sehingga pencarin judul lagu akan lebih mudah.

    Cara memanfaatkan google untuk mengetahui sebuah judul (penyanyi) lagu mp3

    1. Silahakan buka situs Google.com lewat smartphone atau laptop/pc sobat kemudian masukkan kata atau kalimat lirik yang sobat dengar setahu / sebisa sobat di kolom pencarian google. Sebagai contoh disini saya hanya mengetik beberapa kalimat / lirik saja dalam sebuah lagu. kemduain "enter"
      cara mengetahui judul lagu lewat google
       
    2. Jika lagu yang saya cari masuk database google maka secara otomatis sobat bisa melihat judul dari lirik lagu tersebut 
      cara mencari judul lagu yang lewat lirik
       
    3. Sobat bisa mengunjungi halaman-halaman website yang muncul untuk mendapatkan data lagu yang lebih lengkap.  Seperti yang contoh di sini judul lagu, nama penyanyi dan lirik lagu sudah saya dapatkan. Selanjutnya sobat bisa mendownload lagu mp3 nya lewat Google. 

      Artikel terkait : Cara Terbaru Download Lagu / Mp3 Gratis Dari Internet dengan Mudah

      cara mengetahui judul lagu
    4. Selain mesin pencari Google, sobat juga bisa menggunakan mesin pencari lainnya seperti Bing.com dan Yahoo search dan lain sebagainya. 


Cara mengetahui judul lagu lewat suara dengan aplikasi android



Metode yang kedua ini Bisa dikatakan lebih simpel dan cepat. Sobat bisa terbantu dengan suara musik yang sobat dengar, Yang sobat lakukan tinggal mengidentifikasi lagu lewat smartphone sobat. setelah liriknya di dapatkan sobat pun bisa langsung nyanyi tralala trilili.. hehe

Sebelum mencoba, Berikut adalah beberapa aplikasi pencari judul lagu terbaik android yang juga bisa sobat gunakan untuk mencari lirik lagu lagu apapun baik lagu indonesia ataupun lagu mancanegara.

  1. Musixmatch
  2. Shazam
  3. SoundHound Music Search
  4. Music ID
  5. Genius
  6. Quick lyric
  7. Dan lain sebagainya
Sebenarnya aplikasi pencari judul / penyanyi di atas bukan hanya sebagai alat untuk mencari judul dan lirik lagu melainkan banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut juga berfungsi sebagai alat pemutar musik mp3 dan pencari video clip.

Berikut bagaimana cara mencari judul lagu menggunakan aplikasi musixmatch untuk mengetahui judul lagu yang sedang saya cari. semua aplikasi pencari judul lagu ini hanya bisa bekerja dengan  online sehingga koneksi internet yang bagus sangatlah di rekomendasikan/

Baca juga :  
Cara Mengganti Cover Background Lagu Mp3 di PC/Hp Android Dg Gambar Sendiri
9 Aplikasi Karaoke Android (offline/Online) Terbaik Gratis Terbaru 2018

  1. Silahkan download salah satu aplikasi pencari judul yang ada di atas. Sebagai contoh disini saya menggunakan aplikasi musixmatch untuk mencari judul lagu yang belum saya ketahui. 


  2. Setelah aplikasi di instal di smartphone sobat, silahkan buka aplikasi musixmatch silahkan menuju menu identifikasi lagu. Ketika musik di sekitar sobat masih terdengar, silahkan sentuh tombol logo musixmatch yang berada di tengah seperti gambar di bawah ini untuk mengidentifikasi suara.
    cara mengetahui lirik dari judul lagu dengan aplikasi android


  3. Biasanya proses identifikasi berlangsung hanya beberapa detik saja, aplikasi sedang mencari / mengidentifikasi musik yang kemudian musik yang di dengar tersebut akan secara otomatis muncul.
    cara mencari judul dan lirik lagu dengan musixmatch


  4. Jika identifkasi musik / lagu berhasil. Sobat akan melihat sebuah nama penynayi dan judul lagu seperti yang terlihat di bawah ini.
    musixmatch berhasil mengidentifikasi lagu


  5. Sesaat kemudian lirik akan muncul secara otomatis diselaraskan / random mengikuti suara musik yang mengalun. Jika sobat ingin bernyanyi tinggal mengikuti lirik tersebut tidak perlu lagi mengusap ke atas/ bawah  smartphone untuk menyelaraskan lagu dengan lirik.
    cara mengetahui judul lagu mp3 dengan liriknya di android


  6. Ya.. tidak ada yang sempurna.. terkadang lagu yang sobat identifikasi tidak sobat temukan. Atau terkadang ada lirik yang bisa sobat temukan namun tidak selaras dengan lagu yang sedang di mainkan. Sobat bisa menyelaraskan sendiri lirik tersebut dengan menggunakan fitur kontribusi.

Terima kasih, semoga bisa menambah wawasan untuk sobat semua dan selamat mencoba.