Friday, June 26, 2015

Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di word -  Mempelajari office tidak bisa di lakukan dengan instant. karena kita tidak bisa menguasai semuanya dengan sekejap apalagi bagi seorang pemula yang sedang belajar tentunya membutuhkan waktu. dari sekian banyak trik office membuat daftar isi ini adalah salah satu cara yang mudah di lakukan memang pertama kelihatannya sulit namun jika mau sedikit belajar saya yakin siapa saja. dalam upaya membantu sobat yang ingin belajar saya sudah tuliskan artikel ini lengkap dengan gambar dan video sehingga akan lebih mudah dipahami. sobat bisa memilih metode belajar menggunakan text +gambar atau video. Office yang sekarang sudah pada versi 2015 yang akan lebih perfect jika di sandingkan dengan windows 10. tentunya di antara sobat semua masih banyak yang menggunakan office word 2007, 2010, atau 2013, kebetulan disini saya menggunakan office 2013 sebagai bahan tutorial, jadi office wordnya tidak terlalu tua kayaknya hehe..

Ada point penting Dalam menentukan Daftar isi yaitu kalimat yang akan di jadikan daftar isi dimana setiap kalimat itu harus terlebih dahulu di rubah menjadi heading. maksud heading disini adalah text atau kalimat yang terletak di atas paragraf. jadi sobat harus menseleksi text mana saja yang akan dijadikan heading baru setelah itu fitur pada table of contents akan secara otomatis mengelompokkan heading-heading tersebut menjadi sebuah daftar isi fungisnya adalah agar artikel lebih terstruktur dan lebih readable (mudah di baca).

Mungkin sobat Juga suka : Cara Cepat Membuat File PDF Dengan WordOffice dan PDF Editor

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Ms. Word  dan 2013 (Word 2007 2010)

  1. Buka atau ketiklah sebuah artikel dahulu yang akan ditambahkan daftar isi. bagaimana cara membuat daftar isi dengan titik-titik setelahnya ini semua office itu mirip entah itu office 2007, office 2010, ataupu 2013 semua menggunakan metode yang sama yaitu menggunakan heading dan  table of contents disini saya menggunakan office 2013 sebagai contohnya.

  2. Berikutnya.Disini saya sudah membuat sebuah artikel dengan judul cara membuat blog sebagai judul utamanya kemudian saya ingin menambahkan daftar isi artikel tersebut. 

  3. Cara Pertama adalah memilih setiap kalimat yang akan dijadikan daftar isi. sebagai contoh disini saya ingin memberikan kalimat cara membuat blog terbaru sebagai caranya pastikan sobat berada di menu home lalu pilih pada bagian settingan heading dengan pilihan  heading 1 
    cara membuat daftar isi otomatis terbaru
     

  4. Kemudian selanjutnya saya memilih kalimat lain di bawah heading 1 yaitu sebagai Heading 2. pada kalimat dimana saja tempat membuat blog pribadi baru dan gratis itu?

  5. Berikutnya jika memang ada bagian artikel yang masih bisa di jadikan heading 3 sobat bisa memberikan lagi heading 3 yang letakknya biasanya sesudah heading 2.
    bagaimana cara membuat daftar isi ms office 2013
    Lakukan cara seperti nomer 3 sampai pada nomer 5 ke semua bagian artikel, disinislah point terpenting dari pembuatan daftar isi yaitu menjadikan kalimat yang sobat inginkan menjadi  Heading 1, Heading2, Heading 3,  heading 4 dan seterusnya. 

  6. Sampai disini settingan semua heading sudah selesai, berikutnya adalah membuat daftar ini pada halaman yang sobat inginkan bisa di awal makalah atau di akhir makalah. kalau saya memberikan contoh disini adalah daftar isi yang berada di akhir makalah maka saya klik pada bagian akhir artikel menu INSERT lalu PAGE BREAK , akan muncul halaman kosong di bagian akhir.selain pagebreak sobat juga bisa menggunakan ENTER di bagian akhir artikel.
    bagaimana cara membuat daftar isi pada artikel

  7. Setelah itu pastikan sobat memilih bagian REFERENCES kemudian klik pada bagian TABLE OF CONTENT.  table of content ini berfungsi mengumpulkan semua heading yang telah di setting sebelumnya. 
    cara membuat titik daftar isi dengan mudah

  8. Sobat bisa memilih tampilan daftar isinya, setelah muncul kotak pilihan table of contents, disini saya memilih OUTOMATIC TABLE 1
    cara membuat daftar isi di microsoft word 2007
  9. Secara otomatis semua heading yang telah saya buat tadi akan tersusun menjadi sebuah daftar isi berdasarkan urutan yang sudah saya buat, disini adalah contoh hasil daftar urutan daftar isi dengan heading yang telah saya buat. 

  10. Berdasarkan urutan pengelompokan heading yang telah saya buat secara detail akan terlihat seperti gambar daftar isi di bawah ini. sobat bisa melihat bahwa heading 1 lebih menjorok ke kiri daripada heading 2 atau 3 
    cara membuat titik titik pada daftar isi secara  otomatis

  11. Daftar isi tersebut masih bisa sobat edit lagi sesuai keinginan misalkan saja merubah font, merubah kalimat heading, dan merubah settingan heading. Selamat mencoba. 

Tutorial Video Cara membuat Daftar Isi Otomatis

Bagi sobat yang ingin melihat tutorial dengan melihat video silahkan lihat video saya bagaimana membuatnya, semoga bisa membantu.


Terima kasih saya harap bisa sedikit memberikan solusi bagi siapa saja yang masih bingung bagaimana caranya membikin daftar isi dengan cepat.  Okey... Semoga berhasil 


2 comments:

  1. terimakasih atas penjelasannya, Alhamdulillaah bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Trimakasih artikel yang sangat bermanfaat...:D

    ReplyDelete