Cara Membuat Blog Baru Di Blogger/Blogspot Gratis Terbaru

Cara membuat blog gratis - Jadi, sobat benar-benar ingin membuat blog sendiri?. Pernahkah Sobat terpikirkan Bagaimana caranya agar tulisan hasil karya milik sobat itu bisa di baca banyak orang di internet, atau pernahkah terlintas dalam benak sobat bagaimana agar sobat bisa di kenal banyak orang melalui internet. Atau mungkin tiba-tiba sobat dapat ide untuk menjadi seorang blogger seperti saya hehe.. 

Blog adalah salah satu jalan yang bisa sobat gunakan, selain untuk membuat seseorang terkenal blog juga bisa sobat conversikan menjadi uang. Sepertinya menarik ya membuat blog itu. Jadi yang ingin terkenal, gemar menulis, dan ingin mendapatkan penghasilan dari blog dengan gratis .. tunggu apa lagi. saya yakin sekali praktek blog nya langsung jadi. hehe..

Lalu apa itu blog?.. untuk mencari tahu tentang arti blog kita bisa mengambil referensi dari sebuah situs besar wikipedia bahwa blog adalah singkatan dari kata web log  yang isinya berupa tulisan atau artikel yang umumnya tulisan tersebut ditampilkan dalam bentuk berurutan mulai dari artikel terbaru dan artikel lama yang telah di publish. dengan membuat blog selain bisa dibuat untuk menulis artikel sobat juga bisa menjadikannya sebagai toko online yang juga biasa disebut onlineshop.

Jika melihat proses Bagaimana cara membuat blog banyak yang mengatakan itu mudah, karena untuk membuat blog itu sendiri tidak membutuhkan keahlian khusus bahkan bisa dilakukan siapa saja hanya dalam beberapa menit. Namun hal tersulit adalah mengoptimalkan blog itu sendiri sehingga blog menjadi bernilai atau bisa menghasilkan uang Karena mengoptimalkan blog itu membutuhkan waktu, usaha dan bahkan modal. Blog sendiri itu seperti sebuah ladang dimana ketika ladang itu jika di rawat dengan baik akan menghasilkan uang namun jika di biarkan saja blog tersebut tentunya tidak akan menghasilkan apa-apa tak peduli bagaimana cara membuat blog itu baik itu yang gratis atau berbayar.

Artikel yang mungkin sobat butuhkan :  Cara Daftar / Membuat Alamat Email Baru Di Yahoo, Gmail dan Hotmail

Untuk memulai Belajar membuat blog sobat bisa memilih situs penyedia blog gratis atau berbayar, Kalo yang gatis sobat bisa memilih situs populer milik google yaitu blogger.com sedangkan yang berbayar sobat bisa memilih situs worpdress.org dengan membeli domain dan hosting sendiri. untuk blog yang gratis memang kurang ada greget seperti blog berbayar maksudnya blog gratis itu masih menginduk pada situs utama misalkan saja blogspot.com contoh blog gratis adalah seperti blog ini dengan alamat blogfacebookemail.blogspot.com. Namun untuk bahan belajar tak apalah alamat blog tidaklah begitu penting yang terpenting adalah isi dalam blog tersebut.. hehe.. 

Baca juga :
Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org
Cara Membeli / Menyewa Hosting Murah Dan Terbaik Di Hawkhost
Cara Membeli Domain Berkualitas Di Namecheap dengan Paypal

Bagaimana Cara Membuat Blog baru di Blogger/Blogspot 


Blogger.com atau blogspot.com adalah situs milik google yang digunakan untuk membuat blog seperti menulis dan mengupload gambar,  kemudian memposting menjadi kumpulan artikel yang bisa di akses di internet. selain blogger sebenarnya masih banyak lagi yang bisa sobat gunakan untuk menampung hasil karya berupa text / gambar sobat seperti wordpress, tumblr.com, blogebay.com, blogdetik.com, blog.com dan lain-lainnya selengkapnya silahkan baca situs mendaftar blog di bawah. Dan sobat bisa membandingkan fitur-fitur mana yang paling bagus. Namun sejauh ini blogger masih menjadi  situs favorit dikalangan para blogger termasuk saya..he..he. jika sobat  belajar membuat blog di blogger silahkan daftarkan alamat blog caranya cukup mudah sekali berikut adalah contoh proses bikin blog yang langsung jadi.

  1. Silahkan pergi ke www.blogger.com atau klik  klik link ini untuk menuju kesana 
    buat blog
  2. Isi semua kolom yang ada, untuk keterangan kolom tersebut silahkan baca di bawah gambar berikut ini.

    bagaimana cara membuat blog


    Keterangan Gambar : 

    1. Nama depan dan belakang sobat
    2. Alamat email sobat (pastikan nama itu unik dan lain dari pada yang lain)
    3. Isi password / kata sandi dua kali
    4. Tahun / bulan/ dan tanggal lahir
    5. Jenis kelamin
    6. Nomer HP (bisa diisi boleh tidak tapi direkomendasikan untuk mengisi karena jika nanti sobat kehilangan password serta beberapa masalah lainnya sobat bisa menggunakan nomer HP ini untuk mengatasinya )
    7. Email (fungsinya mirip dengan  keterangan nomer 6)
    8. isi nomer untuk verifikasi bahwa sobat bukan robot 
    9. centang untuk konfirmasi bahwa sobat menyetujui semua aturan blogger
    10. langkah selanjutnya

  3. Untuk mempecepat proses sobat bisa klik tombol "langkah selanjutnya". atau jika ingin menambah foto profile silahkan klik tambahkan foto. lalu tambahkan foto dari komputer sobat.
    cara membuat blog gratis
  4. Sampai disini sobat sudah mempunyai akun blogger, namun belum mempunyai blogspot. silahkan klik "kembali ke blogger"

    cara membuat blog sendiri

  5. Jika muncul seperti gambar di bwah ini klik "lanjutkan ke blogger" untuk membuat alamat blog sobat.

    cara mudah membuat blog

  6. Di bagian atas sebelah kiri ada  tombol untuk membuat blog baru, silahkan klik tombol "blog baru" untuk membuat URL blog dan Nama judul blog sobat.

    cara membuat blog menarik
  7. Silahkan Disini kedua kolom di sana, ada tempat untuk mengisi Judul Blog dan alamat blog sobat. nomer satu adalah Judul Blog, sedangkan nomer dua adalah alamat/URL blog. seperti milik saya ini adalah http://blogfacebookemail.blogspot.com . jika sudah mantap dengan pilihan judul dan URL silahkan klik "buat blog"

    cara membuat blog baru

  8. Jika muncul tulisan judul blog disana berarti proses pembuatan blog berhasil, untuk membuat artikel / posting artikel silahkan klik judul blog tersebut.

    cara membuat blog spot

  9. Ada beberapa hal yang mungkin bisa sobat perhatikan disana ada beberapa bagian yang berfungsi untuk mengatur postingan sobat, pertama kali jjika sobat ingin membuat artikel di blog silahkan pilih "entri baru" untuk menuju layar pembuatan artikel blog disananlah sobat akan menulis artikel .

    cara membuat blog di blogspot

  10. Ada beberapa bagian yang harus sobat ketahui

    cara membuat blog di blogger

    Cara Membuat / menulis Artikel Blog

    1. Adalah Judul artikel
    2. Body / isi artikel
    3. Untuk mensetting label / kategori untuk mengfilter dan mengelompokkan artikel sehingga artikel lebih mudah di cari, jadwal (jika ingin menjadwal artikel akan terposting secara otomatis, tautan permanen adalah URL halaman arikel blog, deskripsi Penelusuran (untuk ringkasan 25 kata  maksimal untuk artikel yang sobat tulis, biasanya deskripsi ini akan muncul di hasil pencarian google atau search engine ynag lain) lokasi  jika sobat ingin pengunjung tertarget dari lokasi yang sobat pilih. Tag robot khusus (bisa saya artikan perintah khusus untuk search engine seperti google, bing, dll disana sobat bisa menseting agar search engine tidak membaca artikel sobat, atau agar gambar / link tidak terindex atau follow, dan lain sebagainya jika sobat masih bingung baiknya sobat biarkan saja menjadi default). kan.. sayang sudah capek-capek buat artikel tidak muncul di google.. he..he.. 
    4. Publikasikan untuk langsung mempublish artikel jika sudah selesai membuat artikel.

Tips Belajar Mengoptimasi Blog

Setelah langkah membuat blog selesai ada beberapa tips bagi sobat yang ingin serisu belajar blogging. Di bawah ini adalah salah satu cara optimasi blog setelah membuat blog selesai, ada beberapa tips yang mungkin bisa menginspirasi sobat agar blog nya tampil lebih maksimal.

  1. Cara Mempercantik tampilan blog 
    Ingin blog terlihat keren ada Tehnik bagaimana agar blog bisa terlihat bagus dan keren. Disini ada beberapa langkah yang bisa sobat kerjakan untuk memperindah tampilan blog agar terlihat keren seperti mengganti template, mamasang widget, seperti popular post kerenmembuat readmore yang simple dan ringan, recent post dan lain-lain, memasang fanspage facebook, memasang iklan, 
  2. Cara mendapatkan uang dari internet
    Ini adalah motivasi terbesar kenapa banyak orang ingin menjadi blogger, yah.. mendapatkan penghasilan dari blogging. Sobat pernah dengar seseorang yang hanya duduk duduk saja di kamar sambil mempelototi laptop itu bisa mendapatkan uang. ternyata itu bisa dilakukan salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang blogger. sayang sekali jika mempunyai blog tapi tidak tahu bagaimana cara mengconvert blog tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan.  
  3. Download Template blogger keren
    Ini adalah salah satu dari bentuk mengoptimasi blog. karena dengan tempalte keren dan cantik blog pengunjung akan lebih betah berada disana. Dalam membuat blog tak lepas dari yang namanya template karena template itu adalah tampilan yang memberi kesan pertama bagi pengunjung dan template ini yang akan membuat pembaca betah membaca artikel atau tidak.
  4. Cara Membuat Fanspage Facebook
    Tentunya bagi seorang blogger juga tidak kalah penting dengan nama fans page facebook dimana fans page ini berfungsi sebagai cara mendatangkan pengunjung ke blog sobat. membuat fanspage facebook ini cukup mudah dan gratis dan akan mendapatkan manfaat yang berlimpah.
  5. Belajar SEO Pemula
    Ini adalah salah satu cara mengoptimasi blog agar menjadi blog yang berkualitas. Jika sobat seorang blogger tentu saja memperoleh pengunjung di blog adalah harga mati, namun bagaimana cara mendatangkan pembaca blog itu? salah satu caranya adalah dengan belajar SEO. namun Banyak yang berpendapat bahwa belajar SEO itu tidak penting demikian sebaliknya, sobat bisa mencari tahu bagaimana belajar seo itu? apakah bisa di lakukan sendiri atau harus dengan seorang guru. dan bagaimana mencari seorang guru itu.
  6. Cara Mengganti Template
    Tampilan sangat berpengaruh dengan kenyamaan pembaca blog. seorang blogger tentu tidak membiarkan tampilan blognya semrawut dan acak acakan. Nah. Bagi yang ingin merubah tampilan template blog sobat sangat disarankan tahu bagaimana cara mengganti tampilan blog. yang ternyata itu mudah di lakukan.
  7. Cara Membuat Paypal
    Paypal adalah sebuah alat pembayaran online di internet, jadi bisa di pastikan bahwa alat ini sangatlah penting bagi seseorang yang ingin berbelanja melalui online. misalkan saja sobat ingin berbelanja domain, hosting, ebook dari dalam ataupun dari luar negeri sobat bisa menggunakan alat paypal ini sebagai alat bertransaksi yang sah.

Daftar Situs Untuk Mendaftar Blog

Sebagai pengenalan dalam menciptakan blog baru dibawah ini ada sebuah daftar dimana sobat bisa mendaftarkan blog secara gratis jadi selain blogger masih banyak lagi situs-situs yang mempunyai fungsi mirip dengan situs blogger. berikut adaah 15 situs untuk membikin blog gratis yang paling populer.
  1. Blogger.com
    Jika sobat pernah menemukan blog dengan akhiran domain blogspot.com maka bisa dipastikan itu adalah platform blogger yang sudah di beli google. jika sobat adalah pengguna baru dalam menggunakan platform blogging gratis maka blogger adalah tempat yang tepat untuk bisa di buat latihan ngeblog karena blogger itu milik google sehingga fiturnya tentu berbeda dengan platform lainnya maka dari itu banyak yang menggunakan blogger bahkan para master juga masih banyak yang masih memakai platform gratisan ini. namun tentang soal pilih kasih dengan platform lain itu masih belum begitu jelas namun banyak yang perpendapat blogger mempunyai nilai leboh di bandingkan platform lain. ada juga yang berpendapat sama saja yang penting ada kualitas blog yang di buat. 
  2. WordPress.com
    Jika sobat membuat blog di wordpress maka domain yang akan jadi nantinya menjadi berakhiran domainsobat.wordpress.com Secara pribadi saya pikir platfrom ini juga cocok bagi seseorang yang baru memulai dalam blogging. fiturnya yang mudah di pelajari oleh siapa saja dan tergolong ramah dengan mesin pencari membuat wordpress ini masih banyak diminati. Sementara memiliki sebuah blog di WordPress.com itu gratis sobat juga akan memiliki kesempatan untuk mengupgrade akun, namun banyak para blogger menyarankan jika ingin mengupgrade akun lebih baik memilih self-host WordPress (WordPress.org) agar bisa memikmati kebebasan dalam menulis. 

  3. Tumblr.com
    Tmblr memang masih menjadi salah satu platform yang di minati karena terlihat mudah dan kerena terlihat menyenangkan, sangat mudah untuk di operasional siapapun.
  4. LiveJournal.com
    Berikutnya adalah platform blogging gratis yang sangat populer yaitu LiveJournal yang di luncurkan pada 15 April 1999 oleh American programmer Brad Fitzpatrick sebagai cara untuk menjaga teman-teman sekolah tinggi yang diperbaharui di kegiatan. saat ini lebih dari 46.3 juta jurnal pengguna sebelum akhirnya kepopulerannya di gantikan oleh Blogger dan WordPress.
  5. Bravenet.com  
    Bravenet Blog Situs ini menawarkan berbagai web hosting, domain dan solusi pemasaran email, tetapi Anda juga dapat mengatur sebuah blog sepenuhnya bebas biaya yang akan memberikan Anda akses ke beberapa fungsionalitas yang kuat dan sangat mudah digunakan.
  6. Xanga.com   
    blogging gratis Xanga  Ini adalah komunitas blogging yang sudah berkembang, sobat juga bisa menemukan yang versi gratis yang cukup keren dan mendapatkan kuota hosting untuk foto dan berbagai fungsi lain. 
  7. insanejournal.com 
    Beberapa tema blog untuk situs ini tidak seperti funky seperti beberapa dari platform blogging lainnya, tapi sangat mudah digunakan dan sobat dapat memperluas fungsi dengan rekening dibayar jika Anda benar-benar ingin, tapi akun gratis cukup baik.
  8. Blog.com
    Host blog gratis ini menjadi semakin populer seiring berjalannya waktu, ada banyak pilihan tema yang tersedia dan bahkan mendukung fitur seperti multi-writer, gratis untuk digunakan tetapi account premium memberikan fungsionalitas tambahan termasuk domain sobat sendiri dan disesuaikan iklan. 
  9. Mywapblog.com
    Yang juga populer disebut dengan MWB sebuah platform yang unik dan menarik yang banyak digemari oleh blogger remaja MWB ini banyak di akses lewat seluler jadi bagi sobat yang ingin blogging menggunakan HP akan lebih optimal dengan MWB ini. 
  10. Joomla.com
    Bagi sebagian blogger yang baru memulai akan terasa asing di telinga namun Joomla ini sudah sangat popular meski di negeri kita ini masih belum begitu ramai di gunakan seperti wordpress. Jomlaa sendiri merupakan sebuah sistem manajemen open source bagi siapa saja yang ingin menerbitkan artikel mereka dengan online bahkan pernah memenangkan penghargaan sebagai CMS gratis dan terbaik. 
  11. Jux.com
    Sejauh ini Jux sebagai platform blogging gratis, Jux terlihat mengagumkan, ada perbedaan besar yang membuatnya menonjol dari sebagian besar platform lain dan itu adalah fakta bahwa pengguna baru tidak melihat iklan disana mungkin karena itulah banyak orang orang yang suka. Dengan Jux sobat dapat mengambil keuntungan dari antarmuka yang benar-benar bagus dan sistem yang akan memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan blog yang keren dan memanfaatkan gambar resolusi tinggi yang tampak wah.. pada perangkat mobile.
  12. Gost.org
    Gost itu simpel dan gratis. Gost  adalah text-to-HTML conversion tool bagi penulis istilah itu disebut juga dengan ‘Markdown’. Idenya adalah bahwa  si pengguna bisa menggunakan Markdown pada sisi kiri antarmuka  dan mendapatkan Tinjauan instan pada sisi kanan. sehingga akan mempermudah si pengguna untuk menggunakan semua fiturnya. 
  13. Postach.io
    Ide di balik Postachi.io besar, hal ini didukung oleh dokumen Evernote Anda sehingga tidak ada Main-Main dan Anda hanya perlu login melalui Evernote. Jika Anda belum mendengar Evernote sebelum, itu adalah catatan mengambil aplikasi yang tersedia untuk desktop dan berbagai macam platform mobile-benar-benar jauh lebih dari itu karena ada integrasi dengan banyak aplikasi lain, bahkan ada ekstensi browser. Itu adalah semua tentang membuat hidup Anda lebih mudah dikelola.
  14. Postagon
    Postagon memiliki semua fitur-fitur penting dari blogging platform, sobat akan melihat sebuah visual editor dan pilihan untuk menggunakan Markdown (mirip dengan Gost). Postagon bekerja dengan baik di semua jenis perangkat (mobile, iPad, desktop dll) dan mengintegrasikan berbagi sosial, RSS feed, Google analytics, dan bagian yang terbaik itu adalah tidak ada iklan disana.
  15. Drupal
    dimulai pada tahun 2001 dan sejak itu telah sangat populer di kalangan blogger dan pengembang karena fitur CMS nya yang begitu mengesankan. Drupal adalah open source CMS menggunakan bahasa PHP dan membuat pengguna bisa berkekspresi dengan bebas untuk bermain dengan fitur fiturnya. 

Sebelum menutup halaman ini Jangan lupa baca artikel yang tak kalah menarik yaitu tentang cara membuat facebook. ahirnya saya ucapkan terima kasih kepada sobat semua yang sudah membaca artikel dari atas sampai bawah. selamat belajar membuat blog semoga berhasil.