Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

Cara Belanja Online di Tokopedia.com - Membeli barang lewat online di internet sekarang ini sepertiya sudah menjadi trend baik dikalangan kelas atas maupun kelas menengah, selain harga yang bersaing pembeli bisa dengan mudah mendapatkan barang apa saja tanpa harus keluar rumah.

Sobat tentu masih ingat dengan iklan di televisi tentang sebuah nama toko online yang di ciptakan oleh william Tanuwijaya ini dengan visi membangun indonesia lebih baik lewat internet.

Tokopedia merupakan toko online baru yang sudah menjadi besar yang sekarang ini namanya sudah bisa disandingkan dengan nama besar toko online seperti OLX.co.id, lazada.com, bukalapak.com, dan nama-nama lainnya.

Nama tokopedia ini mencuat  setelah seringnya beriklan di berbagai media internet ataupun elektronik dan sekarang tokopedia rasanya sudah berhasil membuat namanya "melekat" di benak kita.

Dijaman internet ini sudah seharusnya untuk tidak merasa ragu ragu berbelanja secara online karena banyak sekali toko online yang benar benar bisa di percaya meskipun harus tetap mengikuti aturan yang berlaku agar  jangan sampai salah membeli atau tertipu oleh calan penjual atau pembeli.

Sampai saat ini saya sendiri sudah sering melakukan transaksi di tokopedia dan tidak ada masalah. meskipun memang pada awalnya ada keraguan dengan barang yang akan saya beli, namun jika mau sedikit bersabar melakukan cek dan ricek pada siapa calon pembeli atau penjual, kita akan mendapatkan barang terbaik yang kiata inginkan.

Kenapa sistem transaksi di tokopedia itu aman, meski antara penjual dan pembeli tidak pernah mengenal sekalipun banyak orang tetap membeli dan berbelanja disana. bagi sobat yang sebelumnya belum mengetahui aturan ditokopedia mungkin masih ragu namun setelah mengetahuinya tentu akan berpikir lain.

Disini saya akan mencoba memberi contoh dengan simpel saja. tokopedia merupakan perantara antara penjual dan pembeli jadi setiap ada penjual apapun disana harus melalui tokopedia terlebih dahulu baru kemudian diteruskan ke pihak penjual.

Misalkan :

Jika pembeli membeli barang ke penjual maka pembeli harus tranfer dahulu ke tokopedia, setelah pembeli mendapatkan barang dari penjual. Maka si pembeli mengkonfirmasi ke tokopedia agar si tokopedia memberikan uangnya ke penjual. Jadi si pembeli sebenarnya percaya sama si tokopedia bukan kepada si penjual. jadi pusat kontrol segala aktifitas keuangan sepenuhnya ada di tangan si tokopedia.

Nah.. jika sobat ingin berbelanja secara online, tokopedia adalah salah satu tempat belanja terbaik. karena berbagai macam  online shop berkumpul disana mulai dari sepatu online, baju online, kaos online, batu akik online, grosir online, suppliyer online dan lain sebagainya. selain barang nya lengkap harganya pun murah. Dan kerennya lagi sobat bisa ikut membuat toko online sendiri di tokopedia caranyapun terbilang super mudah serta prospeknya pun sangat menjanjikan.

Mungkin sobat juga ingin membaca :
Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula
Cara Membeli Domain Berkualitas Di Namecheap dengan Paypal

di tokopedia sobat bisa berbelanja online dengan puas dan aman dari harga eceran sampai harga grosir. Nah untuk meminimalisir rasa was was saat melakukan transaksi berikut ada beberapa tips penting yang perlu sobat ketahui agar tidak mudah tetipu oleh penjual / pembeli yang berniat jahat.

Tips Penting Sebelum Membeli / Belanja di tokopedia.com 

  1. Daftar ke tokopedia - Sebelum sobat melakukan transaksi ke tokopedia sobat diwajibkan untuk mendaftar ke tokopedia terlebih dahulu. sobat bisa mendaftar dengan cepat sobat bisa mendaftar melalui akun facebook atau Google milik sobat.
    cara belanja di tokopedia.com

  2. Cari Barang yang Murah dari yang paling murah : di tokopedia banyak sekali menjual produk yang sama. maka dari itu hendaknya memilih milih barang yang paling murah namun tetap harus dengan pedoman memilih barang murah yang masuk di akal. untuk mencari barang yang paling murah dan kualitas sama sobat bisa menggunakan fitur pencarian berdasarkan kategori / harga. dan lokasi. 

      Keterangan gambar di atas adalah sebagai berikut :

      1. Kololm untuk mencari Kata kunci untuk mencari barang barang Misalkan mencari barang "modem gsm"
      2. Lokasi : untuk mencari lokasi yang mungkin lebih dekat dengan lokasi sobat soalnya semakin dekat proses pengiriman akan semakin cepat.
      3. Harga terendah
      4. Harga tertinggi
      5. Filter berdasarkan urutan
      6. Contoh Barang yang dipih
     

  3. Cari Penjual yang selalu Online : Biasakan jika soba hendak membeli barang cari tahu status online si penjual biasanya penjual yang rajin megececk barang di tokopedia akan terlihat dari status online yang ada di sidebar selebelah kanan. terlihat "terakhir online hari ini" atau mungkin juga "terakhir online sekitar 2 jam yang lalu" semakin pendek jarak waktu akan semakin bagus. ini berarti penjual sering online daripada tidak. 
    tips membeli barang di tokopedia.com

  4. Cari Toko Online yang sudah terjual Banyak Item Dan Telusuri : Sebisa mungkin ketika sobat ingin membeli barang di tokopedia cari barang yang sudah banyak terjual. semakin banyak akan semakin bagus misal barang terjual 100, 500, 1000 bahkan lebih,  tujuannya adalah agar kita bisa melihat kualitas dari produk tersebut melalui toppers (pengguna tokopedia) yang memberikan review / komentar produk tersebut, sobat bisa melihat komentar positif dari pembeli produk yang akan sobat beli di bagian bawah di situ juga terlihat banyak yang memberikan 5 bintang. artinya penjual ini profesional. 
    tips belanja di tokopedia.com
     
    cara belanja barang di tokoonline

  5. Hubungi Penjual terlebih dahulu dan cari informasi sebanyak banyaknya (track record) Si penjual : Meskipun sudah melihat status penjual  yang terlihat"selalu online" bukan berarti sobat tidak menghubungi penjual terlebih dahulu saat ingin melakukan pembayaran. sobat bisa mmenghubungi nya lewat "pesan" di tokopedia. atau jika penjual mencantumkan nomer HP, PIN BBM sobat bisa mengirim SMS terlebih dahulu kepada nya. silahkan cari tahu lebih detail lagi tentang penjual tersebut di bagian "informasi toko". tujuannnya adalah agar barang yang sobat pesan bisa langsung segera di proses. Dan jangan lupa mencari informasi track recordnya di tokopedia cara tahu lewat profilenya misalkan di bagian tab penjualan (transaksi berhasil), apa kata orang-orang yang sudah membeli barang penjual tersebut, cari rating / bintang nya lebih banyak yang 5 bintang atau tidak,  pokokya informasi apa saja,  gali lebih dalam dan lebih detail lagi agar tidak lagi menyesal di kemudian hari. 
    cara aman belanja di toko online tokopedia
     

  6. Pastikan saat mengakses alamat situs tokopedia alamat situsnya adalah WWW.TOKOPEDIA.COM jangan yang lain bahkan satu huruf pun jangan sampai salah.. ini sangat PENTING karena banyak sekali hacker dengan segala cara mencuri username + password melalui situs palsu yang mirip tokopedia dengan alamat dan tampilan situs yang mirip sehingga bagi mereka yang kurang teliti akan mudah terjebak. jadi jangan mudah percaya dengan iming iming apapun yang mengatasnamakan situs tokopedia yang biasanya mereka mengirim lewat email, SMS, sosial media, dan lain sebagainya. teliti dahulu alamat situs yang sobat akses. sebelum memasukkan alamat email dan password kesana. 

  7. (PENTING) Jangan mentransfer Uang ke rekening penjual secara langsung- Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa setiap adanya transaksi jual beli di tokopedia itu harus melalui pihak tokopedia terlebih dahulu jadi pastikan bank yang sobat transfer adalah bank milik tokopedia bukan milik  penjual barang di tokopedia.

  8. Dan lain-lain yang mungkin sobat temukan sendiri.. hmmm...
Setelah sobat melakukan beberapa tips di atas selanjutnya adalah bagaimana cara membeli barang di tokopedia. ketika sobat hendak memutuskan untuk membeli persiapkan alat pembayarannya disini bisa berupa ATM, Mobile/ SMS Banking, Internet Banking, atau transfer ke Bank. semua alat pembayaran di atas tentu saja yang paling mudah dan cepat adalah Mobile/sms banking karena sobat bisa membayar tanpa harus keluar rumah. cukup memakai handphone dengan melakukan SMS seperti biasa.

Cara Belanja Barang di  Tokopedia.com 

  1. Disini saya mengambil sampel sebuah halaman penjual tokopedia. Klik "beli"
    cara membeli di situs belanja online  dengan aman


  2. Akan muncul sebuah pop up. untuk mengisi alamat milik sobat. pastikan alamat yang di tulis disana di tulis dengan benar agar barang bisa sampai pada tujuan. 
    cara belanja toko online dengan aman

      Keterangan :

      1. Jumlah item yang akan di beli
      2. nama sobat
      3. Nama yang akan dikirim / bisa sbat sendiri bisa orang lain
      4. Pilih sesuai dengan propinsi, kabupaten, kecamatan.
      5. tulis alamat dengan selengkap lengkapnya.
      6. Pilih jasa pengiriman barang
      7. Pilih paket
      8. Ongkos kirim
      9. total biaya yang secara otomatis muncul sesuai dengan jarak kota dan jumlah item yang sobat masukkan
      10. Untuk melanjutkan
      11. Isi keterangan misalkan saja Warna Baju yang Merah. yang kuning dan lain sebagainya. 
     

  3. Dihalaman selanjutnya adalah memilih Nama Bank yang sobat anggap paling dekat atau paling mudah. sebagai contoh disini saya menggunakan Transfer ke bank MANDIRI. 
    cara belanja online

  4. Scroll ke bawah dan klik "ceck out
    cara belanja online aman di tokopedia

  5. Berikutnya adalah "bayar
    belanja online
  6. Pilih bank mana yang dirasa paling dekat dari rumah. lalu klik "konfirmasi" catat rek bank tersebut dan lakukan transfer ke rek yang ada disana. Jika sobat melakukan tranfer lewat ATM jangan lupa untuk menyimpan struk ATM sebagai bukti pembayaran. rekening bank tersebut adalah rek milik tokopedia.com bukan milik penjual yang ada di tokopedia. 
    cara membayar toko online di tokopedia

  7. Setelah sobat sudah selesai melakukan transfer ke rekening resmi tokopedia, segera lakukan konfirmasi lewat menu "pembelian" di tab "Konfirmasi pembelian"
    melakukan konfirmasi setelah transfer toko online
      

  8. INi adalah halaman penting karena disinilah sobat melakukan konfirmasi bahwa sobat sudah melakukan transfer sesui dengan jumlah yang tertera. halaman ini sebagai bukti bahwa sobat sudah melakukan tranfer ke pihak tokopedia.com 
    cara membayar toko online tokopedia


      Keterangan Gambar :
      1. Tanggal kapan sobat melakukan transfer ke tokopedia
      2. Cara Pembayaran apakah lewat ATM, Internet banking, Mobile Banking, atau setoran tunai.
      3. Nama Bank yang sobat pergunakan.
      4. Bank yang sobat gunakan untuk transfer
      5. Rekening yang sobat gunakan untuk transfer
      6. Jakarta
      7. Tujuan bank (milik tokopedia) yang sobat transferkan.
      8. Jumlah uang yang di tranfer ke tokopedia
      9. Struk ATM (jika transfer menggunakan ATM)  bisa sobat upload.
      10. Keterangan yang mungkin di perlukan
      11. pilih "Ya".. untuk mengirim konfirmasi

  9. Setelah itu silahkan tunggu barang yang sobat pesan. jangan lupa untuk melacak barang yang sobat pesan melalui kiriman resi yang biasa akan muncul di bagian menu "pembelian"
Terima kasih. semoga bisa tips cara belanja online di tokopedia memberi manfaat untuk siapa saja, khususnya bagi yang membutuhkan informasi ini.