Pengaruh Trafik Kalau Mengganti Template Blog (Pengalaman Pribadi)

Dalam SEO, template merupakan sesuatu yang sangat penting karena template ibarat sebuah alat dimana Search engine membaca artikel yang sobat buat bisa dibilang tempalte inilah yang akan mengarahkan kemana serch engine membaca blog sobat.  sobat tentu tahu kalao template yang laris adalah template yang Cantik / keren, fast loading / Cepat, Dan SEO friendly, dari situlah blogger sering kepincut dengan template baru sehingga merasa begitu "nggak tahan" pengen mengganti template yang lawas.

Dan ini adalah Pengalaman pribadi saat saya mencoba mengganti template, dan saya harap sobat tidak menjadikan pengalaman ini sebagai sebuah rumus pasti, karena saya yakin setiap blogger punya pengalaman yang berbeda. maksud saya hanya share pengalaman saja dan saya harap sobat hisa mengambil sebuah ilmu dari apa yang saya alami. memang kata "mengganti template" adalah sesuatu yang menakutkan bagi mereka yang sudah mempunyai trafik padat. maka dari itu butuh sebuah keputusan yang matang.

Alasan saya mengganti Template karena template terasa begitu berat loadingnya karena seperti yang sobat ketahui bahwa template yang berat tentunya akan mengganggu pembaca blog. jika pengunjung merasa tidak nyaman maka kualitas blog akan disamping itu juga akan mengurangi  jika sobat adalah seorang publisher. sebelum sobat mengganti template mungkin pengalaman yang saya share ini bisa menjadi sebuah "pertimbangan" manakala sobat ingin memutuskan untuk merubahnya.

Dampak Pengunjung Blog Kalau Mengganti Template 


Ini adalah gambar screenshot trafik salah satu blog saya yang mengalami penurunan saat mengganti tempate.  saya mengganti semuanya 100% termasuk kode di bawah <head> padahal template mempunyai loading lebih cepat dan berstruktur kode lebih baik dari pada template lama. namun yang terjadi trafik malah menurun dan sampai artikel ini saya buat sesuai gambar sudah seminggu 7 hari trafik belum kembali. sekiranya nanti kembali normal saya akan mengupdate lagi artikel ini.

pengaruh trafik kalau mengganti template


kalau ini berbeda, Ini adalah gambar screenshoot trafik salah satu blog saya. disini saya mengganti template 100% termasuk kode <head> nya sama dengan yang saya lakukan di atas namun di sini sejak 2 minggu yang lalu sampai sekarang saat artikel ini di buat tidak ada pengaruh trafik yang berarti .  trafik tetap stabil.

pengaruh mengganti template


Kesimpulan dari artikel di atas adalah sebagai berikut :

  1. Usahakan jangan mengganti kode meta tag ( di bawah <head> )  nya jika terpaksa ingin mengganti template. 
  2. mengganti template lebih baik tidak menjamin akan meningkatkan trafik, sebaliknya mengganti template dengan yang lebih buruk tidak menjamin akan menurunkan trafik. 
  3. Jika ingin mengganti template harus siap dengan konsekuensinya, bisa naik bisa turun juga bisa jadi stabil. 
  4. Mengganti template lebih ringan dan seo friendly lebih baik dari pada template yang kurang seofriendly karena secara logika search engine lebih mudah membaca struktur blog. namun kembali pada faktor SEO yang tidak hanya ditentukan oleh template saja karena masih banyak faktor lain yang di nilai.
  5. Sobat akan melihat pengaruh trafik dalam beberapa jam / berdasarkan pengalaman saya paling lama sekitar satu hari 
  6. jangan mengganti template jika tidak ada alasan yang kuat. khususnya bagi blog yang sudah mempunyai trafik banyak. namun bagi sobat yang terbilang baru membuat blog yang belum bertrafik  direkomendasikan mengganti template yang lebih baik guna untuk mempersiapkan diri di dalam persaingan serp nantinya. 
Selesai. semoga bermanfaat.