Cara Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking

Sudah pernah mengirim uang lewat BNI internet banking online? jika belum mungkin halaman inilah yang sedang sobat cari. Sebelum kita bahas lebih jauh Mungkin sobat ingin mengetahui lebih banyak tentang nama bank BNI yang kini menjadi salah satu bank tertua di indonesia. Bank BNI sudah berdiri sejak 5 Juli tahun 1946. dan tercatat memiliki 900 lebih cabang diberbagai pelosok negeri. BNI sekarang menjadi salah satu bank terbesar yang ada di indonesia dan menjadi salah satu bank terpercaya di negara kita. Jika sobat adalah salah satu nasabah setia Bank BNI maka menikmati transaksi internet banking BNI adalah pelayanan yang seharusnya sobat manfaatkan.

Ketika Masuk dalam era internet, BNI juga menyediakan layanan internet banking sehingga para nasabah bisa memanfaatkan jaringan internet ini untuk keperluan transfer ataupun kegiatan lainnya. transfer uang lewat Internet banking  selain mudah, cepat juga sangat fleksibel karena para nasabah bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun selama jaringan internet masih terjangkau.

Hal ini tentu saja sangat membantu para pebisnis yang ingin bertransaksi tanpa harus bertemu dengan partner bisnisnya contoh nya seperti pebisnis online internet yang sering melakukan transaksi lewat internet meskipun antara penjual dan pembeli tidak pernah saling bertemu sebelumnya.

Artikel yang mungkin sobat cari :  [Update] 7 Cara Terbaru Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula

Jika membahas tentang Transfer uang di bank maka kita akan berpikir tentang sebuah kegiatan mengirim uang dari satu rekening ke rekening lain tanpa di batasi oleh jarak. mengirim uang sekarang sudah sedemikian mudah karena hal itu bisa dilakukan dengan hanya berSMS, pergi ke ATM terdekat, atau lewat internet banking online yang sering di sebut dengan i-bank. ibank ini tentu adalah cara termudah dan termurah karena kita bisa melakukannya tanpa harus keluar rumah. namun kegiatan transfer uang lewat internet di bagi sebagian orang masih menjadi sesuatu yang "membingungkan"  karena itulah saya berharap bisa sedikit membantu siapa saja yang merasa membutuhkan informasi ini.

Kunjungi halaman ini juga : Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

Jika sobat menilik bagian fitur BNI banking online maka sobat akan menemukan menu Transfer dimana transfer ini adalah bagian fitur yang ada di bagian Menu transaksi. seperti yang terdapat pada fitur ATM sobat juga bisa mengirim uang ke sesama bank BNI maupun bank lain misalkan saja Bank BRI, MANDIRI, BCA, MEGA, DANAMON, JATENG dan lain sebagainya.

Ada poin penting yang harus sobat ketahui bahwa sebelum sobat menstransfer ke rekening baru sobat harus membuat daftar nama ID di bagian menu info & administrasi transfer di tab atur rekening tujuan gunanya yaitu untuk membuat daftar rekening. lebih detail lagi bagaimana cara membuat daftar nama ID rekening baru silahkan sobat tengok bagian MENGATUR REKENING TUJUAN. di bagian bawah.

lihat juga : Cara Membeli Domain Berkualitas Di Namecheap dengan Paypal



Cara Masuk / login ke BNI Internet Banking menggunakan PC / laptop

Karena fitur dan tampilan BNI internet banking yang ada di PC dan hp (android) berbeda sebagai contoh disini  saya menggunakan browser chrome (laptop / PC / netbook) untuk melakukan kegiatan transaksi.

  1. Pastikan sobat mengetik URL / alamat situs bank BNI dengan benar yaitu  http://bni.co.id/
  2. Di sebelah kanan sobat bisa melihat beberapa tombol untuk mengakses BNI. sobat bisa masuk BNI di tombol Personal "login"
    cara transfer rekening dengan BNI internet banking
  3. Isi dengan ID dan password yang sudah sobat buat sebelumnya. lalu pilih "login
    cara transfer rekening bank BNI internet banking
  4. Selanjutnya adalah melakukan transaksi yang bisa sobat lihat tutorialnya di bawah ini. 


Mengatur Rekening Tujuan ketika hendak melakukan transfer BNI / selain bank BNI 


Sebelum sobat ingin melakukan transfer ke rekening baru sobat di wajibkan menambahkannya di daftar rekening tujuan. ketika sobat sudah menambah rekening baru di menu mengatur rekening tujuan maka secara otomatis nama dan rekening ini akan muncul di menu transfer (transfer antar rek BNI ) / (transfer antar bank online) tergantung pilihan yang sobat inginkan.


  1. Setelah sobat login ke ibank BNI internet banking lewat URL  http://bni.co.id/id-id/Beranda.aspx / https://ibank.bni.co.id/ sobat pilih tab transaksi kemudian silahkan pilih di bagian "info & administrasi transfer" dan berikutnya klik pada "atur rekening tujuan" 
    cara transfer menggunakan BNI internet banking
  2. Di bagian ini sobat bisa memilih "tambah rekening tujuan" kemudian klik "Ok"
    cara transfer rekening BNI online
  3. Isikan kolom yang ada disana. 1. Nama singkat adalah nama yang bisa sobat isi dengan nama yang sobat inginkan. atau sobat bisa mengisi dengan nama sesuai dengan nama yang sobat inginkan. 2. pilih "Transfer antar rekening BNI" jika rekening tujuan adalah BNI dan silahkan pilih TRANSFER ONLINE ANTAR BANK jika sobat ingin menambahkan rekening selain bank BNI misal BRI, MANDIRI, BCA, DANAMON dan lain sebagainya. 3. Ketikkan dengan nomer rekening tujuan. jika sudah silahkan lanjutkan dengan mengklik pada 4 ("lanjut") jika nomer rekening sudah benar maka Inisial akan muncul pada  kolom "Nama penerima"
    cara transfer online lewat bank BNI internet banking terbaru
  4. Pastikan inisial yang muncul disana sudah benar misalkan nama rekening tujuan adalah Joko Widodo maka inisialnya akan terlihat J*** W*****
    cara transfer rekening lewat ibank bni
  5. selanjutnya adalah giliran BNI E-Secure cara menggunakan e-secure ini seperti kode password setiap transaksi yang sobat lakukan melalui ibank diwajibkan untuk mengisi BNI e-secure response. sedangkan cara menggunakan e-secure adalah sebagai berikut  
    cara transfer BNI internet banking online

    1. Hidupkan esecure sobat (tanda segitiga)
    2. Masukkan 6 password / PIN milik sobat
    3. Pilih Apply seperti yang tertera di Esecure challenge dan tulis 6 digit angka e-secure challenge nya 
    4. Otomatis akan muncul nomer e-secure response 
    5. silahkan masukkan 6 angka esecure response yang muncul  tadi ke kolom  e-secure response yang ada di PC sobat
    6. Klik Proses


  6. Nama ID baru sudah berhasil ditambahkan.
    cara transfer internet banking bni personal
  7. Berikutnya sobat tinggal mentransfer sejumlah uang ke rekening yang baru sobat tambahkan. selengkapnya silahkan lihat artikel selanjutnya di bawah ini. 

Cara Transfer BNI internet banking (i-bank ) di 



  1. Disini adalah bagian awal pada tab "Transaksi" disana ada beberapa menu pilihan seperti, Transfer antar rek. BNI, transfer online antar bank, transfer RTGS, transfer kliring, transfer ke rek dana pensiun, dan gunakan templae transfer. Untuk keperluan transfer ke sesama bank BNI sobat bisa memilih "transfer antar Rek. BNI. biaya administarasi / admin transfer untuk sesama bank BNI adalah gratis sedangkan biaya transfer online antar bank dikenakan biaya Rp.6.500 per transaksi. (biaya bisa berubah sewaktu-waktu).
  2. Ini adalah halaman yang bisa sobat gunakan untuk keperluan transaksi ke sesama BNI. seperti yang telah sobat baca sebelumnya bahwa sobat sudah membuat / mengatur rekening tujuan secara otomatis nama / rekening yang telah dibuat akan muncul pada nomer 2.


    Keterangan Gambar
    1. Pilih dengan saldo rekening (IDR)yang sudah tersedia.
    2. Daftar nama rekening tujuan (daftar yang telah dibuat melalui proses mengatur rekening tujuan di atas)
    3. jumlah nominal yang akan sobat kirim / transfer
    4. Proses untuk melanjutkan transfer

  3. Selanjutnya adalah melanjutkan dengan mengisi e-secure respone, caranya sama dengan cara yang sudah di tuturkan di atas.  (lihat pada bagian artikel di atas mengatur rekening tujuan pada nomer 5). sesudah mengisi e-secure response klik "Proses"  
    transfer online ke Rek BNI menggunakan BNI e-secure
  4. Transaksi sudah selesai di lakukan dengan di tandai notifikasi " transaksi dengan id referensi 898977 telah berhasil dilakukan.  
  5. Jika sobat ingin mengeprint hasil transaksi sobat bisa mengklik tombol unduh yang ada di  pojok bawah sebelah kanan. sobat akan mendapatkan faktur transaksi berupa file PDF. sobat bisa mengcopy printpdf tersebut untuk dijadikan struk bukti transfer.

Lalu bagaimana cara transfer menggunakan hp android. apakah juga bisa transfer seperti di lakukan di PC. BNI internet banking telah membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan nasabah untuk keperluan transaksi demi kelancaran bisnis maupun keperluan para nasabah. berbeda dengan transfer menggunakan PC / laptop di mobile internet banking sobat bisa mentransfer ke rekening BNI maupun rekening selain BNI tanpa harus menambah daftar rekening terlebih dahulu. aplikasi sobat bisa mendownload lewat situs resmi google play instal seperti biasa dan login menggunakan id i-bank milik sobat.

Download BNI EXPERIENCE via Google play



untuk transfer menggunakan hp android akan dibahas di lain waktu mengingat artikelnya sudah terlalu panjang maka alangkah baiknya jika di pisahkan  saja. hehe.. Terima kasih dan selamat mencoba..