Sunday, November 26, 2017

Cara Sinkronisasi Dua Folder Secara Real Time di Windows


Apakah sobat ingin menyimpan dua folder di dua lokasi berbeda yang disinkronkan secara real-time? Mungkin sobat memiliki satu folder di desktop atau laptop sobat dan sobat ingin menyinkronkannya dengan PC lain di rumah sobat atau ke perangkat penyimpanan eksternal seperti hard disk USB atau ke perangkat penyimpanan terpasang jaringan (NAS)?

Ada banyak program freeware di luar sana yang dapat membantu sobat menyinkronkan dua folder, namun sangat sedikit dari mereka yang berhasil melakukan sinkronisasi folder secara real time. Yang saya maksud dengan real-time adalah pengguna tidak perlu secara manual membuka program dan menjalankan sinkronisasi atau harus menunggu program berjalan secara berulang.

Lihat juga : 
Puluhan Aplikasi Laptop / PC Terbaru Buat Windows Makin Keren
Cara Instal Ulang Windows 7 di Laptop/Komputer dengan Flashdisk Bootable


Pada artikel ini, saya akan menulis tentang program freeware yang bisa sobat gunakan untuk mengatur sinkronisasi real time antara dua folder yang tersimpan di lokasi yang berbeda. Ini berguna untuk tujuan backup atau jika sobat bekerja dalam tim dan ingin menghindari layanan Cloud seperti Dropbox atau Google Drive .

Baca juga : 
14 Cara Mempercepat Booting Windows pada PC / Laptop
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)

Cara Sinkronasi 2 Folder Secara realtime menggunakan Program Dsynchronize


Dsynchronize adalah program freeware yang dikembangkan oleh beberapa pengembang di Polandia padatahun 1990an! Namun, jangan menilai buku dari sampulnya karena program yang ini sangatlah bagus untuk di coba.

Download DSynchronize Windows Gratis

Setelah sobat sobat mendownload Dsynchroniize dalam bentuk file ZIP, teruskan dan ekstrak semua file dan kemudian jalankan file aplikasi.

Saat pertama kali menjalankan aplikasi, sobat akan melihat dua kotak di bagian atas untuk sumber dan tujuan. Kita perlu mengkonfigurasi yang pertama.

Cara Sinkronisasi Dua Folder Secara Real Time di windows


Centang kotak untuk Sumber dan kemudian tekan Enter . Sekarang sobat akan melihat dua tombol muncul di sebelah kanan: Filter dan Browse .

cara sinkronasi folder dengan Dsynchronize



Klik tombol Browse dan pilih folder pertama sobat. Setelah dipilih, sobat dapat mengklik tombol Filter jika sobat ingin mengecualikan jenis file tertentu atau untuk mengecualikan subfolder. Jika sobat ingin semuanya disinkronkan, maka jangan hiraukan tombol filter.


Setelah dua folder kita dipilih, kita bisa mulai mengkonfigurasi pilihannya. Secara default, sinkronisasi hanya akan bekerja saat sobat mengeklik tombol Sinkronisasi . Menurut dokumentasi, sobat harus melakukan sinkronisasi normal terlebih dahulu sebelum mengaktifkan sinkronisasi Realtime.

cara sinkronasifolder di windows 8


Namun, sebelum kita melakukan sinkronisasi apapun, mari kita konfigurasikan pilihannya. Untuk memulai, jika sobat ingin menyimpan perubahan disinkronkan antara kedua folder, sobat harus memeriksa sinkronisasi dua arah . Ini akan secara otomatis mengaktifkan kotak Copy only newer files juga. Saya juga merekomendasikan memeriksa folder Create jika tidak ada sehingga ketika sobat membuat folder baru dalam satu folder, maka secara otomatis akan membuat folder yang sama di folder lain yang disinkronkan.

Pilihan penting lainnya adalah Backup Changes . Ini berguna, jika sobat ingin menyimpan beberapa versi perubahan jika sobat tidak bermaksud menghapus sesuatu atau sobat ingin melihat versi dokumen sebelumnya.
Ada beberapa pilihan lagi, yang cukup jelas. Jika sobat bingung, pastikan untuk membaca file TXT yang terletak di folder tempat aplikasi tersebut dilepas.

Silakan klik tombol Sinkronisasi untuk menyelesaikan satu sinkronisasi. Setelah sobat melakukan ini, sobat sekarang dapat membuat beberapa perubahan dan kemudian melakukan sinkronisasi lain untuk memastikan kinerjanya sesuai keinginan sobat.

software yang di gunakan untuk  sinkronasi folder di PC


Untuk mendapatkan sinkronisasi waktu nyata, sobat harus memeriksa kotak sinkron Realtime di bawah pilihan Khusus . Sekarang jika sobat membiarkan jendela program terbuka dan mulai menambahkan, menghapus atau memperbarui file di folder sumber atau tujuan, sobat akan melihat bahwa folder tersebut diperbarui secara otomatis tanpa intervensi pengguna.

Ini masih belum ideal karena sobat harus menjaga agar jendela program tetap terbuka, namun pengembang cukup psobati untuk memahaminya. Di bawah sinkronisasi Timer , ada dua opsi lagi yang perlu sobat periksa: Autostart dan Autostart As Service .

Saat sobat mencoba untuk memeriksa tombol Autostart, sobat akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa sobat harus memulai Dsynchronize sebagai Administrator. Untuk melakukan ini, tutup program dan kemudian klik kanan pada file aplikasi dan pilih Run as Administrator .

cara menjalankan software sinkronasi di laptop atau pc


Sekarang sobat harus bisa memeriksa kotak Autostart tanpa pesan. Selanjutnya, periksa kotak Autostart As Service dan sobat akan mendapatkan popup di mana sobat harus mengklik tombol Install Service .

cara menjalankan Dsyncronize di pc


Setelah sobat melakukannya, tombol Start Service akan menjadi mudah diklik. Klik itu dan jangan khawatir dengan Account, Password, dll. Pastikan Account Sistem dicek. Klik Selesai dan sobat harus melihat program sekarang mengatakan itu berjalan sebagai layanan.

cara sinkronasi pc menggunakan softwwaregratis Dsyncronize


Itu dia! Sekarang tutup program dan mulailah memperbarui, menambahkan atau menghapus data dari folder sobat dan perhatikanlah karena tindakan tersebut langsung disinkronkan ke folder lainnya.

cara sinkronas folder atau file komputer menggunakan Dsyncronize


Secara keseluruhan, program ini bekerja dengan sangat baik dalam pengujian saya dan saya terkesan dengan kecepatan dan juga fakta bahwa saya dapat menyimpan backup perubahan dan melihat file log dari semua yang telah diperbarui, ditambahkan atau dihapus.


0 comments:

Post a Comment