14 Cara Mempercepat Booting Windows pada PC / Laptop

Cara mempercepat booting windows - Setiap hari jutaan mesin Windows di-boot dan setiap hari jutaan orang duduk diam dengan menunggu Windows dimuat ke desktop. Jumlah waktu yang terbuang mungkin dapat diukur dalam beberapa minggu mengingat seberapa lambat kebanyakan komputer Windows boot! Syukurlah, ada banyak langkah yang bisa sobat lakukan untuk mempercepat waktu boot komputer sobat.

Pada artikel ini, saya akan menyebutkan 14 cara yang berbeda untuk mempercepat PC saya selama bertahun-tahun dan mudah-mudahan juga berhasil untuk sobat. Sebagian dari sobat dapat segera menerapkan sementara yang lain akan memerlukan membeli perangkat keras baru atau mengubah sistem operasi sobat. Saya tidak akan menyebutkan membeli komputer baru karena itu adalah solusi yang jelas. Intinya adalah mempercepat waktu booting tanpa harus secara drastis mengubah pengaturan sobat saat ini.

Baca juga : 
Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer/ PC Panas Dan Tiba-tiba Mati
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)
Cara Instal Ulang Windows 7 di Laptop/Komputer dengan Flashdisk Bootable


Cara Mempercepat Booting Windows pada PC / Laptop dari biasanya


Berikut daftar tips agar start up windows berjalan lebih cepat dari biasanya. 

1. Free Up Disk Space

Hal pertama yang saya lakukan pada komputer yang berjalan lambat adalah membersihkan ruang disk karena saya telah menemukan bahwa saya menggunakannya lebih sering daripada yang saya bayangkan. Ada banyak fitur Windows yang menggunakan cukup banyak ruang disk seperti recycle bin, system restore, file hibernasi, file paket layanan yang didukung, kemudian folder WinSxS, direktori temp, dll.

cara mempercepat booting windows


Selain itu, sobat mungkin memiliki banyak data yang tersimpan sehingga sobat mungkin bisa pindah ke hard drive eksternal atau menghapusnya seperti file duplikat. Free Up Disk Space di Windows, Kurangi Ukuran Folder WinSxS, Hapus File dan Foto Duplikat


2. Nonaktifkan Efek Visual

Pada kebanyakan PC modern, tip ini tidak akan benar-benar membuat banyak perbedaan, namun satu mesin yang lebih tua, bisa membuat perbedaan yang cukup besar. Ini juga bisa membuat perbedaan jika sobat memiliki komputer yang layak, tapi graphic card jelek.


cara mempercepat booting windows nonactifkan visual efek
Menonaktifkan efek visual pada Windows pada dasarnya akan membuat komputer sobat terlihat lebih mirip Windows 2000 karena akan menyingkirkan tema Aero dan menghapus semua transparansi dan animasi. Ketika datang ke waktu booting, menonaktifkan efek visual akan membawa desktop sedikit lebih cepat.



3. Optimalkan Paging File 

File paging selalu memainkan peran penting di Windows dan meskipun kebanyakan orang tidak pernah menghiraukan file paging, file tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja Windows dan mengurangi waktu booting jika dikonfigurasi dengan benar.

cara mempercepat boot windows optimalkan paging file


sangat penting untuk mengoptimalkan file paging jika komputer sobat tidak memiliki banyak RAM. Apa pun yang kurang dari 4GB RAM adalah alasan yang cukup untuk bermain-main dengan file paging.


Lihat juga :
Cara Cepat Membuat Jaringan WiFi di Laptop Dengan Mudah




4. Pasang lebih banyak RAM

Saya telah menggunakan mesin modern yang menjalankan Windows 8 dengan prosesor Core i3, i5 atau i7, namun hanya mengelola RAM 2 atau 4 GB! 4 GB tidak buruk dan seharusnya cukup untuk kebanyakan orang, tapi tidak ada alasan komputer modern apapun harus memiliki RAM kurang dari yang terpasang.


Jika sobat menjalankan Windows 64-bit di desktop, sobat harus mencoba 8 GB RAM. Perhatikan bahwa jika sobat memiliki OS 32-bit, Windows tidak dapat melihat lebih dari 4 GB RAM, jadi itulah yang seharusnya sobat instal.


5. Defragment Hard Drive

Sekali lagi, tip khusus ini akan membantu mereka yang menjalankan versi Windows yang lebih tua seperti Vista atau XP karena Windows 7 dan Windows 8 secara otomatis defragment hard drive.

cara mempercepat proses booting windows 7 Defragment Hard Drive


Juga, jika sobat menggunakan SSD (solid state drive) dan bukan hard drive tradisional, sobat ingin memastikan TIDAK melakukan defragment pada drive.


6. Nonaktifkan Program Startup

Program Startup adalah faktor utama lainnya pada waktu boot Windows yang lambat. Jika sobat adalah salah satu dari orang-orang yang memiliki lebih dari 5 ikon yang muncul di area notifikasi taskbar, waktu boot sobat mungkin bisa dikurangi. Menggunakan utilitas MSCONFIG, yang hadir dengan hampir setiap versi Windows, sobat dapat menonaktifkan program startup dengan cepat dan mudah.


Sebagian besar program startup dapat dinonaktifkan karena program pihak ketiga seperti Adobe, Dropbox, Google Update, dll. sobat dapat menjalankan semua ini sendiri secara manual saat sobat menggunakannya sehingga mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan Windows untuk dimuat.


7. Uninstall Programs

Selain menonaktifkan program startup, sobat juga harus menghapus semua program yang tidak lagi sobat gunakan atau butuhkan. Saya telah melihat banyak PC dengan banyak sekali aplikasi sejak bertahun-tahun yang hanya duduk di komputer orang-orang seperti debu pada kipas angin. Ada saatnya sobat perlu menyingkirkan program tersebut karena mereka menambahkan entri registri yang akan memperlambat proses booting.


Lihat juga : Cara Instal dan Uninstal Program/Aplikasi di Laptop Termudah Tercepat

8. Jalankan Utilitas Pembersihan

Satu masalah yang bisa sobat hadapi dengan menguninstall sekumpulan program adalah entri registri yang mereka buat tidak harus dihapus. Dalam kasus seperti itu, saya selalu merekomendasikan untuk menjalankan utilitas pembersihan seperti CCleaner karena mereka sangat aman dan melakukan perubahan pada waktu booting.


jalankan utilitas pembersihan untuk mempercepat booting


9. Upgrade ke SSD

Saya tidak ingin menyebutkan banyak perangkat keras, tapi ini bisa menjadi pilihan yang cukup murah dengan keuntungan besar. sobat dapat mengambil SSD 64 atau 128 GB dan hanya menginstal Windows pada drive itu. Jelas, memindahkan instalasi sobat saat ini atau menginstal dari awal adalah banyak pekerjaan, jadi ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan setiap orang, tapi pasti layak dicoba.
cara mempercepat booting windows 7 upgrade ke SSD


SSD telah memperbaiki waktu booting mesin Windows 7 saya secara signifikan dan ini membuat program yang berjalan di Windows jauh lebih cepat juga. Hal  ini akan memberi sobat hasil yang jauh lebih baik daripada sebagian besar tip perangkat lunak yang saya sebutkan di sini.

 Lihat juga : Cara Melihat dan Memahami Spesifikasi Laptop / komputer Dg Mudah

10. Upgrade ke Windows 8.1

Meskipun banyak orang kurang menyukai Window 8,  namun bootingnya sangat cepat..

jika sobat cukup sabar dengan gangguan Windows 8, sobat akan melihat pengurangan besar dalam waktu boot bahkan dengan perangkat keras semi-tua.

cara mempercepat booting windows 7 upgrade windows 8


11. Ubah Pengaturan BIOS

Saat komputer sobat boot up, BIOS akan memuat sistem operasi. Sejumlah besar waktu boot dapat digunakan dalam fase khusus ini dan tidak satu pun tip yang disebutkan sejauh ini yang akan membantu mempercepat proses ini sama sekali.

ubah pengaturan bios untuk memperepat booting windows


Ini karena BIOS tersimpan pada chip memori pada motherboard dan oleh karena itu tidak terpengaruh oleh hal lain pada sistem, termasuk perangkat keras seperti RAM, hard drive, dll. Pada dasarnya ada dua cara untuk mempercepat proses BIOS: ubah urutan booting sehingga harddisk dengan OS terdaftar terlebih dahulu dan aktifkan booting cepat, yang akan menonaktifkan semua pemeriksaan perangkat keras yang pada awalnya dilakukan saat proses booting.

sobat harus mengunjungi Google sedikit untuk melihat apakah BIOS sobat mendukungnya atau sobat dapat memasukkan BIOS dengan menekan F2 atau tombol apa pun yang terlihat saat startup. Ini juga mungkin layak upgrade BIOS jika sobat belum melakukannya dalam waktu yang sangat lama.



12. Selalu perbarui PC 

Saat Windows loading, ia harus memuat banyak driver untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik seperti port USB, kartu grafis, kartu suara, hard drive, kartu jaringan, chip memori, dll, dll.

perbaharui pc untuk mempercepat booting windows 7


Penting untuk selalu update semua driver ini karena versi terbaru berisi perbaikan, peningkatan kecepatan, peningkatan kompatibilitas, dll. Untungnya, ada banyak perangkat lunak di luar sana yang dapat memperbarui driver secara otomatis untuk sobat.
Selain itu, sobat harus selalu menginstal pembaruan Windows terbaru menggunakan alat Pembaruan Windows di Panel Kontrol.


13. Nonaktifkan Perangkat Keras yang Tidak Digunakan

Jika sobat bisa mengurangi jumlah driver yang Windows harus load saat startup, maka sobat akan mengurangi waktu boot juga. Jika sobat masuk ke manajer perangkat, sobat akan melihat ada beberapa item yang dapat sobat nonaktifkan jika sobat tidak menggunakannya lagi.
cara agar booting windows lebih cepat


Beberapa item yang telah saya miliki termasuk drive floppy disk dan kontroler, pengendali bluetooth dan radio, modem dan adaptor Wifi virtual. Jelas, sobat hanya ingin menonaktifkan barang yang sobat tahu tidak akan sobat gunakan.


14. Gunakan Alamat IP Statis

Saya benar-benar tidak percaya pada tip ini ketika saya pertama kali mendengarnya, tapi ketika saya mencobanya di komputer saya, saya terkejut melihat beberapa detik mengurangi waktu booting. Rupanya, komputer sobat harus menghubungi server DHCP router untuk mendapatkan alamat IP saat boot dan proses ini dapat dipercepat jika sobat hanya menetapkan alamat IP statis untuk router sobat.



Saya hanya merekomendasikan melakukan ini jika sobat membuat catatan untuk diri sendiri bahwa sobat telah melakukan ini karena memiliki alamat IP statis kadang-kadang dapat menyebabkan banyak masalah bagi orang-orang yang sulit dipahaminya kecuali sobat cerdas secara teknis. Misalnya, jika sobat melepaskan komputer dari jaringan lokal sobat dan terhubung ke jaringan lain, sobat mungkin tidak dapat mengakses sumber daya atau Internet karena subnet sobat tidak sesuai dengan subnet jaringan baru. Jadi, ada baiknya sobat melakukan ini jika sobat mengerti cara kerjanya.
Itu saja. Semoga sobat menikmati daftarnya dan beberapa tip membantu mempercepat waktu boot sobat. Jika sobat memiliki pertanyaan, silakan memberikan komentar.