Thursday, December 21, 2017

Cara Koreksi Warna Foto / Gambar Ala Fotografer di Photoshop


Cara koreksi foto - Photoshop adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik di dunia yang banyak di gunakan para fotografer mulai dari pemula hingga profesional. Banyak sekali foto yang berhasil di edit menjadi sebuah foto yang penuh dengan nilai seni dan unik. Teknik koreksi warna pada foto ini biasanya di lakukan oleh para fotografer untuk menghasilkan warna yang di inginkan.

Posting kali ini saya akan mengulas trik dalam aplikasi photoshop. Sebagian adalah untuk tingkatan mahir. Jadi apabila sobat kebingungan dalam mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini, sebaiknya cobalah untuk memulai mempelajari apliksi ini dari dasar.

Dalam artikel ini saya akan menyampaikan cara yang sederhana  untuk menyetel paparan cahaya pada foto di  f-stop increments, yang menjadi kebiasaan para fotografer.

Lihat juga : 
Cara Edit Menghilangkan Background Foto Dengan Photoshop
Cara Menggabungkan Dua atau Banyak Foto / Gambar Jadi Satu


Cara Koreksi Warna Foto / Gambar Ala Fotografer di Photoshop 


Kunci tehnik ini adalah pada mode Screen and Multiply layer blending. Pada tingkat opacity  38 % akan menghasilkan efek yang sangat mirip dengan menambahkan cahaya atau menggelapkan foto dengan tehnik one full f-stop. Untuk half-stop adjustments kita gunakan opacity 19 %, untuk one-third stop gunakan opacity 13 % dan seterusnya.

Dalam contoh berikut, kita akan membuat gambar lebih gelap dengan tehnik one stop



1. Menciptakan f-stop correction layer. 

Apabila sobat mengedit gambar yang flat misalnya hasil jepretan kamera foto atau scan, maka duplikatlah dahulu Background layer dengan klik menu Layer .
Jika sobat mengedit gambar yang memiliki layer, maka buatlah layer baru dari menu Layer > New. Kemudian tekan tombol Ctrl +Alt+shift+E untuk merger semua konten dalam file menjadi satu layer

2. Menerapkan global f-stop correction. 

Pilih layer yang baru sobat buat pada di Layers palette, lalu setel blending mode pada  Multiply dan opacity  38%. Langkah ini akan membuat  gambar menjadi gelap dengan satu langkah.

Cara Koreksi Warna Foto  Gambar Ala Fotografer di Photoshop dengan mudah


3. Menambahkan  Layer Mask. 

Mengoreksi gambar secara global seperti langkah di atas dapat menjadikan gambar tumbuhan sepanjang aliran air menjadi terlalu gelap. Untuk mengoreksi gambar pada bagian tertentu, perlu sobat tamnahkan Layer Mask. Caranya pilih menu Layer < Add Layer Mask. Dalam hal ini gunakan pilihan Reveal All.  Namun untuk mengedit area yang lebih kecil, maka lebih efisien jika sobat memilih Hide All.

Catatan :
Apabila sobat memilih Add Layer Mask, maka otomatis layer ini menjadi layer utama pada palette  Channels , lalu warna background dan foreground otomatis menjadi hitam dan putih.

4. Constrain The Correction. 

Gantilah  warna  foreground menjadi hitam, gunakan Brush Tool untuk melukis area yang tidak ingin sobat edit dengan menggunakan kuas yang halus pinggirnya. Dalam hal ini cobalah untuk gunakan opacity 33% untuk mengurangi koreksi pada aliran air menjadi 1/3 stop.
cara koreksi warna di foto ala fotografer


5. Percobaan 

Tehnik ini sendiri memiliki banyak variasi. Setelah sobat mengoreksi area yang diinginkan, sobat bisa mengubah kekuatan opacity pada palet layer. Contoh apabila sobat memutuskan untuk menjalankan tehnik two-stop correction, maka perbesar opacity layer manjadi 38 % sampai 76 %.
sobat juga bisa melakukan eksperimen lain dengan tehnik yang lain.

Apabila area yang tidak ingin diedit mudah untuk dipilih dengan salah satu tool yang tersedia pada toolbar, maka sobat bisa membuat bisa gunakan salah satu tool yang tersedia. Kemudian pilih menu Layer < add layer Mask lalu pilih Reveal Selection atau Hide Selection. Kemudian silakan berkreasi sesuai dengan keinginan sobat.


0 comments:

Post a Comment