Cara Membuat Tulisan Metalik Keren di Photoshop

Kali ini kita akan membahas lagi tentang tutorial photoshop, Jika kemaren kita sudah mengenal bagaimana cara mengoreksi warna pada foto sekarang kita akan mencoba membuat teks atau tulisan metalik keren dengan mudah. Tutorial ini di khususkan bagi sobat yang sudah terbiasa dengan photoshop sebelumnya alias sudah mahir. Bagi sobat yang sebelumnya belum pernah menggunakan photoshop mungkin bisa sobat jadikan bahan penambah ilmu dalam dunia foto editing.

Photoshop adalah salah satu program edit foto terbaik di dunia yang sudah di bekali dengan beranekaragam tool yang canggih. salah satunya adalah kemampuannya dalam membuat tulisan dengan gaya metalik banyak kita temui pada iklan mobil, sampul CD dan logo film. Tulisan dengan warna metalik ini akan terlihat lebih hidup dan keren dibandingkan dengan teks normal.

Sebagian dari sobat mungkin perlu terlebih dahulu memahami langkah yang terlompati dalam trik ini. Namun tidak ada salahnya sobat Ikuti langkah-langkah berikut ini apabila ingin mengetahui cara membuat tulisan metalik secara instan.

cara membuat tulisan metalik di photoshop
Baca juga : 
11 Aplikasi Edit Foto iOS (iPhone iPad) Paling TOP Gratis Terbaik
Cara Edit Gambar / Foto Menggunakan Program Snagit Editor

Perhatikan dengan seksama tutorial di bawah ini.

Tahapan-tahapan membuat teks metalik di program edit foto Photoshop


1. Buat File baru
Buatlah file Photoshop yang cukup besar untuk mengisi logo yang akan sobat buat. Ini terkait dengan ukuran resolusi file.

2. Tambahkan Gradient.
Tambahkan linear gradient dari atas sampai ke bawah dengan menggunakan gradient tool. Pilihlah warna yang sobat sukai.
cara membuat teks metalik coklat



3.Tambahkan Tulisan
Gunakan Horizontal Type Tool, ketik kata yang sobat inginkan.
cara menambahkan tulisan metalik di photoshop

4.Warp Text
Pada Type Options bar, klik ikon Create Warped Text. Silakan memilih efek dan bentuk yang sobat sukai. Di sini akan kita coba untuk meningkatkan effect dengan prosentasi Bend yang kecil. Klik OK.


5. Buat Path.
Buatlah path untuk tulisan, pilih menu Layer > Type > Create Work Path. Path yang baru bisa sobat temukan di bawah Path palette. Teks asli yang berubah bisa sobat batalkan atau cukup sobat sembunyikan.
cara membuat path untuk teks metalik di photoshop

Gunakan Direct Selection Tool, Path bisa kita modifikasi menjadi bentuk apapun yang sobat inginkan tambahkan Anchor Point untuk mengubah bentuk asli huruf “C” menjadi bentuk lain yang lebih artistik.

6. Isi  Path.
Setelah modofikasi path selesai, buat layer baru dan isilah path dengan warna. Banyak cara untuk menerapkan hal ini. Salah satu cara yang mudah adalah dengan klik tombol Fill Path di bagian bawah Path palette. Warna yang sobat gunakan tidak akan relevan karena  nantinya akan tertindih dengan efek berikutnya.
cara teks berubah menjadi warna metalik di photoshop


7. Tambahkan Drop Shadow.
Tekan Alt+Double klik pada layer logo sobat di Layers palette untuk mengaktifkan pilihan kotak dialog Layer Style. Langkah ke 7–10 dikerjakan dalam kotak dialog ini.
Pada kotak dialog Layer Style, pilih  Drop Shadow. Sesuaikan dengan keinginan.

8. Tambahkan Bevel And Emboss.
Klik pada Bevel and Emboss. pilih Chisel Hard dan perbesar kedalamannya pada pilihan Depth.
tambahkan  bevel dan  emboss untuk tulisan metalik

9. Tambahkan Gradient Overlay
Pilih Gradient Overlay. Klik  pilihan Gradient untuk menampilkan Gradient Editor. Pilih tipe gradient yang menyerupai refleksi metal/logam.

Apabila sobat dobel klik gradient yang sobat inginkan, maka akan tampil kotak editor dari gradient yang sobat pilih. Silakan menyesuaikannya sesuai yang sobat sukai. Slide pada editor bisa digeser untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
sobat juga bisa menambahkan point slide baru dan menambah warna lain dengan mengklik bagian bawah editor, apabila menginginkannya. Adapun bagian atas adalah untuk kontrol opacity.

tambahkan overlay untuk tulisan metalik di photoshop


10. Adjust the angle.
Setelah penataan Gradient selesai, klik Ok untuk keluar dari editor. Kembali pada Layer Style, sesuaikan sudutnya (angle) sehinggs gradient bisa menyatu dengan logo pada sudut yang tepat dan menghasilkan efek metalik yang memuaskan.

11. Tambahkan Stroke.
Terakhir tambahkan SBtroke untuk memberi garis tepi pada logo. Klik OK untuk keluar dari dialog Layer Styles.




Selesai....

Semoga bermanfaat. Terima kasih.