Cara Transfer Lewat SMS Banking Mandiri Terbaru

Cara transfer SMS banking Mandiri - Untuk melakukan transfer / transaksi ke seluruh Bank Indonesia ada berbagai macam cara salah satunya adalah lewat ATM, Internet Banking, SMS banking dan lain sebagainya. Kegiatan transfer saat ini yang sudah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan oleh para nasabah apalgi di tahun sekarang yang berbelanja serba online.

Di tahun milenial ini rupanya telah mengharuskan para nasabah untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan layanan yang ada. kemudah  ini rupanya berhasil membuat banyak nasabah setia menyimpan uang di bank mandiri.

Contohnya adalah fitur layanan SMS banking Bank Mandiri yang sudah lama kemudahan bagi setiap nasabah untuk mengirim sejumlah uang ke rekening sesama Bank Mandiri atau Bank lain selain bank Mandiri seperti BRI, BNI, BI, BCA  dan lain sebagainya.

Dengan SMS banking ini Bahkan dengan Handphone yang jadul pun sobat bisa melakukan transfer uang di mana dan kapan saja kepada siapa saja bahkan ke manca negara sekalipun. Kegiatan SMS banking ini sangat membantu si nasabah ketika mereka tidak mempunyai waktu untuk pergi ke bank ataupun ATM terdekat cukup dengan mengirim SMS transfer sudah bisa dilakukan.

Layanan SMS banking Mandiri ini sangat memudahkan siapa saja untuk melakukan transaksi sejumlah uang kapan dan dimana saja. bahkan tanpa jaringan internet pun SMS ini tetap bisa dilakukan,

Dengan biaya yang hanya sekitar Rp 960 per SMS (tarif bisa berubah sewaktu-waktu) sobat bisa melakuan banyak hal seperti transfer sesama sataupun selain Mandiri, pembayaran tagihan PLN, Pembayaran Tekom, PAM, PBB, Tagihan kartu kredit, Asuransi, Pembayaran Langganan TV, dll, pembelian pulsa, Tiket pesawat, Hotel dll, informasi  history transaksi, iformasi kurs mata uang, informasi saldo dll  semua bisa dengan mudah dengan hanya lewat SMS saja.

Baca juga :
Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia
Cara Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking

Sebelum sobat melakukan transfer via SMS mandiri, nomer harus sudah di registrasi. Adapun cara registrasi nomer ini hanya bisa dilakukan dengan mendatangi kantor bank mandiri terdekat.

Sebenarnya sobat bisa melakukannya dengan menggunakan ATM mandiri namun mendaftarkan nomer hp lewat ATM belum bisa mendapatkan semua fitur yang ada. Jadi, memang harus datang ke kantor bank mandiri terdekat.

Jika sobat ingin mencoba mendaftarkan nomer hp berikut adalah caramendaftarkan nomer hp untuk SMS banking lewat ATM mandiri.


  1. Masuk ke ATM Mandiri.
  2. Masukkan kartu lalu PIN ATM sobat.
  3. tekan menu “Transaksi lainnya” lalu “Daftar e-banking”
  4. Pilih menu “Daftar SMS Banking”, dan silahkan masukkan nomer hp sobat yang akan sobat gunakan untuk SMS banking. 
  5. Lalu buat PIN baru sebanyak 6 angka, lalu konfirmasi.







Contoh cara transfer / transaksi lewat SMS Banking Mandiri ke sesama Bank Mandiri


Sebagai contoh disini saya menggunakan Hp android untuk melakukan transfer ke sesama bank Mandiri. Hingga tahun 2020 ini Mandiri belum melakukan perubahan metode transfer via SMS. Caranya masih sama dengan cara tahun-tahun lalu.

Ini adalah pengalaman waktu saya melakukan transfer menggunakan kartu AS telkomsel. Sedangkan harga / potongan pulsa SMS bangking Mandiri  adalah Rp.960 per SMS. Namun biaya untuk transfer ke sesama Bank Mandiri adalah gratis.
  1. Masuk ke aplikasi SMS sobat
  2. Silahkan Ketikkan format SMS banking Mandiri sebagai berikut
    TRT(spasi)1(spasi)Nomer rekening tujuan Mandiri(spasi)jumlah uang / nominal
    lalu kirimkan ke nomer 3355. Contoh format SMS banking seperti di bawah ini. Format SMS banking yang berwarna biru silahkan rubah sesuai nomer rekening dan nominal yang sobat inginkan.

    Contoh

    TRT 1
    2935876590589 281253 

    Ini adalah contoh saat melakukan transfer ke rekening sesama Bank Mandiri mengunakan HP android.


    Keterangan gambar SMS banking Mandiri :
    1. Kirim ke Nomer center SMS banking Mandiri yaitu 3355
    2. Kode TRT(spasi)1(spasi)
    3. Nomer rekening bank tujuan Mandiri
    4. Nominal yang akan di transfer misalkan di gambar tersebut adalah 281253

  3. Setelah pada tahap nomer 2 di lakukan (mengirim pesan kode SMS banking ke 335) sesaat kemudian sobat akan mendapatkan SMS dari 3355  seperti berikut. seperti gambar di bawah pada nomer 1 adalah SMS konfirmasi password. pada bagian nomer 2 adalah balasan PIN / password SMS banking. Maksud text "Ketik PN Anda digit ke-5 dan ke-4" adalah mengetik PIN cukup dengan 2 angka saja , misalkan password sobat adalah 456513. jadi angka 1 dan 5. 
    cara transfer rekening sesama bank mandiri dengan SMS banking
  4. Jika Transfer dana berhasil di tandai dengan SMS sukses seperti gambar di bawah ini. 
    cara transfer SMS banking mandiri terbaru

Contoh Cara Transfer SMS Banking ke Rekening Bank Selain Mandiri (BRI)


Sebagai contoh, disini saya mentransfer rekening selain Mandiri yaitu BRI. ada beberapa kode yang harus sobat rubah. Berikut adalah panduan lengkap cara mengirim uang lewat SMS banking Mandiri ke Bank selain Mandiri.

Pengalaman waktu saya melakukan transfer menggunakan kartu AS telkomsel adalah Rp.960 per SMS. sedangkan biaya untuk transfer ke sesama Bank Mandiri adalah Rp. 6.500 pembayaran akan otomatis memotong dari sisa saldo tabungan.

  1. Masuk ke aplikasi SMS sobat
  2. Untuk format SMS banking mandiri ke bank lain adalah
    TRB(spasi)1(spasi)Kode bank(spasi)Nomer rekening tujuan bank lain(spasi)jumlah uang / nominal
    lalu kirimkan ke nomer 3355. Contoh format SMS banking seperti di bawah ini. Format SMS banking yang berwarna biru silahkan rubah sesuai kode bank, nomer rekening dan nominal yang sobat inginkan.

    Contoh

    TRB 1
    002 3435876594550535 400000 

    Ini adalah contoh saat melakukan transfer ke rekening Selain Mandiri (BRI).
    cara transfer ke bank lain lewat SMS banking mandiri

    Keterangan gambar SMS banking Mandiri
     :

    1. Kirim ke Nomer center SMS banking Mandiri yaitu 3355
    2. Kode TRB(spasi)1(spasi)
    3. 002 adalah kode bank (silahkan ganti dengan  kode bank sesuai nama bank tujuan) 
    4. Nomer rekening tujuan Bank BRI
    5. Nominal transfer misal 400000





  3. Setelah pada tahap nomer 2 di lakukan (mengirim pesan kode SMS banking ke 3355) sesaat kemudian sobat akan mendapatkan SMS dari 3355 seperti gambar di bawah ini. seperti gambar di bawah  adalah SMS konfirmasi pengisian password. Maksud text "Ketik PN Anda digit ke-1 dan ke-5" adalah mengetik PIN cukup dengan 2 angka saja , biasanyamisalkan password sobat adalah 456513. jadi sobat balas dengan angka 4 dan 1.  
    panduan cara transfer dengan SMS banking selain bank mandiri

  4. Transaksi / transfer uang sudah berhasil dilakukan.  
    cara SMS banking Mandiri berhasil


Sedangkan untuk mengecek saldo tabungan bank Mandiri lewat SMS banking Mandiri adalah sebagai berikut :

Format ceck salso SMS Mandiri adalah :  SAL(spasi)index rekening(spasi)4 digit terakhir rekening sendiri 
Contoh  : SAL 1 4553 kirim ke 3355


Terima kasih dan selamat mencoba semoga berhasil..