7 Aplikasi (ScreenCast) / Program Perekam Layar PC Terbaik

Tahun ini merupakan tahun dimana para youtuber maupun vlogger memiliki kesempatan tak terbatas untuk berkreatifitas. Saat separuh dari belahan dunia mulai menggunakan internet, maka semakin banyak pula para youtuber-vlogger baru dengan beragam bakat terus bermunculan.  Jika sobat saat ini lebih tertarik di bidang vlogging atau youtube, saya rasa mengetahui aplikasi pembuat video tutorial atau program perekam layar pc / latop ini terlalu sayang untuk dilewatkan.

Baik itu Vlogger maupun Youtuber tentu saja harus memiliki alat yang bisa di andalkan untuk membantu pekerjaannya. Meski setiap Youtuber taupun vlogger memiliki aplikasi yang sama namun mereka memiliki ide yang berbeda.

Jadi, beragam kreatifitas bisa selalu muncul dari diri mereka. Aplikasi pembuat tutorial ini hanya sebagai media untuk menuangkan kreatifitas yang sobat punyai. Aplikasi pembuat video tutorial atau aplikasi screencast adalah salah satu alat yang sering di gunakan ketika mereka ingin mengedit video untuk keperluan membuat video tutorial.

Screencast adalah rekaman digital output layar komputer, juga dikenal sebagai layar video capture, screencast ini biasanya juga terdapat narasi audio. Istilah screencast ini mirip dengan screenshot Jika screenshot ini hanya menghasilkan satu gambar dari layar pc / laptop, tapi jika screencast akan menghasilkan file yang berupa video yang bisa di edit lewat aplikasi edit video.

Rasanya, sekarang ini banyak sekali aplikasi perekam layar yang sudah di bundel dengan peralatan pelengkapnya yaitu editing video sehingga bagi mereka yang ingin membuang ataupun menambah "sesuatu" pada video yang sudah mereka rekam, mereka bisa dengan bebas menggunakan peratalan editing video yang sudah di sertakan di dalamnya. Jadi, sobat bisa mengedit video tanpa harus menggunakan aplikasi edit video lainnya.

Dilihat dari fungsi aplikasi tersebut, Aplikasi ini sangatlah cocok bagi mereka yang suka membuat video tutorial baik itu tutorial video online ataupun offline, Dalam hal ini youtuber ataupun vlogger adalah paling banyak menggunakan aplikasi ini. Dan tentu saja mereka menggunakannya untuk membuat video-video tutorial baik yang mereka upload ke youtube ataupun blog pribadi milik mereka.

Nah, apa saja software perekam layar monitor untuk windows terbaik dan terbaru yang di rekomendasikan bagi sobat semua?

Lihat juga :
Cara Membuat Video Slideshow dari Foto dengan Musik Hanya Dalam 5 Menit
Cara Membuat Video Dari Foto di Hp Android (Full Musik, Teks, Efek Keren)

Aplikasi pembuat video tutorial komputer / program perekam layar windows laptop


  1. Icecream Free Screen Recorder
    Jika sobat menginginkan sebuah aplikasi perekam layar paling mudah plus gratis, saya rasa Icecream Free Screen Recorder adalah aplikasi yang bisa sobat instal ke komputer sobat. Ezvid ini memiliki hampir semua yang sobat butuhkan untuk membuat screencast video, mengambil screenshot, gerakan mouse dan keterangan narasi secara live.

    Sobat dapat men-download dan menginstal software perekam layar gratis ini dalam beberapa menit. Beberapa hal yang akan sobat dapatkan dari software ini diantaranya adalah antarmuka yang mudah dan simpel. Merekam video dan audio dan highlight mouse area menyimpan video ke MP4, WebM, MOV, MP4.Mengambil Screen Shot dan menggambar garis di layar selama proses rekaman layar berlangsung.


  2. Download Link official Icecream Free Screen Recorder

  3. Camtasia
    Camtasia adalah salah satu masterpiecenya Techsmith. Program perekam layar ini memiliki nuansa yang mewah dengan segala pernak-perniknya sehingga tak hanya disenangi oleh para youtuber namun juga banyak editor video lain juga menyukainya.

    Cocok bagi sobat yang suka membuat video tutorial karena di dalamnya sudah dibekali dengan berbagai macam alat untuk keperluan tutorial seperti merekam layar monitor yang bisa sobat pause, on/off microsoft, on/off sound system pada pc,  dan alat-alat lain yang sangat menunjang editing video seperti  annotations yang berfungsi untuk menampilkan teks, behaviors berfungsi untuk menambah efek gerak video, mouse effect menambah efek seperti warna kuning / shadow pada mouse berguna untuk mempertajam dan memperjelas gerak mouse, voice narrations, mengcustomize volume video, croping, zoom dan lain sebagainya.

    Hampir semua tool-tool yang ada adalah alat yang sobat butuhkan untuk keperluan edit video dalam mode tutorial meskipun aplikasi Camtasia ini juga bisa sobat jadikan untuk keperluan lainnya. 


  4. Download link offcial Camtasia
  5. Filmora 
    Filmora adalah software edit video yang powerful buatan Wondershare yang di desain untuk keperluan membuat video unik dan profesional. Program ini seperti sebuah sebuah paket dimana sobat bisa menerapkan banyak hal menarik ke video sobat.

    Filmora memiliki keunikan tersendiri untuk merangsang daya kreatifitas dalam diri sobat. Dalam aplikasi ini, sobat juga bisa menjajal fitur video slideshow maker dengan banyak efek keren dan siap besaing.

    Sobat akan menemukan tool-tool powerful untuk keperluan video editing dasar seperti pemangkasan atau memotong video klip video. Filmorago juga dibekali dengan banyak efek keren yang akan menyulap video sobat menjadi video bernuansa "buatan seorang video editor porfesional".

    Filmora akan meningkatkan kualitas dan warna video, tambahkan lapisan teks atau gambar. Wondershare Filmora juga menawarkan royalti musik yang dapat sobat gunakan untuk menciptakan soundtrack yang sempurna untuk video yang dapat diekspor ke YouTube langsung dari editor gratis. 

  6. Download link offcial filmora

  7. ActivePresenter
    aplikasi edit video terbaik pembuat video tutorial video online active presenter
    ActivePresenter adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membuat video tutorial online. dikemas dengan tampilan yang simpel namun cukup memiliki peratalan yang mumpuni dalam hal merekam layar dan mengedit video tersebut menjadi video dengan kemasan yang menarik.

    Ada banyak alat yang bisa sobat manfaatkan untuk membuat berbagai macam video tutorial profesional salah satunya adalah smart screen recorder yaitu merekam layar secara pintar, elearning games sebuah fitur yang memungkinkan sobat mampu membuat game quiz dalam bentuk yang sederhana. Audio editing yang bisa sobat gunakan untuk menyempurnakan audio yang ada di video, video editing yang meliputi banyak tool seperti slide, annotations, timeline, memotong, transition dan masih bayak lagi fitur lainnya.

    Saya pikir aplikasi ini merupakan program yang tepat dan lengkap bagi sobat yang ingin sebuah software yang bisa merekam layar monitor di laptop sekaligus mengedit nya sesuai dengan keinginan kita. 


  8. Download link official Activepresenter

  9. Ezvid
    Ezvid aplikasi perekam layar pc terbaik
    Apakah sobat pernah mendengar dengan software gratis pembuat tutorial dalam bentuk video? Ezvid adalah alternati terbaik bagi sobat yang ingin membuat video tutorial seperti yang sobat lihat di youtube.

    Beberapa fiturnya seperti screen recording yang dapat sobat gunakan untuk merekam segala aktifitas di monitor yang bisa di kustom dengan sangat mudah, facecam yang akan merekam wajah sobat sambil merekam monitor, text drawing yang bisa sobat gunakan untuk menulis atau menggambar pada video yang sobat rekam, Speed control adalah sebuah alat yang berfungsi untu mengatur kecepatan video dan lain sebagainya. 


  10. Download link offcial Azvid

  11. BB flashBack
    BB flashback atau sobat bisa menyebutnya dengan Bleberry Flashback. Aplikasi edit video yang cukup ringan ini memiliki fitur yang bisa dibilang lengkap. Selain dari tampilannya yang userfriendly, BB flashback ini juga memiliki keunggulan di bandingkan dengan program sejenisnya di antaranya adalah kemampuan menyimpan hasil tangkapan video ke hampir semua format video terpopuler.

    BB flashback juga memiliki alat yang cukup unik untuk membantu sobat membuat berbagai macam video tutorial mulai dari annotations hingga merekam layar yang bisa di schedule atau di jadwal. Program penangkap layar ini memiliki dua versi yaitu versi pro dan versi gratis yaitu BB FlashBack express. 

  12. Bagi sobat yang beraktifitas sebagai youtuber juga bisa menggunakan fitur uploading ke akun youtube milik sobat. Fitur ini tentu akan membuat proses publishing video ke youtube bisa menjadi lebih mudah dan cepat.

    Download link official BB Flashback
    Download BB FlashBack  Express Gratis

  13. Screencast O-Matic
    aplikasi edit video terbaik buat youtuber vlogger Screencast O-matic
    Screencast O-Matic adalah salah satu aplikasi perekam layar monitor gratis yang simpel. memiiki fitur-fitur dasar editing tutorial seperti Zoom in and out, highlight pada area tertentu atau membuat blur. arrows, menyisipkan garis dan bentuk/pola serta gambar, mengubah warna warna, mengubah font, membuat transisi video, mengatur kecepatan video dan lain sebagainya.

    Screencast O-matic pada versi gratis ini sobat bisa merekam layar kemudian menyimpan hasil tangkapan layar tersebut menjadi video dengan format Mp4 ataupun Avi atau langsung mempublish video ke youtube, video, google drive ataupun ke dropbox. 

  14. Download link Screencast O-matic offcial

Setelah sobat mengetahui 7 aplikasi perekam layar terbaik versi pc di atas, mana yang paling sobat sukai, selamat membaca semoga bisa memberikan sedikit inspirasi..