Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya

Bagi sobat yang saat ini sudah menjadi youtuber, Saya rasa sobat tentu sudah mengenal nama program buatan Techsmith ini. Camtasia adalah salah satu produk andalan yang di buat untuk mereka yang ingin membuat video tutorial. Camtasia ini adalah salah satu program rekomendasi bagi sobat yang ingin merekam layar dan mengeditnya.

Ya,, meskipun aplikasi perekam layar atau screencast ini lebih cocok di buat untuk membuat video tutorial Camtasia juga powerful di gunakan untuk membuat dan mengedit video lainnya. Camtasia tak hanya sebagai aplikasi perekam layar pc yang handal namun Camtasia juga banyak dijadikan sebagai aplikasi edit video pc terbaik dan profesional.

Camtasia pada versi terbaru ini datang dengan tampilan yang lebih trendy. Tak hanya di kemas dengan "baju baru" namun juga banyak di tambahkan sesuatu yang baru untuk menciptakan hasil video yang bagus. Camtasia adalah program perekam layar monitor pada pc sekaligus alat yang bagus untuk mengedit video. Meski Camtasia ini salah satu program perekam layar kelas profesional, namun aplikasi ini juga tidak menyulitkan pemula ketika mereka mempelajarinya. Jadi belajar menggunakan Camtasia ini have fun saja..

Lihat juga :
Cara Membuat Video Slideshow dari Foto dengan Musik Hanya Dalam 5 Menit
Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula

Okey mari kita coba mempelajari bagaimana cara merekam layar pc menggunakan Camtasia, Sebagai bahan, disini saya menggunakan camtasia versi 9 dimana sotware ini bisa di instal pada windows 64 ataupun 32bit.

Dan sebelum memulai ada baiknya sobat lihat beberapa alternatif alat perekam layar monitor terbaik yang bisa sobat gunakan. Silahkan lihat artikelnya di bawah ini.

7 Aplikasi (ScreenCast) / Program Perekam Layar PC Terbaik

Okey, mari kita mulai.

Cara merekam layar / screen record menggunakan Camtasia 9 dan mengetahui fungsi tool di dalamnya.


  1. Silahkan jalankan terlebih dahulu program Camtasia milik sobat. Untuk merekam layar silahkan klik tombol warna "record" merah pada bagian atas kiri di bawah menu. Sobat juga bisa menggunakan sortcut screen recorder dengan "CTRL + R
    cara merekam layar

  2. Akan terlihat jendela baru yang fungsinya bisa sobat atur / customize video sesuai keinginan. Berikut adalah keterangan tampilan record screen camtasia 9. 


    Keterangan gambar Camtasia di atas adalah :

    1. Full screen = Pada tool nomer satu ini adalah pilihan untuk merekam layar secara penuh / full screen.
    2. Custom = Berbeda dengan fullscreen, custom ini bisa sobat gunakan untuk merekam layar pada bagian tertentu saja. Misalkan saja sobat merekam layar dengan ukuran smartphone dan lain sebagainya.
    3. Dimensions = Jika ini sobat bisa mengisikan ukuran frame video sesuai dengan keinginan. 
    4. Camera = Ini adalah pilihan dimana camera akan secara otomatis merekam (wajah) aktifitas sobat ketika merekam layar. 
    5. Audio = Audio / sobat bisa memilih audio system ataupun audio yang sobat rekam dari mic yang ada di pc / laptop sobat
    6. Rec = adalah tombol untuk memulai untuk merekam.

  3. Sesaat setelah sobat menekan tombol Rec, sobat akan memulai merekam layar pc / laptop disaat itu pula akan terlihat jendela tombol seperti yang terlihat bawah ini. Tombol-tombol tersebut adalah Durasi adalah lama waktu merekam layar pc. Delete untuk menghapus / membatalkan proses rekaman, Pause adalah untuk menghentikan sejenak / berhenti tapi proses rekaman bisa dilanjutkan kembali, sedangkan Stop akan untuk menghentikan proses rekaman layar yang akan berlanjut pada tahap berikutnya. yaitu proses editing. 
    cara menggunakan program camtasia
  4. Setelah sobat mengklik tombol "stop" sobat akan menuju ke proses editing. Sobat bisa menyempurnakan hasil rekaman di pc / laptop milik sobat melalui proses editing yang ada di timeline Camtasia. Lewat keterangan di bawah ini sobat bisa mengenal fungsi-fungsi tool yang ada di program Camtasia. 
    cara menggunakan camtasia untuk merekam layar

    Keterangan gambar di atas adalah :

    1. Peralatan / tool yang berfungsi untuk berbagai macam keperluan editing video seperti Media untuk mengambil / import file baik itu berupa video ataupun audio.

      Terdapat juga Annotations atau anotasi video yang berarti kata / bentuk yang berfungsi untuk menerangkan objek yang ada di video, Anotasi ini terdapat beragam model dan warna. yang pilih untuk keperluan untuk memperjelas apa yang sobat maksudkan pada video sobat.

      Ada juga Transitions adalah transisi video yang berfungsi untuk menambahkan pergantian pada awal video. Pada transisi video ini sobat akan di suguhkan beragam model seperti fade, flip, fold dan lain sebagainya.

      Ada lagi yaitu Behaviors yang berfungsi untuk mengubah pergerakan video pada durasi-durasi tertentu.

      Animations yaitu sebuah alat yang bisa sobat manfaatkan untuk menambah animasi pada video. dan more seperti cursore effect untuk mengatur efek mouse/cursore ,

      Voice narrations adalah untuk mengatur suara narasi video,

      Visual effect adalah untuk menambahkan efek visual pada video

      Interactifity adalah interaktifitas video seperti membuat pertanyaan pada video kepada penonton video,

      Audio effect untuk menambahkan efek audio pada video.

      Caption untuk melengkapi video dengan teks / kalimat . 

    2. isi Opsi dari tool pada nomer 1. 
    3. Preview video yang dilengkapi juga dengan alat seperti select, crop, presentase layar video.
    4. Properties preview video. Sobat bisa merubah preview video berdasarkan settingan yang sobat inginkan. Didalamnya terdapat alat-alat yang memungkinkan sobat untuk melakukan berbagai trik video seperti memutar / merotate video, menggeser posisi video, crop video dan lain sebagainya.
    5. Tombol Video player yang berfungsi seperti video player pada umumnya seperti memainkan video, pause, next / previous media ataupun menggeser tombol untuk menemukan durasi / menit yang tepat untuk mengedit video.
    6. Timeline : Jika di dunia editing foto, timeline ini memiliki fungsi yang sama dengan layer.

      Pada bagian timeline ini, sobat bisa mengontrol video / audio. Sobat bisa melakukan banyak hal seperti memisahkan video / audio, memotong video, memisahkan, mengatur sususan/bagian video, menambahkan/ menyelipkan video, mengatur speed video/audio  lain dan masih banyak lagi.

  5. Ketika proses editing sudah selesai, selanjutnya adalah menyimpan / render hasil rekam video tersebut menjadi file video, Ya, sobat sebenarnya juga bisa langsung mempublish video tersebut ke sosial media seperti youtube, facebook, dan sosial media lainnya. Namun disini saya memberikan contoh menyimpan video ke lokal atau ke hardisk komputer. 
    cara menyimpan video menggunakan camtasia

  6. Berikutnya adalah pilihan share ke lokal atau ke internet / sosial media, sebagai contoh disini adalah mengshare video ke lokal yaitu menyimpan hasil video ke komputer / laptop sobat bisa memilih ukuran video sesuai dengan keinginan.
    cara render video di camtasia

  7. Sobat bisa merename file video yang sobat simpan dan menentukan lokasi folder dimana file video tersebut akan disimpan.
    cara membuat video menggunakan camtasia9

  8. Klik Finish dan rendering pun dimulai. silahkan play menggunakan aplikasi pemutar video pc untuk melihat hasilnya. 
    proses rendering merekam layar menggunakan camtasia

Seperti yang sobat lihat pada tutorial cara merekam layar monitor menggunakan camtasia 9 di atas bahwa proses tersebut masihlah sangat singkat. Pada bagian editing / proses mengedit video masih banyak yang bisa sobat pelajari dan eksplorasi sendiri. untuk mendapatkan hasil video yang memuaskan dan informatif.

Labels: Tips Trik Komputer, Tips Trik Video

Thanks for reading Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya"